Comscore Tracker

7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiri

Mereka gak bakal mudah iri hati!

Self-love atau mencintai diri sendiri saat ini menjadi hal yang sudah disadari manfaatnya dan mulai diterapkan banyak orang. Namun apakah kamu yakin telah benar-benar berhasil mencintai diri sendiri? Atau jangan-jangan selama ini kamu hanya menduga-duga saja.

Ternyata di balik tanda-tanda yang kamu rasakan, ada beberapa sifat yang seharusnya tidak kamu miliki jika berhasil mencintai diri sendiri. Berikut tujuh sifat tersebut.

1. Minder dan kurang percaya diri

7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiriunsplash.com/@calebfrith

Minder atau tidak percaya diri adalah salah satu sifat yang tidak akan ditemukan dalam kamus orang yang sukses mencintai diri sendiri. Mereka selalu bisa berdamai dengan kekurangan yang dimiliki dan tidak akan mengeluh terlalu berlebihan.

Daripada berkutat dengan kelemahan itu, mereka akan lebih fokus pada kelebihan yang telah dianugerahkan Tuhan dan berusaha memaksimalkannya sebaik mungkin.

2. Iri hati pada segala sesuatu yang dimiliki orang lain

7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiripexels.com/@fauxels

Karena tidak suka membanding-bandingkan, orang yang berhasil mencintai dirinya tidak akan merasa iri terhadap apa yang orang lain miliki. Mereka tahu, Tuhan telah memberikan kelebihan, rezeki, dan segala sesuatu kepada setiap orang sesuai porsinya masing-masing. Jadi tidak alasan bagi mereka untuk memendam rasa iri di dalam hatinya.

3. Negative thinking

7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiriunsplash.com/@kylebroad

Orang yang sukses mencintai diri sendiri juga selalu memenuhi pikirannya dengan hal-hal positif. Jadi minim sekali kemungkinan mereka untuk berpikir negatif terhadap apapun. Jadi di saat kamu tidak percaya diri atau selalu memandang sesuatu dengan pikiran negatif, bisa jadi kamu telah gagal dan masih harus belajar untuk mencintai diri sendiri.

Baca Juga: 15 Ilustrasi Ini Ajak Kita Mencintai Diri Sendiri dan Melawan Depresi

4. Stres berlebihan

7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiripexels.com/@david-garrison-1128051

Selanjutnya, orang yang mencintai dirinya selalu tahu bahwa diri mereka adalah sesuatu yang berharga dan sangat patut untuk dijaga baik itu kesehatan fisik, pikiran, maupun emosionalnya. Sehingga bila mereka menerima kejadian yang kurang baik, mereka hanya terpuruk sewajarnya saja. Mereka sadar, stres yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan banyak kerugian terhadap diri sendiri.

5. Pesimis

7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiripexels.com/@pixabay

Kemudian jika mempunyai impian atau cita-cita, tidak ada rasa pesimis dalam kehidupan orang yang mencintai diri sendiri. Mereka selalu percaya pada kemampuan yang dimiliki untuk menggapai semua yang diinginkannya.

Berbeda dengan orang yang gagal mencintai dirinya, sebelum perjuangan dimulai mereka sudah dilanda ketakutan akan gagal, jatuh, dan malah putus asa duluan.

6. Mudah terpengaruh pada perkataan orang lain

7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiripexels.com/@fauxels

Setelah dibahas di beberapa poin di atas, kita menjadi tahu bahwa orang yang mencintai diri sendiri selalu percaya pada kemampuan mereka bukan? Termasuk prinsip hidup. Oleh karena itu tidak bisa dikatakan seseorang berhasil mencintai dirinya bila mereka masih hidup di bawah pengaruh orang lain, apalagi masih menghiraukan berbagai komentar yang bisa menjerumuskannya.

7. Malas yang berkepanjangan

7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiripexels.com/@olly

Semua orang mungkin pernah mengalami masa-masa dimana dirinya merasa terlalu malas untuk mengerjakan dan melakukan sesuatu. Tapi, orang yang berhasil mencintai dirinya tidak suka terus menerus berada di posisi malas yang membuat mereka sulit untuk berkembang. Ia mau memaksakan dirinya untuk bergerak demi kebaikan sendiri.

Jadi kalau hobimu malas-malasan, apakah kamu yakin sudah benar-benar mencintai diri sendiri?

Itulah tujuh sifat dan karakter yang tidak akan ada dalam orang yang sukses mencintai diri sendiri. Kalau kamu masih memilikinya, cobalah belajar untuk menghilangkannya agar makna dari self love itu sendiri lebih bisa kamu rasakan manfaatnya dalam kehidupan.

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan Ketika Mencintai Diri Sendiri

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You