Comscore Tracker

7 Kebiasaan yang Jadi Tanda Kamu Memang Orang yang Sopan

Murah senyum dan adil, kamu bukan nih?

Sopan bukanlah sifat yang bisa didapatkan secara instan. Ada banyak faktor yang membuat seseorang menjadi sopan dan yang lain tidak. Selain karena lingkungan, kebiasaan buruk yang terus menerus dilakukan bisa membuat orang kehilangan kesopanan ini.

Kalau kamu sering lakukan 7 kebiasaan ini, maka sudah jelas bahwa kamu memang orang yang sopan. Buat kamu yang tidak termasuk, jangan berkecil hati karena dengan membiasakannya kamu bakal bisa memiliki kesopanan itu, kok.

1. Kamu ahli dalam hal mendengarkan

7 Kebiasaan yang Jadi Tanda Kamu Memang Orang yang Sopanimdb.com

Mendengarkan merupakan hal yang biasa kamu lakukan. Bahkan, teman-temanmu sering mengatakan kamu merupakan pendengar yang baik. Hal ini merupakan bukti nyata kamu memang orang yang sopan. Ketika kamu meluangkan waktu dan perhatianmu hanya untuk ada buat orang lain, saat itulah kamu memiliki kerendahan hati dan tidak egois.

2. Kamu orang yang murah senyum

7 Kebiasaan yang Jadi Tanda Kamu Memang Orang yang Sopantelltaletv.com

Kamu bukan tipe orang yang dingin atau jarang tersenyum. Sebaliknya, kamu ramah terhadap siapa saja dan bisa dengan mudah memberikan senyuman walau kamu sendiri sedang mengalami suasana hati yang buruk. Kesopanan bukan hanya bisa dilihat dari bagaimana cara kamu bertutur kata, tapi juga bagaimana bahasa tubuh dan raut wajahmu.

3. Kamu tidak mudah mengeluh atau merajuk

7 Kebiasaan yang Jadi Tanda Kamu Memang Orang yang Sopanspotern.com

Kamu bukan tipe orang yang langsung menyatakan ketidak setujuan tanpa melihat dulu sebuah situasi. Sebaliknya, kamu orang yang tenang dan tidak suka membuat situasi jadi semakin rumit karena keluhan. Bagimu, lebih baik diam dulu dan melihat perkembangan yang terjadi dibanding langsung merajuk dan merengut begitu saja.

Baca Juga: Ini Lho 9 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Percaya Diri, Kamu Juga?

4. Kamu terbiasa berpikir dulu sebelum bicara

7 Kebiasaan yang Jadi Tanda Kamu Memang Orang yang Sopanhollywoodreporter.com

Orang yang sopan tidak akan bicara sembarangan. Kamu tahu bagaimana menguasai diri sendiri bahkan ketika kamu sedang marah. Tidak ada yang namanya gegabah dan sembarangan saat bicara.

Bagimu, lebih baik memikirkannya dulu mana yang baik dan tidak untuk diucapkan. Orang sopan cenderung memikirkan bagaimana perasaan orang lain karena perkataannya dibanding mengutamakan pikirannya sendiri.

5. Kamu menghargai batasan yang ditetapkan orang lain

7 Kebiasaan yang Jadi Tanda Kamu Memang Orang yang Sopanvulture.com

Tidak lancang dan tidak berbuat sesuatu di luar batas merupakan karakteristik orang sopan. Ketika seseorang menetapkan bagian padamu dan melarang untuk melewatinya, maka kamu tidak akan melanggarnya dengan alasan apapun. Bagimu privasi merupakan hal yang sangat penting sehingga kamu akan menjaganya apapun yang terjadi.

6. Kamu memperlakukan orang lain dengan adil

7 Kebiasaan yang Jadi Tanda Kamu Memang Orang yang Sopanstudybreaks.com

Kamu tidak bertindak sesuka hatimu atau tanpa pertimbangan dulu. Bagimu, semua orang itu sama dan harus juga diperlakukan demikian. Tidak ada keberpihakan dalam dirimu karena kamu tidak mau membuat orang lain merasa tidak nyaman. Di circle pertemanan manapun, kamu bisa menganggap satu dan yang lainnya itu sama.

7. Menghakimi bukanlah kebiasaanmu

7 Kebiasaan yang Jadi Tanda Kamu Memang Orang yang Sopanvulture.com

Bahkan ketika ada orang yang jelas-jelas melanggar etika, kamu memilih diam dan tidak menghakimi atau ikut menggiring opini. Kamu paham benar bahwa segala sesuatu terjadi itu ada alasannya sehingga kamu tidak akan menghakimi seenaknya.

Kelakuan kecil seperti sopan akan memperbaiki hidupmu jadi lebih baik. Setidaknya, dengan memilkinya kamu jadi orang yang tahu bagaimana bersikap sekalipun kamu sedang marah. Kamu bisa mendapatkan respect dari orang lain, punya hubungan yang lebih baik dan lebih percaya diri. Sebaliknya, menjadi kasar hanya akan membuat hidupmu sendiri susah.

Baca Juga: Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendiri

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya