Comscore Tracker

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat Pacaran

Kamu harus selalu berpikiran positif! 

Merasa rendah diri atau insecure adalah hal yang sangat wajar dialami seseorang, termasuk ketika berpacaran. Sayangnya, insekuritas yang dipelihara terlalu lama memiliki dampak buruk bagi diri sendiri dan pasangan. Walau lumrah terjadi, tak ada alasan untuk membiarkan perasaan satu ini menguasaimu saat menjalin hubungan.

Nah, biar rasa rendah diri gak menjadi racun bagi hubungan, kamu perlu menghentikan hal tersebut dengan beberapa cara di bawah ini. Simak yuk! 

1. Belajar menerima diri sendiri, sebab insecure pasti berawal dari rasa tidak percaya diri

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat PacaranUnsplash/Janko Ferlić

Penyebab seseorang merasa gak percaya diri biasanya karena ia sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Kamu pasti punya kekurangan entah fisik atau pun kemampuan, dan itu wajar. 

Apabila kamu mencintai diri sendiri, kekurangan itu gak akan jadi alasan untuk kamu merasa "terancam". Sebaliknya, jika kamu selalu menilai diri dengan standar orang, kemudian membandingkan kelebihan mereka denganmu, maka kebiasaan inilah yang selamanya membuatmu tidak akan bahagia. 

2. Lepaskan pengalaman pahit yang dulu pernah kamu alami dengan mantan

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat PacaranPexels/Polina Zimmerman

Rasa "gak aman" yang kamu rasakan biasanya tak hanya muncul dari diri sendiri,  tetapi juga dari hal luar lainnya, yang membuatmu sulit mempercayai orang lain. Ini bisa disebabkan misalnya karena di masa lalu kamu punya trauma dikhianati pasangan.

Maka dari itu, penting untukmu belajar sepenuhnya memaafkan kenangan dengan mantan. Jangan sampai kenangan buruk membuatmu kehilangan kepercayaan pada orang lain. Dengan demikian, kamu akan terbebas dari pikiran negatif yang hanya akan menyedot energimu.

3. Keep in mind, walau cemburu pada teman-temannya yang kamu anggap lebih menarik, kamu gak boleh mengekang pasangan

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat PacaranUnsplash.com/Matt W Newman

Tekankan pada diri sendiri, bahwa kamu boleh merasa cemburu di dalam hati. Namun, kamu tidak boleh mewujudkan rasa itu menjadi tindakan yang justru merugikan pasanganmu. Apalagi jika tak ada bukti pasti pasanganmu melakukan hal menyimpang. 

Cemburu tak berarti kamu bisa seenaknya membatasi kebebasan pasangan demi kenyamanan sendiri. Bukannya menghasilkan hubungan yang aman, kamu hanya akan membuat pasanganmu semakin ingin berpisah denganmu. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Antara Rendah Hati dengan Rendah Diri, Kamu yang Mana?

4. Komunikasikan permasalahanmu dengan pasangan

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat PacaranUnsplash.com/Ayo Ogunseinde

Di keadaan krisis kepercayaan seperti saat ini, sangat perlu bagimu untuk semakin terbuka dengan pasangan. Bicarakan baik-baik mengenai yang kamu rasakan,  serta penyebab kamu sering insecure.

Cari solusinya bersama, jangan malah menyalahkan dan menyudutkan pasanganmu. Bagaimana pun, penyelesaian hasil diskusi berdua pasti jauh lebih baik dibanding memutuskannya seorang diri.

5. Bagi kegalauanmu dengan sahabat, dan minta pendapatnya

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat Pacaranmedium.com

Tidak ada salahnya membicarakan masalah kecemburuanmu pada teman terdekat yang bisa dipercaya. Siapa tahu ia bisa meluaskan pandanganmu melalui perspektif baru yang berbeda. Di saat seperti ini, kamu memang membutuhkan banyak masukan agar lebih bersikap terbuka. Jangan sampai rasa cemburu membuatmu buta ya! 

6. Kontrol rasa cemburu, pikirkan banyak hal baik yang sudah ia lakukan untukmu

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat PacaranUnsplash/Oz Seyrek

Kebiasaan seseorang yang memicu rasa insekur dan cemburu salah satunya adalah selalu berpikiran negatif. Kamu selalu lebih fokus pada keburukan yang dilakukan pasangan, misalkan jarangnya ia memberimu kejutan. Padahal, di sisi lain setiap hari ia tak lupa menanyakan kabarmu.

Untuk itu, agar kecemburuan tak tumbuh subur, berusahalah menghargai pasangan, bukannya memperpanjang kesalahan kecil yang ia perbuat. 

7. Kamu harus bertekad bisa membuktikan bahwa rasa insecuremu tidak nyata

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat PacaranUnsplash.com/Fezbot2000

Cara terbaik untuk menyudahi kebiasaan insecure seseorang, buat rasa tidak pede-mu tersebut menjadi sesuatu yang tidak terbukti, salah satunya dengan mengembangkan kualitas diri.

Semakin banyak kamu mengisi diri dengan wawasan dan pengalaman, semakin kamu merasa penuh dan berharga, sehingga insecurity  gak akan mudah melumpuhkanm

8. Jika ketakutanmu benar, ambil tindakan tegas saat pasanganmu terbukti berkhianat

Biar Gak jadi Racun, Ini 8 Cara Lawan Rasa Rendah Diri saat PacaranUnsplash.com/lexscope

Saat kecemburuan dan rasa gak percayamu pada doi menampakkan bukti, jangan berpikir panjang untuk mengambil tindakan tegas. Walau perasaan sedang tidak karuan, kamu tetap harus menanganinya dengan elegan dan cerdas. Cari solusi dan jangan marah-marah. 

Jika bersedia memberinya kesempatan memperbaiki, maka kamu juga harus move on agar masalah tersebut tak menjadi duri dalam hubungan. Namun jika kamu ingin berpisah, maka jangan tangisi dan segera tinggalkan tanpa rasa ragu.

Nah, itulah 8 langkah mengatasi insecurity  pada pacar dengan tepat dan gak banyak drama. Mulai sekarang, jangan biarkan hal buruk tersebut merusak hubunganmu ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Pasti Sering Bikin Kamu Rendah Diri, Yuk Pahami Solusinya!

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya