Comscore Tracker

5 Cara Paling Efektif untuk Menaklukkan Rasa Malas, Yuk Terapkan!

Rasa malas menjadi penghambat terbesar kesuksesan

Siapa sih yang tidak ingin hidup sukses? Kamu semua pasti sepakat bahwa setiap orang ingin mencapai kesuksesan di dalam hidupnya. Sayangnya, untuk meraih kesuksesan bukanlah perkara yang mudah.

Kamu harus bekerja keras menghilangkan setiap hambatan yang ditemui. Salah satunya rasa malas. Jika kamu perhatikan, alasan terbesar banyak orang yang gagal dikarenakan mereka tidak berhasil menaklukan rasa malas yang dimiliki.

Lantas, bagaimana cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk menghalau rasa malas? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, ya.

1. Memiliki target dalam hidup

5 Cara Paling Efektif untuk Menaklukkan Rasa Malas, Yuk Terapkan!ilustrasi perempuan sedang bekerja (pexels.com/Antoni Shkraba)

Bisa jadi alasan kamu sangat malas karena tidak memiliki target dalam hidup. Padahal adanya target dapat memotivasi kamu untuk lebih semangat menjalani kehidupan.

Jadi, memang sangat penting bagi siapa saja untuk memiliki target. Nantinya target inilah yang akan memacu motivasi dan semangat untuk menaklukkan rasa malas.

2. Berimajinasi mengenai masa depan

5 Cara Paling Efektif untuk Menaklukkan Rasa Malas, Yuk Terapkan!ilustrasi perempuan memakai baju warna merah (pexels.com/Engin Akyurt)

Setelah target sudah di tangan, hal yang seharusnya kamu lakukan selanjutnya adalah berimajinasi mengenai masa depan yang kamu harapkan. Berimajinasilah betapa bahagianya kamu saat semua impian tercapai.

Dengan begitu, diharapkan dapat memacu semangat dalam mencapai target yang telah kamu buat. Satu hal yang harus kamu ingat adalah bahwa sangat penting berimajinasi sambil diiringi dengan usaha maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Mengusir Rasa Malas, Stop Rebahan Aja!

3. Mengurangi penggunaan media sosial

5 Cara Paling Efektif untuk Menaklukkan Rasa Malas, Yuk Terapkan!ilustrasi media sosial (pexels.com/Tracy Le Blanc)

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, media sosial sudah bukan merupakan hal yang asing lagi dalam kehidupan manusia. Orang-orang dapat menghabiskan waktu berjam-jam lamanya hanya untuk scrolling media sosial.

Inilah salah satu pemicu rasa malas pada dirimu. Agar rasa malas hilang, yang harus kamu lakukan tentu saja dengan menghilangkan pemicunya yaitu mengurangi intensitas waktu bermain media sosial.

4. Melawan dengan melakukan kegiatan produktif

5 Cara Paling Efektif untuk Menaklukkan Rasa Malas, Yuk Terapkan!ilustrasi perempuan bekerja dengan ponsel dan laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apabila kamu memiliki rasa malas yang banyak dalam dirimu, maka tidak ada yang dapat kamu lakukan selain dengan melawannya. Bagaimana caranya? Lakukanlah lebih banyak lagi kegiatan yang produktif.

Di awal mungkin akan terasa berat. Tapi jika kamu terus konsisten, percayalah bahwa lama-kelamaan rasa malas tersebut akan hilang.

5. Memiliki teman-teman yang selalu memberikan support

5 Cara Paling Efektif untuk Menaklukkan Rasa Malas, Yuk Terapkan!ilustrasi dua perempuan duduk bersama (pexels.com/Christina Morillo)

Lingkungan pertemanan turut mempengaruhi bagaimana kamu berkata dan bersikap. Memilah-milah orang untuk dijadikan teman itu wajib dilakukan. Pastikan kamu memiliki teman-teman baik yang akan selalu menjadi support system dalam menghilangkan rasa malas.

Teman-teman yang baik sudah pasti selalu mendorongmu untuk melakukan hal-hal baik dan produktif. Begitu juga sebaliknya. Jika temanmu bukanlah teman yang baik, maka dia akan membiarkanmu bermalas-malasan.

Guys, selagi kamu memiliki tujuan hidup, maka kamu akan terus termotivasi untuk mencapai tujuan. Rasa malas yang menghalangi pun dengan mudahnya bisa kamu hempaskan.

Baca Juga: 5 Hal tentang Prokrastinasi, Perilaku Suka Menunda Pekerjaan

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya