Comscore Tracker

6 Video TED Talks yang Akan Bikin Kamu Bangun & Mewujudkan Mimpi!

Tak ada yang tak mungkin untuk mewujudkan mimpimu!

Mewujudkan mimpi hingga menjalani masa-masa sulit sebelum berhasil kadang memang melelahkan dan menyakitkan. Alih-alih bersemangat, banyak yang akhirnya berhenti di tengah jalan yang ia percayai sebelumnya. Apa jadinya jika kalian mengalami hal serupa? Tentunya, jangan pernah lepaskan mimpimu hanya karena alasan lelah.

Berikut 6 TED Talks yang dapat membantumu untuk bersemangat kembali dan mewujudkan mimpimu menjadi nyata.

1. Wujudkan mimpimu karena melihat ke masa lalu bukanlah pilihan dan berdiam diri tidaklah cukup

https://www.youtube.com/embed/3zJHwOwirjA

Stacey Abram adalah wanita kulit hitam pertama yang dapat menduduki posisi penting di politik Amerika Serikat. Ia mengungkapkan bahwa ada 3 pertanyaan penting yang harus semua orang jawab ketika ingin mewujudkan mimpi yaitu; Apa yang kamu inginkan? Mengapa kamu menginginkannya? Dan bagaimana kamu dapat melakukannya?

Ketika kalian merasa tak yakin akan impianmu sekarang, coba deh tanyakan lagi 3 pertanyaan krusial di atas untuk dapat kembali bertahan dan berjuang. Stacey pun menambahkan bahwa semua orang haruslah agresif untuk bermimpi karena bertahan dan menerima keadaan tak akan menghasilkan apa-apa. 

2. Jangan mudah berkata kamu baik-baik saja saat tak mendapatkan apa yang kamu inginkan

https://www.youtube.com/embed/Lp7E973zozc

Dalam pesan yang disampaikan oleh Mel Robbins, ia percaya bahwa mencapai mimpi itu simple, namun tidak mudah. Meski yang dibutuhkan hanyalah konsistensi, namun menjadi konsisten pasti tidak akan membuatmu menyukainya.

Mel Robbins pun memberikan sebuah cara untuk meninggalkan kemalasan dan menunda-nunda pekerjaan. Dia menuturkan untuk menerapkan metode '5 detik beraksi' untuk sigap berdiri supaya pikiran malas kita tidak menguasai tubuh. Hal lain yang tak kalah penting adalah jangan mudah berkata baik-baik saja saat gagal, supaya ambisimu untuk mewujudkan mimpi itu tak berhenti begitu saja. 

3. Cari tahulah apa yang harus kamu lakukan dan lakukanlah

https://www.youtube.com/embed/jpe-LKn-4gM

Menemukan passion mungkin terdengar klise, tapi tidak bagi Scott. Dengan fakta bahwa 80% orang di dunia tidak menyukai pekerjaannya, membuat Scott Dinsmore penasaran mengapa mereka tidak berhenti dan melakukan apa yang mereka mau. Padahal untuk menjadi ahli dalam suatu bidang cukuplah sederhana untuk dilalui.

Hal utamanya adalah dengan menemukan apa yang kalian sukai, mengapa itu berharga, tantang diri setiap hari untuk berlatih hingga kalian yakin bahwa kalian semakin ahli, dan bertemanlah dengan orang-orang sukses supaya kalian bisa belajar dari mereka. Jika hal-hal tersebut dapat diterapkan, maka tak ada mimpi yang tak mungkin.

Baca Juga: Lihat 5 Video TED Talks Ini dan Kamu akan Lebih Semangat Bekerja

4. Alih-alih hidup dalam ketakutan dan kegagalan saat meniti mimpi, jadikan ketakutanmu untuk berkembang

https://www.youtube.com/embed/iKHTawgyKWQ

Dalam video TED Talks yang disampaikan oleh Larry Smith di sini, ia lebih mengupas tentang apa itu arti passion yang sesungguhnya. Bagi Larry, menemukan karir yang bagus bisa jadi berbeda dengan menemukan passion. Karena karir yang bagus berarti banyak uang, sedangkan passion bisa saja memberikanmu sedikit penghasilan atau bahkan tidak sama sekali.

Maka, jangan mengeluh jika apa yang kamu geluti sekarang belum menghasilkan apa-apa. Ketakutan akan penolakan, dikucilkan, tidak punya uang, dan ketidakpastian adalah hal yang bisa menghentikan mimpi. Namun, tetaplah jalani itu. Karena pada akhirnya, apa yang kamu sukai adalah dimana hatimu merasa lengkap dan bahagia. 

5. Memotivasi diri sendiri adalah hal penting yang harus kalian lakukan setiap hari

https://www.youtube.com/embed/7sxpKhIbr0E

Scott Geller sebagai aktivis asosiasi psikolog di Amerika menuturkan bahwa memotivasi diri sendiri sangatlah perlu dilakukan untuk meniti mimpi. Berdasarkan sebuah riset, ada 3 pertanyaan penting untuk dapat termotivasi, yaitu; Apakah kamu percaya pada mimpimu? Apakah kamu yakin itu akan berhasil? Apakah konsekuensi yang bisa terjadi sepadan dengan apa yang kamu perjuangkan?

Jika kalian menjawab iya pada semua pertanyaan tersebut dengan percaya diri, maka kalian sudah berada di satu level kompeten dan termotivasi. Kesimpulannya adalah bagaimana kalian berkomunikasi pada diri sendiri memiliki pengaruh penting untuk mewujudkan mimpi. 

6. Semua orang menjalani perjuangan berat dan itu wajar

https://www.youtube.com/embed/bC0hlK7WGcM

Sebagai penderita Osteogenesis Imperfecta di usia 13 tahun ini, Sprash Shah menginspirasi semua orang dengan melawan keterbatasannya untuk meraih mimpinya bermusik. Ia pun berpesan jika kalian bermimpi, jalanilah dan jangan pernah melangkah mundur karena keterbatasanmu. Setiap orang pasti mengalami masa sulit dan itu wajar. Maka, beranilah bermimpi tinggi, jika kalian yakin akan mimpi itu, kalian pun bisa mewujudkannya.  

Banyak rintangan memang saat kalian harus percaya pada mimpi yang belum menjadi nyata. Meski lelah, ragu, dan bahkan menyakitkanmu, percayalah bahwa perjuanganmu sekarang akan berbuah manis. 

Baca Juga: Inspiratif! Ini 5 Motivasi Hidup ala Maudy Ayunda yang Bisa Kamu Tiru

Siska Arifa Photo Verified Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya