Comscore Tracker

Ingin Bahagia? Stop Berekspektasi Mengenai 6 Hal Ini pada Orang Lain

Yang bikin kita sering kecewa itu ekspektasi, kan? 

Jika kamu menyadari, seringkali kesedihan dan kekecewaan terbesar adalah hasil dari harapan yang kita letakkan di tempat salah, dan sama sekali bukanlah sepenuhnya kesalahan orang lain.

Belajar menghentikan kebiasaan berekspektasi, mungkin menjadi jawaban agar kamu terhindar dari frustasi dan penderitaan yang tak perlu. Right! Agar hidupmu menjadi lebih bahagia, ada baiknya untuk tak mengharapkan enam hal berikut terhadap seseorang. Apa saja? Simak!

1. Jangan berharap seseorang selalu melakukan hal dengan benar

Ingin Bahagia? Stop Berekspektasi Mengenai 6 Hal Ini pada Orang Lainunsplash.com/iyolanda

Ini mungkin menjadi kesalahan terbesarmu. Jika kamu tahu bahwa dirimu sendiri pun tak dapat melakukan semua hal dengan sempurna, maka jangan tuntut orang lain untuk menangani hal dengan sepenuhnya benar. Itu sangat manusiawi untuk seseorang melakukan kesalahan.

2. Jangan berharap orang lain akan setuju denganmu

Ingin Bahagia? Stop Berekspektasi Mengenai 6 Hal Ini pada Orang Lainunsplash.com/antenna

Kamu boleh mengutarakan apapun pendapatmu, namun jangan sekali pun berekspektasi pendapatmu pasti diterima oleh mereka. Bahkan termasuk sahabat terdekatmu. Tak peduli seberapa mirip selera dan visi kamu dengannya, ia akan selalu punya opini dan keputusan sendiri.

3. Jangan berekspektasi agar seseorang dapat membaca pikiranmu

Ingin Bahagia? Stop Berekspektasi Mengenai 6 Hal Ini pada Orang Lainunsplash.com/armedshutter

Masalah yang satu ini paling kerap muncul dalam hubungan dengan pasangan. Yup, stereotipnya sih, cewek lebih suka nunggu cowok peka dan ogah mengungkapkan perasaannya. Akhirnya, kebiasaan inilah yang sering menimbulkan salah paham.

Tak terbatas hanya dengan pasangan, terhadap semua orang pun kamu harus stop kebiasaan ini. Daripada berharap orang melakukan yang kita ingin tanpa kita minta, lebih baik utarakan semuanya agar jelas. Cause they're not a mind-reader, guys!

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Biasa Kamu Lakukan untuk Mengejar Kebahagiaan!

4. Jangan berharap orang lain sadar tentang kelebihanmu

Ingin Bahagia? Stop Berekspektasi Mengenai 6 Hal Ini pada Orang Lainunsplash.com/genessapana

Jadilah dirimu sendiri dengan atau tanpa mereka lihat. Kamu tak perlu berharap agar orang lain mengenalmu, dan tahu mengenai prestasi serta kelebihanmu. Cukup hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagimu. Kalau pun mereka akhirnya tahu, tetaplah menapak tanah dan jangan menganggap diri lebih tinggi dari mereka.

5. Jangan berharap seseorang akan selalu seperti saat ini

Ingin Bahagia? Stop Berekspektasi Mengenai 6 Hal Ini pada Orang Lainunsplash.com/priscilladupreez

Orang berubah seiring berjalannya waktu. Pastikan kamu tak membuat kesalahan, dengan berharap seseorang akan tetap sama seperti yang kamu kenal dulu atau saat ini. Suatu saat mereka akan menjadi orang yang berbeda, dalam arti mereka memang harus berkembang.

Sebaliknya, jika kamu menekan seseorang untuk tetap seperti saat ini, jangan kecewa jika akhirnya mereka mendorongmu pergi.

6. Jangan berharap orang lain akan selalu melakukan suatu hal bersamamu

Ingin Bahagia? Stop Berekspektasi Mengenai 6 Hal Ini pada Orang Lainunsplash.com/genessapana

Ya, saat ini kamu mungkin masih sempat untuk travelling bersama teman-teman, mungkin kamu dan sahabat masih sering berbagi kamar, dan saling bergantian menginap. Kalian pun selalu melewati suka-duka kehidupan bersama.

Tapi, tak selamanya mereka akan berbagi hidupnya denganmu. Semakin banyak waktu yang dilalui, semakin banyak pula seseorang harus berjuang untuk hidupnya. Untuk itu, maklumilah jika suatu saat mereka tak akan ada di sana ketika kamu butuh. Jangan gantungkan hidupmu pada siapa pun. Belajarlah mandiri untuk menangani dirimu sendiri.

Nah, mulai sekarang dikurang-kurangin deh yang suka mengharapkan sesuatu dari seseorang. Jangan sampai kamu membuat diri sendiri menderita ya.

Baca Juga: 5 Sifat yang Mematikan Kebahagiaan Ini Harus Kamu Buang Jauh-jauh

Sinta Photo Community Writer Sinta

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You