Comscore Tracker

5 Tips Jitu bagi Introver agar Tetap Bisa Menikmati Pesta

Introver juga butuh bersenang-senang, 'kan?

Sebagai orang yang biasa menjauhi keramaian, menghadiri sebuah pesta terkadang menjadi hal yang begitu menakutkan bagi seorang introver. Namun, sebagai makhluk sosial, undangan untuk menghadiri pesta tentu tidak terelakkan.

Meski memang cenderung bukan penyuka keramaian, para introver tetap bisa menikmati pesta, loh. Tentunya, para introver memiliki cara tersendiri agar bisa menikmati pesta yang diselenggarakan oleh teman kita. Berikut lima tips jitu agar introver bisa menikmati pesta.

1. Temukan teman lain yang juga introver

5 Tips Jitu bagi Introver agar Tetap Bisa Menikmati Pestapexels.com

Agar introver bisa nyaman di tengah keramaian, mereka membutuhkan orang yang mengerti sifat mereka. Menemukan introver saat di pesta jelas bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, para introver bisa mengajak teman dekatnya saat diundang ke sebuah pesta.

Jika terpaksa harus datang sendiri, introver bisa mendekati orang-orang yang juga terlihat sendirian di sebuah pesta. Cara ini sedikit lebih tidak menguras energi, daripada harus bergabung dalam kelompok yang besar.

2. Perbanyak latihan bersosialisasi

5 Tips Jitu bagi Introver agar Tetap Bisa Menikmati Pestapexels.com

Jangan malu untuk berlatih dengan diri sendiri mengenai cara introver bersosialisasi di sebuah pesta. Hal ini justru membuat para introver tidak lagi gugup saat menghadiri pesta.

Kumpulkan banyak opsi untuk memulai sebuah percakapan serta pertanyaan yang mungkin diajukan ke orang-orang yang ditemui di pesta nanti. Jika pesta yang dihadiri ternyata penuh dengan orang-orang yang sudah dikenal, hal ini justru bisa semakin mudah. Para introver bisa memulai pembicaraan dari cerita-cerita lama dengan para teman.

Baca Juga: 5 Tanda Cowok Introvert Mencintaimu, Tenang Tapi Menghanyutkan

3. Jangan ragu untuk menyendiri sebelum dan sesudah pesta

5 Tips Jitu bagi Introver agar Tetap Bisa Menikmati Pestapexels.com

Energi orang introver memang mudah terkuras saat diharuskan untuk bersosialisasi. Cara terbaik untuk menjaga energi ini adalah dengan menyendiri dalam beberapa saat.

Jika introver ingin menghadiri pesta, pastikan sudah punya cukup waktu menyendiri sebelum dan sesudah acara itu digelar. Lewat cara ini, mereka akan dengan nyaman menghadiri sebuah pesta.

4. Ikut membantu orang yang mengundang pesta

5 Tips Jitu bagi Introver agar Tetap Bisa Menikmati Pestapexels.com

Membantu orang yang mengundang pesta justru tidak melelahkan bagi para introver. Hal ini lebih baik daripada harus berada di tengah-tengah pesta tanpa tahu memulai pembicaraan dengan orang lain yang belum dikenal.

Jadi jangan ragu untuk selalu membantu orang yang mengundang ke pesta. Mereka pun pasti senang karena menerima bantuan ini.

5. Jangan menumpang orang lain saat datang ke pesta

5 Tips Jitu bagi Introver agar Tetap Bisa Menikmati Pestapexels.com

Untuk para introver, menumpang mobil orang lain saat pergi ke pesta adalah keputusan yang kurang bijaksana. Pastikan selalu membawa kendaraan sendiri saat menghadiri pesta.

Hal ini akan memudahkan para introver untuk lekas pergi dari lokasi pesta jika energi mereka sudah habis. Jika menumpang kendaraan orang lain, tentu introver bisa terjebak di situasi yang tidak mereka inginkan.

Tips di atas berguna bagi para introver yang tetap ingin menghadiri sebuah pesta. Siap untuk menerapkannya?

Baca Juga: 5 Alasan Betapa Menyenangkannya Menjadi Seorang Introvert

Sri Mulyati Photo Community Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You