Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Bersikap Seenaknya Sendiri sama Teman

Nanti dia bisa menjauhimu

Seperti halnya hubungan asmara, hubungan pertemanan juga sangat penting untuk dijaga dan dipertahankan. Jangan karena sudah lama saling mengenal, kamu jadi bersikap seenaknya sendiri dengan teman. Salah satu contoh yang umum yaitu kerap melakukan candaan yang mengandung unsur sarkasme di dalamnya. Sadarkah kamu bahwa tindakan itu berpotensi menyinggung perasaanya?

Dengan teman sudah sepatutnya kita saling melindungi satu sama lain. Nah, selain hal yang sudah disebutkan di atas, berikut ini terdapat lima alasan lain lagi yang membuatmu gak boleh bersikap seenaknya pada teman.

1. Dia mulai menarik diri darimu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Bersikap Seenaknya Sendiri sama Temanpexels.com/Anna Shvets

Hubungan pertemanan kalian yang sudah sangat dekat membuatnya yakin untuk menaruh kepercayaan yang besar terhadapmu. Namun, kepercayaan tersebut bisa hilang dalam sekejap apabila kamu memperlakukannya semena-mena sekalipun niatmu hanya bercanda. Ingat, ya. Bercanda itu juga ada batasnya.

Temanmu mungkin gak menunjukkan kekecewaannya secara langsung, namun perlahan namun pasti kamu akan sadar bahwa dia kini mulai menarik diri karena sikapmu itu.

2. Dia mulai enggan membantumu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Bersikap Seenaknya Sendiri sama Temanpexels.com/Engin Akyurt

Selama ini orang yang akan pertama kali datang membantu adalah teman-teman terbaikmu. Namun, pemandangan tersebut menjadi berbeda ketika mereka sudah sakit hati dan merasa gak dihargai oleh perilakumu yang suka seenaknya sendiri.

Maka, jangan heran jika tiba-tiba teman-temanmu bersikap gak peduli dengan kesulitan yang sedang kamu rasakan.

3. Orang lain satu per satu mulai mengetahui sikap burukmu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Bersikap Seenaknya Sendiri sama Temanpexels.com/Austin Guevara

Kamu yang mulai jarang bermain bersama teman terdekatmu pasti akan menimbulkan banyak pertanyaan bagi orang-orang di sekitar. Kemudian mereka berinisiatif untuk mencari tahu jawabannya sendiri. Dari sinilah kamu dan sifatmu itu mulai diperbincangkan oleh banyak orang. Akibatnya reputasimu bisa menjadi buruk. 

Baca Juga: 9 Sikap pada Teman yang Menunjukkan Kamu Punya Kualitas Diri Buruk

4. Memunculkan rasa dendam

5 Alasan Kamu Gak Boleh Bersikap Seenaknya Sendiri sama Temanpexels.com/Garon Piceli

Gak ada yang tahu isi hati seseorang. Dari luar mungkin dia tampak baik-baik saja, tapi kamu gak tahu kalau dia sebenarnya tersinggung dengan sikapmu.

Oleh karena itu lah kamu sebaiknya selalu berhati-hati dalam berbicara dan berbuat sesuatu. Sebab balas dendamnya orang yang sakit hati biasanya lebih kejam loh, guys.

5. Sulit mengembalikan kepercayaan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Bersikap Seenaknya Sendiri sama Temanpexels.com/Pixabay

Awalnya mungkin kamu mengira bahwa sikap temanmu itulah yang berlebihan. Hingga seiring berjalannya waktu kamu mulai menyadari kesalahanmu dan berinisiatif meminta maaf. Sayangnya, penyesalanmu datang terlambat.

Ketahuilah bahwa orang yang sudah terlanjur kecewa dan sakit hati itu sulit untuk mengembalikan kepercayaannya lagi.

Nah, itulah lima alasan kamu sebaiknya gak bersikap seenaknya sendiri pada teman meskipun kalian sudah lama saling mengenal. Agar pertemanan tetap terjaga dengan baik, kalian harus saling menghargai satu sama lain dan tentunya berpikir lebih dulu sebelum bertindak.

Baca Juga: Jangan Ragu Tegur Pasangan jika 5 Sikap Buruk Ini Masih Terus Diulangi

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya