Comscore Tracker

5 Tips Usir Rasa Malas saat WFH, biar Gak Rebahan Terus

Apakah kamu suka bekerja di atas kasur?

Semenjak pandemik, work from home (WFH) menjadi hal normal baru yang harus diterapkan oleh beberapa perusahaan untuk menekan tingkat penularan dan kontak fisik yang akan terjadi di kantor. Namun, apabila tidak terbiasa dengan normal baru ini, kita pasti kesulitan beradaptasi dengan suasana rumah yang mendukung bermalas-malasan.

Dengan ruang gerak yang terbatas, wajar kalau kita akan cepat merasa jenuh saat work from home dan hanya berbaring di tempat tidur. Meskipun hanya di rumah saja, usahakan tetap produktif dalam bekerja dengan mengikuti tips-tips berikut ini saat work from home.

1. Cobalah bangun lebih pagi

5 Tips Usir Rasa Malas saat WFH, biar Gak Rebahan Terusilustrasi seseorang saat bangun tidur (unsplash.com/thevoncomplex)

Meskipun tak perlu pergi ke kantor, bangun di pagi hari memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut penelitian, udara di pagi hari bisa membuat sistem imun di dalam tubuh akan meningkat di tengah gempuran pandemik seperti saat ini.

Selain itu, udara di pagi hari yang masih segar dan bersih bahkan dipercaya ampuh untuk meningkatkan mood dan mendorong kita lebih produktif saat bekerja di rumah, lho. Dengan bangun lebih pagi, kita memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain seperti memasak atau berolahraga sebelum mulai bekerja.

2. Buatlah ruang kerja pribadi

5 Tips Usir Rasa Malas saat WFH, biar Gak Rebahan Terusilustrasi working place pribadi (unsplash.com/fredmarriage)

Sampai saat ini, para peneliti belum bisa memastikan kapan pandemik berakhir dan bisa kembali beraktivitas seperti biasa di luar rumah. Bahkan, semenjak COVID-19 varian Omicron meningkat di Indonesia, beberapa perusahaan memutuskan untuk menerapkan work from home dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Maka dari itu, penting bagi karyawan atau staf memiliki working space atau ruang kerja saat work from home. Ini merupakan salah satu upaya agar kita tidak merasa malas saat bekerja di rumah. Kamu bisa membuat working space pribadi di rumah dengan memilih tempat paling nyaman, seperti di dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung.

3. Hindari bekerja di tempat tidur

5 Tips Usir Rasa Malas saat WFH, biar Gak Rebahan Terusilustrasi seseorang yang bekerja dengan laptop di atas tempat tidur (unsplash.com/andrewneel)

Alasan kamu harus memiliki working place pribadi di rumah adalah untuk menghindari bekerja di atas tempat tidur. Bekerja di tempat tidur bisa membuat kita cepat merasa bosan dan malas, sehingga muncul sugesti untuk berbaring daripada menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Mulai saat ini, coba tanamkan dalam diri bahwa tempat tidur hanya sebagai tempat beristirahat dan bersantai setelah seharian bekerja. Atau, kalau tidak memiliki working place pribadi, kamu bisa memilih spot ternyaman di dekat jendela di rumah untuk meningkatkan mood saat bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Kantong Aman saat WFH, Jangan Sampai Lapar Mata saat Bosan!

4. Utamakan berpakaian rapi dan bersih

5 Tips Usir Rasa Malas saat WFH, biar Gak Rebahan Terusilustrasi seseorang yang bekerja dengan pakaian rapi (unsplash.com/paige_cody)

Apakah kamu memiliki kebiasaan malas mandi di pagi hari? Kalau begitu, cepat tinggalkan dan ubah kebiasaanmu mulai saat ini agar lebih semangat dan produktif saat work from home. Sebelum memulai aktivitas, ada baiknya kamu mandi atau membersihkan diri terlebih dahulu agar tampak lebih segar, kemudian kenakan pakaian yang rapi.

Kondisi dan pakaian yang kamu pakai saat work from home bisa mempengaruhi tingkat produktivitas dalam bekerja, lho. Ini karena pakaian memiliki makna simbolis terhadap mood seseorang. Kalau bekerja dengan mengenakan baju tidur, kemungkinan kamu akan cenderung bertindak malas saat bekerja.

5. Rencanakan agenda yang akan dilakukan

5 Tips Usir Rasa Malas saat WFH, biar Gak Rebahan Terusilustrasi seseorang yang sedang menyusun agenda harian menggunakan laptop (unsplash.com/christinhumephoto)

Supaya aktivitas selama work from home berjalan dengan lancar, cobalah untuk merencanakan agenda harian atau apa saja yang akan dilakukan pada hari itu. Namun, pastikan kamu melakukannya dengan runtut dan tidak ada agenda yang tertinggal.

Cara ini bisa membuat kamu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan memiliki waktu istirahat yang lebih banyak saat work from home, lho. Tak hanya soal pekerjaan, pastikan kamu menuliskan agenda-agenda pribadi, seperti makan siang atau meminum vitamin. 

Kalau kamu memiliki kebiasaan malas mandi atau bangun di pagi hari, segera ubah untuk menghilangkan rasa malas dan meningkatkan produktivitas saat work from home. Hindari bekerja di atas tempat tidur agar kamu tidak merebahkan tubuh di atas kasur.

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Rasa Malas ke Kantor jika Sudah Terlalu Lama WFH

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya