Comscore Tracker

Tehbotol Sosro: Kolaborasi, Strategi Dongkrak Cuan di Industri Kreatif

Berkarya, berkolaborasi dan berbisnis 

Jakarta, IDN Times - Semua masyarakat pasti akan sepakat, bahwa masa pandemi ini memberikan dampak yang luar biasa hebat. Salah satu industri yang terkena dampaknya adalah para pelaku usaha dan juga para pelaku seni. Melihat hal ini, Tehbotol Sosro sebagai perusahaan industri minuman merasa ikut untuk tergerak untuk berkontribusi dalam memberikan sumbangsih kepada mereka, terutama bagi para generasi millennial yang bisa dibilang sangat antusias dalam merintis usaha dari awal.

Seperti apa kontribusinya? IDN Times sudah merangkumnya untuk kamu, siapa tahu kamu bisa ikutan kolaborasi ini.

1. Luncurkan gerakan #LocalsUnite

Tehbotol Sosro: Kolaborasi, Strategi Dongkrak Cuan di Industri KreatifIDN Times/Tehbotol Sosro

Jumat lalu (25/9) dalam Locals Unite Forum, PT Sinar Sosro mencoba untuk memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM khususnya selama masa pandemi ini. Menginisiasi gerakan #LocalsUnite sejak bulan Agustus lalu, Tehbotol Sosro ingin menjadikan gerakan tersebut sebagai wadah bagi para kreator dalam memamerkan karya mereka di berbagai bidang. Mulai dari makanan, minuman, pakaian dan aksesoris, hingga bidang seni sekalipun.

Sabrina Kharisanti selaku Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro mengungkapkan bahwa gerakan #LocalsUnite ini didasari dari filosofi perusahaan yakni niat baik, hasil baik. Maka dari itu, Tehbotol Sosro merasa bahwa ini sudah saatnya untuk mengembalikan semua kebaikan itu sehingga dimanifestasikan ke dalam satu gerakan melalui kolaborasi dengan para brand lokal untuk memajukan usaha mereka.

2. Fenomena usaha yang merajalela selama pandemi

Tehbotol Sosro: Kolaborasi, Strategi Dongkrak Cuan di Industri KreatifIDN Times/Tehbotol Sosro

Di Locals Unite Forum, Leonardo Theosabrata selaku Direktur Utama SMESCO Indonesia hadir sebagai narasumber dan sharing mengenai pengalamannya selama ia berbisnis. Menurutnya, kondisi saat ini setidaknya meninggalkan sisi positif, dimana para pelaku bisnis semakin dibuat tangguh, inovatif namun pada dasarnya mereka tidak bisa sendirian sehingga membutuhkan kolaborasi sebagai kata kunci.

Ada sedikit tips dari Leo bagi para pelaku bisnis yang baru saja merintis usahanya, dengan “START”. Ini merupakan singkatan dari Speed (kecepatan), Timing (ketepatan waktu), Action (aksi), Release (diluncurkan), dan Traction (momentum). Semuanya pasti saling berkesinambungan di mana kerja itu harus cepat dan harus di waktu yang tepat, dibuktikan dalam aksi nyata, diluncurkan untuk dilihat, dan bisa melihat momentum yang benar. Wah, ilmu baru nih guys!

3. Ketika seniman lokal berkarya, berkolaborasi dan berbisnis  

Tehbotol Sosro: Kolaborasi, Strategi Dongkrak Cuan di Industri KreatifIDN Times/Tehbotol Sosro

Tidak hanya Leo, Tehbotol Sosro juga menghadirkan seniman yang memiliki karakter seni unik, yakni Muklay. Sebagai visual artist, pria yang memiliki nama lengkap Muchlis Fachri ini juga ikut sharing pengalamannya sekaligus memberikan tips dalam berkarya dan berkolaborasi menciptakan karya yang inovatif dan orisinil.

Lalu, apa yang dilakukan Muklay sebagai seniman lokal selama pandemi ini? Ia hanya mempertahankan sesuatu yang sudah dibangunnya sejak awal hingga saat ini, di mana ia rela memberikan modal dan juga mental yang sangat besar dalam membuat karya. Proses tidak akan pernah mengkhianati hasil, dan ini dibuktikan Muklay hingga pada akhirnya mendapatkan komisi atas karya pribadinya di tahun 2014. Tuh guys, pertahankan apa yang sudah kamu lakukan ya!

4. Tehbotol Sosro mengajak generasi muda untuk terus berkolaborasi  

Tehbotol Sosro: Kolaborasi, Strategi Dongkrak Cuan di Industri KreatifIDN Times/Tehbotol Sosro

Setelah mendengarkan sharing dari kedua narasumber, Locals Unite Forum juga ingin mengajak para brand lokal nih untuk terus menggali potensi bisnis mereka sekaligus mempersiapkan diri untuk menjadi brand ikonik kebanggaan Indonesia selanjutnya.

Oh ya, buat kamu yang punya pertanyaan ataupun ide-ide menarik seputar dunia bisnis bisa banget lho untuk berkolaborasi dengan Tehbotol Sosro atau klik www.localsunite.co.id ya! Bersama Tehbotol Sosro, we are bringing local brands to the next level! (CSC)

Sissy Photo Verified Writer Sissy

Creative inside.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya