Comscore Tracker

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat 

Mulailah dari hal sederhana dahulu

Seburuk apapun sikap seseorang, dalam hati kecilnya pasti mempunyai keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Namun untuk mewujudkannya, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Meski sudah memiliki niat yang sungguh-sungguh, beberapa orang bahkan masih kebingungan harus memulai dari mana untuk mengubah kehidupannya ke arah yang benar.

Sebenarnya saat ingin berubah untuk menjadi lebih baik dan bermanfaat, kamu tak perlu langsung melakukan hal-hal besar yang cukup sulit dikerjakan, mulailah terlebih dahulu dari hal-hal kecil yang tanpa kamu sadari juga punya pengaruh yang luar biasa. Berikut delapan di antaranya yang bisa kamu coba.

1. Menebarkan senyuman pada semua orang

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat pexels.com/@jopwell

Tanpa modal dan tenaga yang besar, senyuman adalah salah satu hal simpel yang bisa membuat dirimu lebih baik dan disukai. Dengan menebar senyum, artinya kamu telah menebarkan energi positif dan bersikap ramah pada orang lain.

Tanpa disadari, senyuman juga bisa mengubah hari dan suasana hati mu yang mungkin sedang buruk, menjadi lebih terkendali. Oleh karena itu, sebelum melakukan hal-hal dan perubahan besar, pastikan dahulu kamu mampu berdamai dengan diri sendiri dan juga orang lain dengan menebarkan senyuman.

2. Berpikir positif

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat pexels.com/@kdbishopphotography

Selain menebar senyum, pikiran positif akan membantumu menjadi pribadi yang juga positif. Karena tak jarang tabiat buruk berawal dari pikiran yang juga dipenuhi hal-hal buruk. Oleh karena itu jagalah pikiranmu dari berbagai hal negatif, maka kamu pun bisa mulai menjadi orang yang lebih baik.

3. Menjaga ucapan, terutama dari hal-hal yang bisa menyakiti orang lain

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat freepik.com/dragana-gordic

Mulutmu harimaumu. Peribahasa yang satu ini memang harus selalu kita ingat karena perkataan yang keluar dari mulut bisa begitu menentukan kualitas diri seseorang.

Bila kamu ingin menjadi orang baik, maka perkataan yang kamu keluarkan pun harus perkataan yang baik. Jagalah mulutmu dari komentar negatif, kata-kata menyakitkan, dan kebiasaan suka membicarakan orang lain. Faktanya sikap seperti itu hanya akan membuat orang membenci dan menilai rendah diri kamu.

4. Jujur terhadap apapun

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat pexels.com/@fauxels

Jujur adalah karakter utama yang melekat pada diri manusia berkualitas. Oleh karena itu selama masih suka berbohong, kamu tidak akan pernah bisa menjadi orang yang lebih baik.

Kebohongan akan selalu membawamu pada kehancuran, dan membuat kepercayaan orang lain luntur perlahan-lahan. Berbeda dengan sikap jujur, selain membuatmu makin dihargai, dirimu pun akan merasa lebih tenang dan bahagia.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Gejala Self-Hatred untuk Hidup Lebih Baik dan Bahagia

5. Senantiasa bersikap sopan santun terhadap siapapun

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat pexels.com/@fauxels

Sebelum melakukan hal besar, cobalah untuk bersikap sopan terlebih dahulu saat kamu ingin menjadi orang lebih baik, terutama dalam kehidupan bersosial. Karena sebaik apapun kamu, jika kamu masih tidak sopan dalam bersikap dan memperlakukan orang lain, tetap saja kebaikanmu itu tidak akan memberikan manfaat dalam kehidupan, karena hilangnya respect orang lain terhadap kamu.

6. Kendalikan emosi dalam kondisi apapun

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat pexels.com/@pixabay

Bukan hanya di saat marah, kamu juga harus belajar untuk mengendalikan emosi ketika menghadapi situasi terburuk. Jangan sampai kamu mencaci maki dan berprasangka buruk terhadap takdir yang sudah digariskan Tuhan. Selalu berusaha tenangkan dan dinginkan pikiran, dengan begitu kamu bisa menjadi pribadi yang bijak dan dewasa.

7. Membantu orang lain, sekecil apapun itu

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat pexels.com/@thatguycraig000

Jika biasanya kamu penuh pertimbangan dalam membantu orang lain, ketika ingin menjadi orang lebih baik dan bermanfaat kamu tidak perlu pikir panjang lagi.

Selagi kamu bisa, sekecil apapun itu lakukan saja. Karena kamu tidak pernah tahu seberapa besar manfaat yang dirasakan orang lain dari pertolonganmu. Jika kamu terus menundanya, maka selamanya kamu tidak akan berani mengambil langkah tersebut.

8. Selalu bersyukur, bahkan untuk hal-hal kecil

8 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Lebih Baik & Bermanfaat Unsplash.com/@andirieger

Hal lain yang bisa membuat kamu menjadi orang yang lebih baik, terutama di mata Tuhan, adalah sifat yang selalu bersyukur. Mulai dari bersyukur terhadap hal-hal kecil yang sering kita lupakan, seperti bersyukur terhadap anggota badan, tempat tinggal, maupun pekerjaan. 

Dari bersyukur ini kamu bisa meminimalisir sifat suka mengeluh, dan tidak menerima keadaan. Padahal semakin banyak kita bersyukur, maka semakin banyak pula nikmat yang akan Tuhan turunkan.

Tidak ada hal yang terasa sulit jika kamu memiliki niat yang sungguh-sungguh. Kita hidup di dunia cuma sekali, gunakanlah kesempatan itu untuk menebar kebaikan dan membuat dirimu lebih bermanfaat.

Baca Juga: Gunakan Waktu Sendirimu dengan 5 Kegiatan Bermanfaat Ini

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You