Comscore Tracker

Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Efektif Bilang 'Tidak' Tanpa Merasa Bersalah

Gak perlu merasa gak enak ketika menolak sesuatu

Rasa sungkan memang kadang sangat sulit dihindari. Apalagi kalau yang meminta tolong adalah orang yang kita kenal dan berada dalam satu lingkup yang sama. Tapi, selalu menerima dan akhirnya membiarkannya bergantung juga bukan hal yang benar untuk dilakukan. Jangan sampai menyiksa diri sendiri dengan alasan sungkan.

Biar kamu gak serba salah, berikut adalah 5 cara efektif yang bisa kamu coba ketika ingin menolak sesuatu tanpa merasa bersalah. Bisa banget nih kamu coba!

1. Cobalah untuk mengerti alasan mengapa kamu perlu mengatakan tidak untuk sesuatu

Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Efektif Bilang 'Tidak' Tanpa Merasa Bersalahlwlies.com

Sebelum menolak, tanyakan dulu pada dirimu sendiri kenapa kamu tidak bisa melakukannya. Ini akan membuatmu tahu prioritas yang benar. Kamu tidak akan bingung lagi memikirkan apa yang harus dan tidak harus kamu lakukan.

2. Tidak hanya mengatakan "tidak" saja, kamu bisa menawarkan pilihan lain pada orang tersebut

Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Efektif Bilang 'Tidak' Tanpa Merasa Bersalahindiewire.com

Bukan hanya mengatakan tidak saja, kamu bisa memberikannya pilihan lain untuk membuatnya memikirkan alternatif lain. Cara ini bisa dibilang yang paling efektif, kamu tetap bisa menolak dan dia mendapatkan solusi.

Baca Juga: 5 Alasan Tak Perlu Malu Minta Maaf Lebih Dulu Walau Kamu Gak Salah

3. Tunjukkan bahwa kamu bersimpati dengan apa yang dia alami

Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Efektif Bilang 'Tidak' Tanpa Merasa Bersalahimdb.com

Dengan menunjukkan keprihatinanmu, penolakanmu akan lebih mudah ditelan olehnya. Dengan begitu kamu tidak akan jadi terlalu merasa bersalah. Posisimu dengannya juga sama-sama enak dan tidak perlu ada rasa sungkan.

4. Pastikan kamu mengatakan tidak karena permintaan, bukan orangnya

Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Efektif Bilang 'Tidak' Tanpa Merasa Bersalahberfrois.com

Hindari menjadi orang yang subjektif. Ketika ada permintaan yang datang, maka tolak kalau memang kamu tidak bisa. Bukan karena kamu tidak suka orangnya makanya kamu tolak atau suka orangnya makanya kamu terima saja. Nanti kamu sendiri yang capek, lho.

5. Jelaskan alasan mengapa kamu tidak bisa

Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Efektif Bilang 'Tidak' Tanpa Merasa Bersalahsbs.com.au

Dengan mengungkapkan alasan tersebut, kamu tidak perlu lagi merasa bersalah atau tidak enak dengannya. Sebuah hal yang wajar ketika kamu menolak sesuatu yang memang benar-benar tidak ingin dilakukan. Jangan menganggap dirimu buruk, kamu hanya butuh membiarkannya lebih mandiri.

Yang penting jangan sampai karena orang lain kamu jadi tidak nyaman dengan dirimu sendiri, apalagi sampai memotong kebahagiaanmu sendiri. Tidak apa-apa menolak kalau kamu memang tidak bisa atau tidak mau. Kamu tidak perlu minta maaf untuk menjadi dirimu sendiri.

Baca Juga: Jangan Sedih! Ini 5 Alasan Kenapa Penolakan Juga Penting Dalam Hidup

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya