Comscore Tracker

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-an

#GoodLife Biar gak menyesal di kemudian hari

Masuk usia kepala tiga, kita tentu akan melihat apa saja tujuan dan mimpi yang sudah kita capai, juga waktunya untuk menambah tujuan hidup yang baru. Di usia tiga pulahan ini, sudah bukan waktunya lagi untuk bersenang-senang.

Agar tak menyesal di masa tua, sangat perlu untuk memperhatikan hal-hal yang harus kita lakukan dan yang tidak perlu kita lakukan. Dan berikut ini, beberapa perubahan yang harus kamu lakukan saat usia 30-an agar tidak membuat masa tuamu sia-sia..

1. Biasakan untuk tidur dan bangun tepat waktu

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@all_who_wander

Kamu perlu mengubah kebiasaan tidurmu mulai usia 30. Tak peduli walaupun sedang weekend, jangan pernah tidur berlebihan, atau juga kurang tidur. Konsistensi waktu tidur ini berguna agar siklus keseharianmu juga tertata dan disiplin.

Jadi, kamu juga nggak akan terlambat menjemput rejeki dan kesuksesan di pagi hari.

2. Mulai biasakan menulis apapun yang kamu temui setiap hari

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@daria_shevtsova

Bukan hanya untuk menuang dan menyimpan pemikiran ataupun pengamatan kamu, menulis catatan berguna untuk mempelajari apa saja kejadian hidup yang sudah pernah kamu temui. Di masa depan, catatan tersebut tentu saja akan membuatmu terhibur dengan kenangan-kenangan dahulu.

3. Luangkan waktu untuk membaca

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@thoughtcatalog

Membaca tentu saja sangat berguna untuk meluaskan wawasan. Lagipula, tak mungkin kan, kalau kita mendewasa tanpa punya pengetahuan dan wawasan yang cukup untuk diajarkan ke anak cucu kita?

4. Stop hidup boros dan mulai menabung!

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@rawpixel

Umur 30 adalah saat yang tepat untuk mulai memikirkan mengenai finansial di masa depan. Mulailah menabung, memikirkan asurasi-asuransi yang kelak dibutuhkan, karena hidup ini sangat tidak terduga. Tidak ada jaminan bahwa hidupmu akan lancar-lancar saja sesukses apapun karir dan kehidupanmu saat ini.

5. Rutin memeriksakan kesehatan

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/rawpixel

Sebagian besar orang berusia 30-an menganggap bahwa tubuh mereka masih sangat sehat, alhasil jarang yang memikirkan kesehatan mereka. Padahal, kebiasaan rutin mengecek kondisi kesehatan sangat penting. Bisa jadi, tanpa kita sadari stres dan gaya hidup tidak sehat menimbulkan suatu penyakit di tubuh kita tanpa gejala tertentu.

Daripada terlambat menyadari, lebih baik sempatkan waktu sekali dalam satu tahun untuk mengecek kondisi kesehatanmu atau sekedar berkonsultasi.

6. Fokus pada hal yang dapat kamu lakukan dengan baik

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@ethanhjy

Di usia 30-an, kamu wajib sudah mengetahui professional-goal mu. Fokus pada kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki, dan asah terus hingga kamu dapat benar-benar sukses dari hal yang kamu suka tersebut.

7. Ciptakan hubungan yang lebih baik bersama keluarga

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@shrnaa

Walaupun kamu teah mendewasa, tetapi jangan lupa luangkan waktu untuk berkumpul besama keluar. Begitu pula jika hubunganmu dengan keluarga selama ini tidak baik, maka inilah saat yang tepat untuk memperbaiki, karena kita suatu saat akan menua dan meninggalkan dunia ini.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjalani kehidupan yang baik serta berbahagia bersama.

8. Berani menertawakan diri sendiri

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@vidarnm

Sesulit apapun hidupmu saat ini, berusahalah menemukan hal-hal yang masih patut kamu syukuri. Ketika kamu mampu untuk berbagia di saat keadaanmu susah, hal tersebut akan membuat hidupmu menjadi lebih mudah dan bahagia.

9. Rajinlah berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@theformfitness

Gencar-gencarlah menerapkan pola hidup sehat di usia 30-an, karena selepas usia tersebut metabolisme tubuh manusia akan menurun. Artinya, akan sangat sulit untuk mempertahankan mempertahankan berat badan yang normal.

Mulailah bergaya hidup sehat dengan menyediakan 30 menit sehari untuk berolahraga, juga jaga menu makanan agar tidak menimbulkan penyakit dalam tubuhmu.

10. Tentukan bagaimana nilai kepribadianmu

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@felippetiago

Di usia 30, mulai tentukan bagaimana tujuan serta cara yang kamu inginkan dalam menjalani kehidupan. Temukan jati diri kamu, dengarkan kata hati dan lakukan apapun yang dapat kamu lakukan sekarang, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang-orang di sekitarmu.

11. Belajar mengapresiasi apapun yang kamu miliki

11 Perubahan yang Kamu Butuhkan Ketika Masuk Usia 30-anunsplash/@quanlightwriter

Belajar mensyukuri apapun yang ada pada dirimu sekarang. Apresiasi semua pencapaian yang sudah kamu dapat, walaupun pencapaian tersebut tak sesuai dengan yang kamu impikan. Dengan terbiasa mengapresiasi diri, maka kamu akan hidup lebih bahagia.

Nah, kamu semua yang sudah atau baru masuk umur 30, sudahkah kamu berubah menjadi pribadi dewasa yang jauh lebih baik?

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya