Comscore Tracker

4 Fakta Tentang Pelecehan Seksual yang Jarang Disadari Orang Awam

Laki-laki juga bisa kena pelecehan seksual

Pelecehan seksual merupakan tindakan-tindakan yang tidak diinginkan dan mengacu pada perbuatan seksual. Bukan hanya menyentuh, bahkan menatap dengan penuh nafsu atau menampilkan bahan pornografi sudah dapat dikategorikan dalam tindakan ini. Apabila dibiarkan secara terus-menerus, pelecehan seksual ini berisiko besar untuk menjadi kekerasan seksual. Nah, ada beberapa fakta yang perlu diketahui tentang pelecehan seksual ini!

1. Tidak mengenal usia

4 Fakta Tentang Pelecehan Seksual yang Jarang Disadari Orang Awampixabay.com/rawpixel

Pelecehan seksual yang terjadi di Indonesia bisa dibilang tidak mengenal usia loh, guys. Dalam kurun waktu 12 tahun, kekerasan terhadap perempuan meningkat sebanyak 792 persen (hampir 800 persen) artinya kekerasan terhadap perempuan di Indonesia selama 12 tahun meningkat hampir 8 kali lipat. Akan tetapi kita tetap bisa mengakses informasi di internet tentang begitu banyaknya kasus pelecehan yang juga menyerang kaum remaja bahkan dewasa.

2. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga!

4 Fakta Tentang Pelecehan Seksual yang Jarang Disadari Orang Awaminfogadis.com

Biasanya terjadinya pelecehan sosial ini diidentikkan dengan korban yang merupakan kaum perempuan. Karena memang sebagian besar masyarakat umumnya mengetahui kasus sexual harrasement yang terjadi pada perempuan. Tetapi ini tidak menutup kemungkinan jika laki-laki juga bisa menjadi korban loh. Di beberapa penelitian menyebutkan jika jumlah korban yang mengalami kekerasan seksual di usia anak-anak justru mayoritas adalah laki-laki.

Baca Juga: 8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benar

3. Tempat yang menjadi sasaran

4 Fakta Tentang Pelecehan Seksual yang Jarang Disadari Orang AwamIlustrasi Suasana Stasiun Tube (Subway) di London, Inggris (IDN Times/Anata)

Sudah menjadi rahasia umum tempat yang paling afdol untuk melancarkan aksi keji ini adalah di angkutan umum, utamanya kereta api. Keadaan banyak orang dan suasana yang ramai membuat pelaku bisa dengan santai mendapatkan korbannya tanpa adanya kecurigaan dari orang-orang sekitar.

4. Korban biasanya terdiam

4 Fakta Tentang Pelecehan Seksual yang Jarang Disadari Orang AwamPixabay/Amaya

Dari sekian banyak kasus pelecehan seksual yang ada di negeri ini, sangat disayangkan masih sedikit orang yang melaporkannya. Ketika terjadi pelecehan, korban cenderung untuk diam atau berusaha menghindar sebisa mungkin.

Dan setelah kejadian pun, waktu kembali berjalan seolah tidak terjadi apa-apa dan hanya menjadi pengalaman pahit korban. Sebenarnya, di sini sangat diperlukan keberanian kalian. Apabila kalian tidak bisa memperoleh bukti untuk melaporkannya kepada pihak berwenang, kalian bisa menginformasikan pengalaman kalian untuk meningkatkan self-awareness masyarakat di sekitar kita! 

Baca Juga: Pelecehan Mitra Go Massage, Gojek Tunggu Investigasi Polrestabes 

Sintya Chalifia Azizah Photo Writer Sintya Chalifia Azizah

Menulis merupakan langkah untuk merendahkan hati agar tidak bengis, menyisakan kebenaran entah dengan menangis atau meringis, dan secercah wujud kepedulian yang empiris.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya