Comscore Tracker

Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-Esteem

#GoodLife Know your worth

Self-esteem merupakan manifestasi dari bagaimana cara melihat diri sendiri. Healthy sefl-esteem diartikan sebagai perasaan di mana seseorang sadar bahwa dirinya berharga, selalu memberikan motivasi pada diri sendiri dan tentu akan selalu menerima diri sendiri.

Unhealthy self-esteem juga banyak ditemukan pada seseorang yang ditandai dengan ketidak percayaan pada diri sendiri dan selalu mengemukakan kalimat negatif seperti “Aku bodoh” “Aku tidak akan bisa seperti mereka, jadi buat apa aku belajar”. Tentunya hal ini akan membuatmu enggan beranjak dan akhirnya stuck tanpa perkembangan yang berarti.

Setiap orang memiliki kemampuan tersendiri untuk membangun kepercayaan dan harga diri. Yuk belajar membangun healthy self-esteem dengan 5 hal berikut!

1. Kenali dan hargai diri sendiri

Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-EsteemPexels/SimpleBeyond

Proses ini merupakan pondasi untuk membangun healthy self-esteem. Mengenali diri sendiri dimulai dari menemukan kelebihan hingga kekurangan yang kamu miliki. Hargai dengan mengakuinya dan berikan “penampilan” terbaik setiap harinya. Ingat ya, Examine Your True Value.

2. Fokus pada nilai diri kamu

Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-EsteemPexels/Matheus

Gak bisa dipungkiri unhealthy self-esteem seringkali terpicu karena membandingkan diri dengan orang lain yang akhirnya membuat diri semakin down.

Fokus pada “nilai” diri kamu dan yakini bahwa orang lain tidak memiliki nilai itu. Konsep keberhasilan sebenarnya adalah dengan membandingkan diri kamu dengan kamu sebelumnya, bukan dengan orang lain. So, do not compare to others, ya.

3. Kelilingi diri dengan orang yang positif

Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-EsteemPexels/Rawpixel

Isi lingkungan kamu dengan orang-orang yang bisa bikin kamu jadi lebih baik, lebih produktif, dan berpikiran positif. Waktu terus berputar tanpa kembali lagi, terlalu berharga untuk dihabiskan dengan orang yang meracunimu akan hal-hal berbau negatif dan membuatmu semakin merasa down.

4. Tentukan goals

Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-EsteemPexels/Startup

Orang dengan healthy self-esteem akan memiliki kemampuan untuk menentukan goals atau tujuan. Kemampuan tersebut berasal dari kepercayaan dan penghargaan atas diri sendiri. Tuliskan goals kamu dan temukan alasan mengapa kamu menghragai diri sendiri.

Baca Juga: Tak Perlu Takut, 5 Cara Agar Jadi Perempuan Penuh Rasa Percaya Diri

5. Berkarya dan berprestasi

Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-EsteemPixabay/Alexas

Berkarya dan mengumpulkan prestasi tentu akan membuatmu merasa bangga pada diri sendiri. Ingat “prestasi” yang telah kamu raih dan kelola menjadi batu loncatan untuk prestasi kamu selanjutnya.

6. Afirmasi positif

Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-EsteemPexels/MinAh

Pengulangan kalimat-kalimat positif akan membuatmu memiliki motivasi dan citra diri yang positif pula, contohnya “Do your best!” “Wah, you look great today.” Langkah sederhana yang dilakukan secara rutin ini tentu akan membangun healthy self-esteem kamu.

7. Beraksi

Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-EsteemPexels/Rawpixel

Berpikir rasional deengan tidak melebih-lebihkan perasaan takut. Jangan hanya menyimpan kalimat positif pada pikiran. Lawan rintangan, hadapi ketakutan, dan ambil tindakan.

Segala sesuatu diawali dengan suatu pikiran kemudian eksekusi dengan tindakan. Know your worth dan lakukan hal-hal untuk membangun healthy self-esteem kamu secara perlahan, ya!

Baca Juga: Percaya Diri Vs Narsis: Pahami Perbedaannya Agar Tidak Salah Duga

Sri Dewi Maulida Photo Writer Sri Dewi Maulida

Life Long Learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya