Comscore Tracker

Ingat! Jangan Melakukan 5 Hal Ini saat Baru Putus Cinta

Ternyata dampaknya bisa lebih buruk

Wajar kalau kondisi hati dalam keadaan yang tidak baik-baik saja setelah mengalami putus cinta. Siapa pun pasti tidak pernah siap untuk menghadapi fase perpisahan tersebut. Namun, bukan berarti kamu tidak memiliki batasan dalam bertindak, lho.

Setelah putus, kamu harus tahu batasan antara status barumu dengan mantan kekasihmu, nih. Usahakan untuk menghindari hal-hal yang akan membuatmu semakin menderita dan menyesal dalam mengambil tindakan.

Itulah sebabnya, kamu perlu menenangkan diri untuk bisa benar-benar berpikir jernih. Gak perlu tergesa-gesa, jangan melakukan kelima hal ini saat kamu baru saja putus cinta. Jangan coba-coba!

1. Memperlihatkan kondisi emosionalmu di media sosial

Ingat! Jangan Melakukan 5 Hal Ini saat Baru Putus Cintailustrasi seorang wanita yang sedang menggunakan smartphone (pexels.com/Tofros.com)

Mengingat media sosial merupakan ruang digital yang bisa diakses oleh semua orang, termasuk mantan kekasihmu, coba pikirkan baik-baik saat akan mengunggah lirik lagu maupun adegan film yang berkaitan dengan kondisi emosionalmu saat itu. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung telah mengaku kalah, lho.

Sebaliknya, cobalah untuk bercerita kepada keluarga atau kerabat terdekat tentang kondisi hatimu yang sedang tidak baik-baik saja. Melakukan komunikasi secara dua arah dipercaya bisa membuat kondisi hatimu menjadi lebih baik karena kamu akan menerima respons atau tanggapan atas kegundahanmu pasca putus, nih.

2. Mengurung dirimu di dalam kamar

Ingat! Jangan Melakukan 5 Hal Ini saat Baru Putus Cintailustrasi seorang wanita yang mengurung diri di dalam kamar (pexels.com/cottonbro)

Semua orang tahu kalau bagian tersulit dari move on adalah melupakan kenangan yang tidak bisa terulang lagi bersama mantan kekasih. Namun, kamu juga tetap harus ingat bahwa cinta datang dan pergi. Wajar saat kamu merasa tidak baik-baik saja setelah putus, tapi jangan sampai kamu terjebak dalam kondisi itu.

Daripada mengurung diri di dalam kamar dan berlarut-larut dalam kesedihan, sebaiknya lakukan rutinitas seperti biasa atau lakukan hal-hal yang kamu sukai. Sejatinya, manusia perlu menanamkan dalam diri bahwa saat putus ia hanya ditinggalkan oleh satu orang saja, bukan semua orang yang dicintai di dunia. 

3. Menghubungi mantan kekasihmu setiap kali memikirkannya

Ingat! Jangan Melakukan 5 Hal Ini saat Baru Putus Cintailustrasi seseorang yang sedang menelepon (pexels.com/MART PRODUCTION)

Terbiasa berkomunikasi dengan mantan kekasih setiap hari tentu akan membuatmu kesulitan menghilangkan kebiasaan tersebut setelah putus. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa. Kamu bahkan masih boleh memikirkannya, tapi jangan sampai melewati batas dan menghubunginya.

Ingatlah bahwa ada tembok yang harus dibangun antara kamu dan mantan kekasihmu dengan status yang baru. Kalau terus-menerus masih menghubunginya setiap kali memikirkannya, maka kamu merupakan pihak yang dicap kalah atau gagal move on oleh mantan pasanganmu, lho.

Baca Juga: 5 Tips Meredakan Kesedihan setelah Putus Cinta, Mulai Lembaran Baru

4. Berpura-pura tegar

Ingat! Jangan Melakukan 5 Hal Ini saat Baru Putus Cintailustrasi seorang wanita yang memegang kertas dengan tanda senyum (pexels.com/Kat Smith)

Meski memperlihatkan kondisi emosionalmu di media sosial tidak anjurkan saat patah hati, tapi bukan berarti kamu harus terlihat tegar atau baik-baik saja, lho. Orang-orang yang tidak mau mengakui bahwa mereka sedang sedih, marah, dan kesal karena putus biasanya akan sulit untuk keluar dari kondisi terendahnya.

Terkadang, salah satu cara terbaik untuk meluapkan emosi setelah putus adalah dengan membiarkan diri untuk bersedih dan menangis. Faktanya, menangis bukan hanya respons kita terhadap kesedihan, tapi juga bisa meredakan stres.

Maka dari itu, akan lebih baik kalau sedari awal kita jujur tentang apa yang kita rasakan dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Coba jujur dengan dirimu sendiri, ya!

5. Buru-buru berkenalan dengan orang baru

Ingat! Jangan Melakukan 5 Hal Ini saat Baru Putus Cintailustrasi pasangan yang berpegangan tangan (unsplash.com/Joanna Nix-Walkup)

Sebagian orang beranggapan bahwa berkenalan atau menjalin hubungan dengan orang baru akan membuat kita cepat melupakan mantan kekasih. Namun faktanya, cara itu tidak sepenuhnya benar. Kamu bisa saja terjerumus ke dalam luka yang sama atau lebih besar.

Maka dari itu, menyembuhkan luka terlebih dahulu setelah putus akan jauh lebih baik untuk mempersiapkan diri dalam memulai hubungan yang baru. Jangan sampai karena ketergesa-gesaanmu itu, kamu malah sakit hati lagi karena memilih orang yang salah atau kamu yang akan menyakiti orang yang ternyata benar-benar tulus kepadamu.

Tentu siapa pun tidak akan siap dengan yang namanya perpisahan, sehingga wajar kalau kamu merasa tidak baik-baik saja. Namun, dengan status baru, kamu harus memiliki batasan dalam bertindak yang tegas. Jangan sampai kamu melakukan hal-hal yang fatal.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus Asa, Ayo Bangkit!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya