Comscore Tracker

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamu

Pikirkan saja hal-hal ini daripada memikirkan likes

Dulu, ketika aplikasi Instagram baru diciptakan, awalnya medial sosial yang satu ini digunakan sebagai tempat berbagi memori dengan orang-orang di sekitar kita. Bisa dibilang sebagai scrapbook digital. 

Tapi belakangan hingga tahun 2018 ini, instagram sudah terasa berubah arahnya. Instagram seperti menjadi tempat yang membuatmu harus berbagi hal-hal yang instagramable.

Di atas segalanya, kita jadi merasa harus mencapai jumlah likes tertentu sebagai standar kebahagiaan kita. Belum lagi kita jadi punya kecenderungan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, yang diakui atau tidak, punya kontribusi terhadap rasa frustasi dan perasaan tidak cukup terhadap diri sendiri. 

Bahkan menurut penelitian, sudah tebukti meningkatkan tingkat depresi kaum milenial.

Daripada terlalu peduli tentang Instagram dan berapa banyak likes yang kamu dapatkan di foto terbaru kamu, inilah hal nyata yang lebih penting untuk kamu perhatikan dan lakukan.

1. Baca buku

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/Yuri Efremov

Mungkin poin ini terdengar aneh. Tapi percayalah, kebiasaan membaca buku dapat membuatmu terasa termotivasi akan kehidupan. 

2. Tertawa

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/Priscilla Du Preez

Jangan salah. Salah satu rahasia awet muda adalah tertawa. Banyak hal yang bisa membuatmu tertawa. Dan jika kamu termasuk orang yang bisa menertawakan dirimu sendiri, maka kamu adalah orang yang hebat.

3. Membuat scrapbook fisik

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/Vladimir Proskurovskiy

Mungkin kebiasaan ini tidak terlalu populer di Indonesia. Tapi patut kamu coba. 

Scrapbook adalah semacam album foto yang dihiasi sesuai seleramu dan berisi keterangan tentang foto tersebut. Scrapbook tentu saja terasa lebih menyentuh hati, terutama jika kenangan tersebut adalah kenangan indah.

4. Menulis dengan pena

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/NeONBRAND

Era digital saat ini membuat hal-hal seperti menulis langsung dengan tangan dan pena semakin berkurang. Tumpahkan segala yang mengganggu pikiranmu dengan pena di atas diary. Atau lakukan brainstorming ide untuk bisnis yang ingin segera kamu mulai. Tulis apa saja yang ada di kepalamu, bucket-list, to-do-list, dll.

5. Pengembangan diri

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/Brooke Cagle

Fokuskan pikiranmu tentang siapa dirimu dan bagaimana kamu bisa berkembang jadi manusia yang lebih baik. Ini adalah hal yang bermanfaat untukmu. Ada lebih banyak hal di kehidupan nyata yang kamu perlu ambil pelajaran di dalamnya, daripada jumlah follower atau likes

Baca Juga: Kami Tahu Gimana Sifat Aslimu dari Post Instagram Kamu!

6. Membangun pertemanan yang nyata

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/Duy Pham

Coba lakukan Instagram detox selama satu minggu. Lakukan dengan tidak mengecek intagram atau double-tap beberapa feeds instagram. 

Lihatlah orang terdekatmu (sahabat atau keluarga) di dunia nyata. Mereka adalah orang-orang yang sebenarnya lebih penting. Jadi berilah perhatian kepada mereka, kirimkan kartu ucapan ulang tahun jika sedang berulang tahun, dan beritahu mereka seberapa pentingnya mereka bagi kamu.

7. Lakukan apa yang kamu cintai

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/rawpixel

Melakukan apa yang menjadi passion-mu, benar-benar bisa membuatmu lupa akan segala pikiran negatif. Entah kamu sedang patah hati atau ada yang mengecewakanmu, dengan mengambil langkah pertama bekerja menggapai mimpimu selama ini, kamu bisa lupa semua hal buruk tersebut. 

Usaha sampingan, bisnis yang ingin kamu mulai, buku yang ingin segera kamu tulis, semuanya lebih penting daripada interaksi dunia maya.

8. Rasa syukur

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/Giulia Bertelli

Menunjukkan rasa syukur memang kadang sulit bagi sebagian kita. Karena sifat dasar manusia yang selalu ingin lebih dan lebih. Tapi dengan bersyukur, akan membawa perbedaan yang sungguh bermanfaat daripada hanya sekedar memikirkan jumlah likes.

9. Puji seseorang dan lihat betapa bahagianya mereka

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/Ethan Hoover

Pujian bisa dilakukan lewat hal sederhana. Katakan pada seseorang bahwa ia sudah membuatmu tersenyum hari ini dan lihatlah betapa bahagianya mereka.

10. Memperbaiki penampilan

10 Hal Ini Jauh Lebih Penting Daripada Jumlah Likes Instagram Kamuunsplash.com/Sam Manns

Hal kecil lainnya yang jauh lebih penting dari jumlah likes di Instagram adalah memperbaiki penampilan. Mulailah dengan menerima dirimu sendiri terlebih dahulu kemudian jaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Tahukah kamu bahwa jumlah likes di Instagram sebenarnya adalah hal yang semu? Oleh karena itu jangat bebani pikiranmu dengan hal remeh tersebut. Dan mulai alihkan dengan hal yang yang lebih bermanfaat.

Baca Juga: 16 Fitur Tersembunyi Instagram yang Terbaik, Sudah Pernah Gunakan?

Sofia Citradewi Photo Writer Sofia Citradewi

A lover of rain, music and book addict. Someone who finds joy and peace of mind during rainy days. A freedom seeker, flexible and eager to learn new things. Enjoying a comfortable and happy free life. Follow Sofia Citradewi on twitter @sofiacitradewi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya