Comscore Tracker

Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepang

Udah nggak jaman belanja demi gengsi

Hampir semua orang gemar berbelanja. Terlebih saat ini banyak kemudahan yang bisa di dapatkan pada konsumen dalam berbelanja, seperti online shop, free ongkir, diskon kartu kredit, dan masih banyak lagi. Tidak salah jika memang berbelanja untuk kebutuhan, meskipun tidak jarang pula ‘kebablasan’. Tanpa kita sadari, kita kerap membeli barang-barang yang sebenarnya tidak benar-benar kita perlukan, yang pada akhirnya hanya menumpuk tidak terpakai.

Berbelanja memang mampu memberikan kepuasaan dan kebahagiaan, hanya saja itu hanya bersifat sementara. Jika tidak segera disadari, hal itu justru akan membuatmu terjebak dalam lingkaran konsumerisme.

Ada sebuah penelitian menarik dari Chaplin dan John tentang perilaku konsumtif masyarakat. Dilansir dari laman theminimalist, ternyata semakin seseorang terobesesi pada hal-hal yang bersifat materi, menunjukkan bahwa ia memiliki “self-esteem” yang rendah. Tak ayal, beberapa tahun ini banyak yang meninggalkan gaya hidup konsumtif dan beralih pada gaya hidup “minimalis”.

Sebenarnya apa itu gaya hidup minimalis? Kenapa perminatnya semakin bertambah?

Sekilas tentang gaya hidup minimalis...

Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepanghttp://houserior.com

Gaya hidup ini dipengaruhi oleh estetika Buddhisme Zen yang menentang gaya hidup konsumtif dengan cara  mengurangi barang-barang yang mereka miliki. Konsep dari gaya hidup ini adalah “Less is more”, yang kira-kira maknanya dengan memiliki sedikit barang, kita memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain yang lebih produktif.

Di tempat yang rutin mengalami gempa seperti di Jepang, gaya hidup seperti ini sangat dianjurkan karena dapat mengurangi resiko luka hingga kematian akibat kejatuhan benda yang ada di ruangan.

Kenapa banyak yang mengikuti gaya hidup ini?

Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepangpixabay.com/Free-Photos

Karena manfaatnya banyak banget! Pertama, kamu nggak perlu repot untuk membersihkan atau merawat barang-barangmu. Kedua, kamu akan lebih memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan lain seperti olahraga, menulis, yoga, dan lain-lain. Ketiga, hidupmu akan lebih bahagia karena terhindari dari stress dan perasaan negatif lainnya dalam hal mengejar kepuasan materi. Kamu juga bisa fokus pada kebutuhanmu tanpa harus terbebani gengsi.

Keempat, kamu dapat menghemat atau menggunakan uangmu untuk memperkaya kemampuan dan pengalamanmu, seperti mengikuti kelas memasak, travelling, mengikuti pelatikan fotografi, atau mengikuti kelas kebugaran. Kelima, tempatmu akan terasa lebih ‘lega’ dan lapang, dan secara tidak langsung akan membawa perasaan tenang pada pikiranmu.

Bagaimana cara melakukannya?

Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepangremodelista.com

Kamu bisa mulai dengan menyingkirkan benda-benda yang tidak  kamu butuhkan. Misalnya pakaian yang jarang kamu pakai atau perabotan yang tidak kamu perlukan. Barang-barang yang tidak kamu butuhkan bisa kamu jual kembali atau didonasikan.

Hanya sisakan pakaian yang bener-benar kamu perlukan saja

Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepangyunomi.life

Dengan menyingkirkan perabotan yang tidak perlu, kamu akan lebih mudah membersihkan ruangan

Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepangyunomi.life

Menata barang juga semakin mudah

Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepanghttps://yunomi.life

Tempat yang terasa “lega” dapat membuat pikiranmu tenang, sehingga dapat meningkatkan produktivitasmu

Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepangesq.sg

Udah bukan jamannya lagi numpuk-numpukin barang demi gengsi. Yang terpenting adalah kamu merasa bahagia dengan apa yang kamu miliki dan bisa terus berkarya.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Gaya Minimalis yang Simpel & Nyaman Ditempati

darajingga Photo Verified Writer darajingga

Underdog

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You