Comscore Tracker

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidup

Harus kamu miliki mulai sekarang!

Dalam menjalani kehidupan, seseorang tentu memerlukan yang namanya keahlian, kemampuan, dan keterampilan, atau mungkin lebih akrab kita sebut dengan skill.  Nah, salah satu jenis kemampuan yang harus dimiliki oleh semua orang tidak lain ialah soft skill.

Soft skill sendiri adalah suatu kemampuan yang sering dikaitkan dengan kecerdasan emosional seseorang. Kemampuan satu ini menjadi atribut pribadi yang penting karena sangat memengaruhi hubungan dan komunikasi dengan orang lain.

Walau tak pernah diajarkan secara eksplisit di bangku sekolah, bukan berarti mempelajari soft skill ini adalah perkara yang mudah. Padahal, untuk mendapatkan kehidupan yang seimbang, seseorang perlu menguasai beberapa keterampilan emosional di bawah ini. Apa saja? Simak baik-baik ya.

1. Berpikir positif

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidupunsplash.com/Roksolana Zasiadko

Di dunia ini, kamu tak hanya akan mengalami kegagalan satu atau dua kali. Kamu tak mungkin menjadi pecundang dan lari dari kenyataan tersebut. Namun, tak ada cara untuk menjadi kebal dari rasa khawatir akan kegagalan, kecuali jika kamu selalu menanamkan mindset positif pada diri sendiri. 

Semua hal di dunia ini punya masanya. Saat terjatuh, kamu harus mampu yakinkan diri bahwa tak selamanya kamu akan berkubang dalam lumpur. Sesulit apapun itu, kamu harus bisa bangkit dan bangkit lagi!

2. Menguasai pola tidur

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidupunsplash.com/Kinga Cichewicz

Pola tidur adalah hal yang harus kamu jaga mulai dari sekarang karena kerugian yang timbul jika tidur tak terjadwal akan bersifat jangka panjang. Bahkan bisa menjadi penyebab terganggunya kesehatanmu kelak.

Untuk itu, pastikan mulai hari ini kamu membangun rutinitas tidur yang baik dan tidur dengan cukup. Agar jangan sampai kesehatanmu menjadi korbannya.

3. Manajemen waktu

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidupunsplash.com/Han Chau

Seringkali, penyebab stres seseorang adalah karena kebiasaannya menunda-nunda suatu pekerjaan. Menunda ini merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang tak memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

Sebaliknya, jika mampu mengatur dan mengelola waktu dengan baik, maka semua beban dapat kamu selesaikan dengan efektif dan tepat waktu.

Selain itu, manajemen waktu yang tertata juga membuatmu makin produktif serta memiliki banyak waktu luang untuk merawat diri sendiri.

4. Konsisten

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidupunsplash.com/Alexander Mils

Ketika impian seseorang terasa sulit terwujud, salah satu alasannya mungkin karena ia tak ulet dan konsisten. Seperti jika kamu berusaha membentuk tubuh ideal. Kerap kali, seseorang hanya bergairah melakukan diet dan olahraga di awal, namun tidak menjaga konsistensi untuk melanjutkannya. Jika terus demikian, tentu saja mustahil untuk berhasil.

Begitu juga dalam seumur hidup, kamu pasti memiliki segudang keinginan yang harus diwujudkan. Dan kunci vital agar kamu sukses meraihnya adalah jaga konsistensi!

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup Anti-stres yang Patut Kamu Terapkan di Usia 20-an

5. Menolak gosip

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidupunsplash.com/Ben White

Kebiasaan buruk membicarakan kejelekan orang lain hanya membuatmu kehilangan kepercayaan seseorang. Berbeda halnya jika kamu sanggup membatasi diri untuk tidak berhubungan dengan gosip, maka orang akan senang dan nyaman bergaul denganmu. 

Dalam hal bergaul dengan teman berapa banyak jumlah teman bukanlah hal terpenting, melainkan siapa yang menemani hingga akhir. Dan mendapat kepercayaan banyak orang sama dengan menciptakan sekutu untuk tempatmu berbagi saat dibutuhkan kelak.

6. Mendengar dengan baik

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidupunsplash.com/Greg Raines

Tak sekadar mendengarkan melalui telinga, namun kamu harus mampu mendengar orang lain, termasuk keluhannya menggunakan hatimu. Karena selain kemampuan ini membuat orang mengganggapmu dapat diandalkan, kamu pun juga akan memeroleh banyak pelajaran berharga dari masalah yang mereka bagi yang mungkin nantinya gantian datang padamu.

7. Manajemen stres

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidupunsplash.com/Natalia Figueredo

Tak hanya waktu yang harus mampu kamu kendalikan, melainkan juga rasa tertekan alias stres yang kerap menghinggapi hidup seseorang.

Stres sendiri merupakan emosi yang tak hanya menguras tenaga, namun juga waktu. Jangan sampai waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk berkarya dan produktif, justru dihabiskan dengan meringkuk di balik selimut akibat depresi.

Bayangkan jika kamu memiliki manajemen stres yang buruk, akan berapa banyak waktu dalam seumur hidup yang kamu buang dengan sia-sia?

8. Empati

Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidupunsplash.com/Rosie Fraser

Mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain atau memosisikan diri sebagai orang tersebut merupakan pengertian dari empati. Dengan memahami apa yang dipikirkan oleh seseorang, kamu akan selalu memberi respon yang tepat dengan kebutuhan orang tersebut. Kemampuan inilah yang memungkinkan kamu memiliki hubungan sosial yang baik dengan banyak orang.

Ini berguna bahkan untuk hidupmu kelak. Relasi mungkin bisa dibangun dengan mudah. Namun dengan empati, hubungan tersebut akan lebih dilandasi oleh kesetiaan serta kepercayaan. Dan benar, kedua hal tersebut adalah tak akan bisa kamu beli dengan apapun.

Dan, itulah 8 soft skill yang enggak akan rugi untuk dipelajari karena kamu pasti membutuhkannya seumur hidup. Ngaku deh, walau kelihatannya remeh, kamu sendiri susah buat menguasainya kan?

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hidup Terasa Sulit

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya