Comscore Tracker

5 TED Talks Ini Akan Membantumu Menemukan Jati Diri

Jangan khawatir, temukan jawabannya di sini!

Setiap orang bermimpi dan menjalani tujuannya dalam hidup. Hal wajar jika ada yang berhasil atau bahkan gagal dan berhenti mencapai apa yang mereka impikan. Beruntunglah bagi kalian yang sedang dalam masa perjuangan menjalani karier dan tujuan hidup. Tetapi, apa jadinya jika ternyata masih banyak orang yang bahkan tak tahu apa yang mereka inginkan dalam hidup?

Tak jarang dari kita bahkan tak tahu mau bermimpi apa atau merasa punya bakat tertentu yang bisa dijadikan patokan untuk merasa berbeda. Terasa seperti tak tahu arah di saat semua orang menjalani sesuatu, dan kamu berdiam diri karena tak tahu harus ke mana.

Jika kamu merasakan berada di fase pencarian jati diri ini, kamu perlu menonton 5 TED Talks berikut yang akan membantumu menemukan jawaban. Yuk, simak!

1. Why some of us don't have one true calling dari Emilie Wapnick

https://www.youtube.com/embed/4sZdcB6bjI8

Tidak menemukan jati diri bukan berarti kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan, kadang terlalu banyak pilihan juga menjadi masalah. Apa yang kamu inginkan ketika kamu dewasa? Nah, jika kamu tidak yakin ingin melakukan satu hal saja selama sisa hidupmu, kamu tidak sendirian.

Dalam TED Talksnya, Emilie Wapnick menggambarkan jenis orang yang ia sebut "multipotensial" yang berartia ia memiliki beragam minat dan pekerjaan selama hidupnya. Apakah kamu salah satu orang yang merasa multipotensial juga?

Nah, Emelie melanjutkan bahwa masalahnya bukan "apa yang ingin kita lakukan ketika kita dewasa" tetapi "bagaimana kita bisa hidup memuaskan semua keinginan kita sekaligus?”

2. How to make hard choices oleh Ruth Chang

https://www.youtube.com/embed/8GQZuzIdeQQ

TED Talks satu ini dari Ruth Chang benar-benar dapat mengubah hidupmu, lho! Ia menjelaskan pernah diambang kegalauan akan karir mana yang harus ia kejar. Haruskah dia putus atau menikah? Dan banyak lagi keputusan besar yang sangat sulit di hadapi dirinya dan hampir semua orang.

Menurut filsuf Ruth Chang,  dia menawarkan kerangka kerja baru yang akan membentuk siapa kita sebenarnya. Jadi, ketika membuat pilihan sulit, pilih hal yang mengarahkanmu untuk menjadi orang yang kamu inginkan, dan jangan pedulikan pada tekanan sosial atau ketakutan pribadimu.

Baca Juga: Inspiratif! 6 TED Talks Ini Menuntunmu Lebih Percaya Diri pada Mimpimu

3. The psychology of your future self dari Dan Gilbert

https://www.youtube.com/embed/XNbaR54Gpj4

Dalam TED Talks ini, Dan Gilbert mendefinisikan bahwa manusia selama ini keliru mengira mereka sudah melakukan sesuatu sesuai keinginannya. Setiap orang maupun keadaan sekarang bersifat sementara dan sekilas. Satu yang konstan dalam hidup kita adalah perubahan. Berpikir bahwa kita akan tetap sama di masa depan memang membantu kita tetap termotivasi dalam apa yang kita lakukan di masa sekarang.

Namun, sebenarnya akan lebih sulit untuk melakukan pekerjaan, hobi, atau hubungan jika kita pikir tidak akan ada yang berubah di masa depan. Karena itu tak perlu risau pada kebimbangan karena semua orang kapan pun itu bisa mengubah apa pun dan bangkit dari kesalahannya sekalipun. Itu semua adalah bagian dari proses hidup mencari jati diri yang sesungguhnya.

4. Why you will fail to have a great career dari Larry Smith

https://www.youtube.com/embed/iKHTawgyKWQ

Dalam video TED Talks yang disampaikan oleh Larry Smith di sini, ia lebih mengupas tentang apa itu arti passion yang sesungguhnya. Banyak orang salah mengartikan tujuan hidup yang sesungguhnya, karena akan ada 2 pilihan antara passion dan karier. Bagi Larry, menemukan karier yang bagus bisa jadi berbeda dengan menemukan passion. Karena karier yang bagus berarti banyak uang, sedangkan passion bisa saja memberikanmu sedikit penghasilan atau bahkan tidak sama sekali.

Jadi, alih-alih mempedulikan emosi dan kebingunganmu akan arti tujuan hidup antara berkarier atau menjalani passion, lakukanlah sesuatu yang dapat dikembangkan sedemikian rupa sehingga memungkinkan itu menjadi tujuan hidupmu nanti.

5. Why you don't get what you want; it's not what you expect dari Jennice Vilhauer

https://www.youtube.com/embed/FwLeiY5f7sI

Psikolog Dr. Jennice Vilhauer menjelaskan alasan psikologis dan klinis mengapa kita selalu mempertanyakan keadaan yang belum pasti namun tidak menjalani kehidupan yang kita inginkan sekarang. Intinya, ia berpesan bahwa tak perlu risau mencari jati diri atau tujuan cukup nikmati masa sekarang sebagai waktu yang paling berharga.

Karena sejatinya, inilah saat di mana kita akhirnya menjadi diri kita sendiri. Apa yang membedakan seseorang yang memiliki tujuan adalah aksinya, bukan harapannya. Jika ingin menang, kamu harus berani bermain dalam pertandingan, bukan mengharapkan kemenangan saat kamu hanya berdiam diri.

Nah, itulah deretan TED Talks inspiratif yang akan membantumu dalam perjalanan mencari jati diri dan tujuan hidup. Jadi, apa kalian sudah menemukan tujuanmu sekarang ini?

Baca Juga: 5 Video TEDx Ini Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Asing Lho

Siska Arifa Photo Community Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You