Comscore Tracker

Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendiri

Walau masih muda, jangan suka remehkan diri sendiri

Mungkin ada banyak bidang atau hal yang tidak kamu kuasai. Mungkin selama ini kamu suka heran kenapa ada begitu banyak orang yang bisa meraih banyak hal dalam hidupnya di usia yang masih muda sementara kamu tidak. Itu bukan berarti kamu kurang kompeten atau payah, tapi belum waktunya untuk kamu menerima semua keinginanmu itu.

Tidak pernah ada kejadian yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Semua yang terjadi itu pasti pas dan sesuai dengan saatnya.

Makanya, kamu yang berusia 20an, jangan sampai remehkan dirimu sendiri dengan lakukan semua hal di bawah ini. Walau bagaimana pun, memantaskan diri itu bukan tugas orang lain untukmu, tapi tugas dirimu sendiri.

1. Kamu punya lingkup pertemanan yang tidak sehat dan masih bertahan di dalamnya

Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendirivanityfair.com

Sebenarnya kamu tahu kalau kamu punya lingkup pertemanan yang tidak sehat, tapi tidak pergi dari mereka sama dengan kamu sedang meremehkan diri sendiri. Kamu bahkan tidak tahu bagaimana cara menjauhkan diri dari mereka dan semakin tinggal dalam circle tersebut. Iya kalau kamu orang yang berkepribadian kuat, kalau tidak, kamu sendiri yang akan termakan hal-hal buruk di dalamnya.

2. Kamu selalu membandingkan dirimu dengan orang lain

Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendiriprojectedfigures.com

Walaupun kamu punya banyak prestasi membanggakan, punya hobi yang bisa menghasilkan uang, punya kemampuan yang belum tentu orang lain punya, itu tidak membuatmu melihat dirimu sebagai orang yang berharga. Kamu selalu melihat dan mendapati bahwa orang lain melakukan hal yang lebih banyak dan lebih baik sehingga kamu mengecil dan mengecil.

3. Kamu tidak tahu apa sebenarnya nilai dirimu sendiri

Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendiripaksiree.com

Saat ditanya kamu orang yang bagaimana dan apa yang akan kamu lakukan di masa depan, kamu tidak bisa menemukan jawaban yang tepat. Bahkan, kamu sendiiri tidak tahu apa yang kamu suka dan kamu mau. Tidak mengetahui kemampuan diri sendiri sama dengan merendahkan dirimu. Mulailah gali nilai yang ada padamu supaya kamu bisa mengembangkannya.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 Tahun

4. Kamu tidak bisa percaya pada diri sendiri untuk memutuskan sesuatu

Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendirinziff.co.nz

Takut salah, takut nanti ada apa-apa dan takut keputusanmu tidak cukup baik. Hal ini sangat berbahaya bagi masa mudamu. Mau bagaimana pun, kamu yang pegang peranan untuk hidupmu nanti dan bukan orangtuamu. Kalau dari sekarang yang masih muda saja kamu sudah membiasakan diri tidak yakin, bagaimana saat kamu sudah berumur nanti?

5. Kamu takut sekali dengan kegagalan

Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendiriqueensfilmtheatre.com

Makanya kamu malas mencoba karena kamu takut gagal. Alhasil kamu hanya diam saja dan tidak melakukan apa-apa untuk memperbaiki keadaan. Bagimu, diam terasa lebih baik daripada gagal. Padahal sebenarnya justru gagal lebih bagus berkali lipat daripada kamu tidak mencobanya sama sekali.

6. Kamu tidak nyaman dengan diri sendiri dan kerap merasa minder

Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendiritheguardian.com

Mau seberapa mahal dan bagusnya pakaian yang kamu pakai, tidak akan membuatmu jadi lebih baik. Yang ada kamu selalu merasa tidak nyaman dan minder dengan diri sendiri. Kamu seakan tidak bisa melihat kelebihan yang kamu punya tapi hanya banyak kekurangan yang menarik perhatianmu.

7. Kamu membiarkan orang lain mengambil alih hidupmu terlalu banyak

Di Usia 20an, Ini 7 Tanda Kamu Sering Remehkan Dirimu Sendiriboomstickcomics.com

Bahkan di saat mengambil keputusan yang berdampak pada masa depanmu, kamu membiarkan orang lain yang mengambil keputusan itu. Rasanya kamu tidak bisa yakin dengan apapun yang kamu lakukan dan selalu merasa kurang. Dengan melakukan hal inilah sama saja kamu sudah meremehkan dirimu sendiri.

Jangan menganggap dirimu remeh walau kamu masih muda. Pasti selalu ada hal berguna yang bisa kamu lakukan asal mau berusaha. Yang penting jangan malas atau juga menganggap kamu masih punya banyak waktu. Terlalu remehkan diri sendiri sekarang bakal bikin kamu sendiri menyesal nantinya.

Baca Juga: 10 Peribahasa Jawa yang Sarat Nasihat Agar Hidupmu Makin Bermanfaat

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya