Comscore Tracker

7 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bunuh Diri. Ayo Lebih Peduli!

Bunuh diri bisa dicegah!

Bunuh diri merupakan permasalahan global yang angka kematiannya setiap tahun semakin meningkat di berbagai tempat di dunia. Ini merupakan konsentrasi semua pihak bukan hanya pemerintah, psikolog atau psikiater saja. Menurut data WHO, setiap 40 detik ada satu orang di satu tempat di dunia melakukan bunuh diri. Bahkan 1 dari 4 orang dewasa akan mengalami masalah kesehatan jiwa pada satu saat dalam hidupnya.

Dengan tingginya angka kematian tersebut, semua lapisan masyarakat memiliki peran yang sama untuk memerangi kasus bunuh diri yang faktanya bisa dicegah ini. Menurut organisasi nirlaba Suicide Prevention Resoutce Center, ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bunuh diri.

1. Jangan menyepelekan perasaan mereka

7 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bunuh Diri. Ayo Lebih Peduli!Unsplash.com/Josh Appel

Meskipun kamu mungkin berpikir bahwa masalah mereka itu tidak seberapa, tapi tetap saja kamu tidak boleh menghakimi bagaimana seseorang memandang sesuatu. Kamu bisa membantu mereka dengan tidak memberikan penilaian tentang berat atau tidaknya perasaan yang mereka alami. Jika memang mereka menganggap itu hal yang serius, maka kamu juga harus bisa menghargai pemikiran itu.

2. Lihatlah keinginan bunuh diri sebagai tanda orang tersebut butuh bantuan

7 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bunuh Diri. Ayo Lebih Peduli!Unsplash.com/Alex Iby

Ketika kamu mengetahui teman atau orang terdekatmu memiliki keinginan untuk bunuh diri, itu merupakan indikasi bahwa dia sedang dalam kesakitan emosional dan membutuhkan bantuan. Bunuh diri bagi orang seperti itu merupakan satu-satunya jalan keluar yang paling masuk akal untuk dilakukan. Kamu sebagai orang yang mengetahuinya harus segera mencari pertolongan untuknya. Hubungi psikolog atau psikiater adalah langkah awal yang bisa kamu tempuh.

3. Mendorong mereka supaya mau menemui psikolog/psikiater

7 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bunuh Diri. Ayo Lebih Peduli!Unsplash.com/Matheus Ferrero

Hilangkan stigma bahwa hanya orang sakit saja yang akan pergi ke psikolog. Nyatanya profesi tersebut diciptakan untuk memecahkan tekanan batin yang sedang dialami. Ketika kamu merasa tidak mampu mengatasinya, dorong dia untuk mau pergi mencari bantuan. Berikan pengertian kalau perlu antarkan dia mendapatkan pertolongan yang tepat.

Baca Juga: 7 Alasan Cemburu Bisa Membuat Orang Jadi Psikopat atau Bunuh Diri

4. Jadilah pendengar yang baik

7 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bunuh Diri. Ayo Lebih Peduli!Unsplash.com/Ben White

Kepedulianmu bisa mencegah keinginan bunuh diri yang sudah dia rencanakan. Kalaupun kamu tidak bisa membantu untuk menyelesaikan masalahnya, setidaknya bantulah dia melepaskan sakit hatinya dengan menceritakan semuanya padamu. Jadilah pendengar yang baik dan selalu ada untuknya akan jadi pencegahan efektif yang bisa kamu lakukan.

5. Bertanyalah tentang perasaan ingin bunuh diri mereka

7 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bunuh Diri. Ayo Lebih Peduli!Unsplash.com/Akshay Paatil

Menanyakan ‘Dengan metode apa’ mereka akan bunuh diri merupakan clue bagimu untuk mengetahui apakah mereka cukup serius dengan keinginan bunuh dirinya atau tidak. Ketika mereka sudah menetapkan metode bahkan waktu untuk melakukannya, di situlah kamu tahu bahwa mereka bersungguh-sungguh ingin bunuh diri. Tanyakan juga tentang bagaimana perasaannya, buat dia nyaman sehingga mau terbuka denganmu adalah langkah awal yang baik untuk membuat mereka melepaskan stresnya.

6. Jangan tinggalkan mereka sendiri jika keadaan semakin parah

7 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bunuh Diri. Ayo Lebih Peduli!Unsplash.com/Josh Appel

Ketika mereka sudah berada dalam stress yang parah dan mulai menyakiti diri sendiri, jangan meninggalkan mereka sendirian. Bisa jadi saat itulah dia akan menyakiti diri sendiri kalau tanpa dampingan dari orang lain. Langkah terbaik yang harus kamu lakukan adalah menjauhkannya dari benda-benda yang bisa membahayakan dirinya.

7. Jangan merahasiakan keadaannya walaupun mereka sendiri yang memintanya

7 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bunuh Diri. Ayo Lebih Peduli!Unsplash.com/Tim Marshall

Jika mereka mengatakan padamu untuk jangan memberi tahu siapapun, jangan dengarkan mereka. Kamu harus tetap memberi tahu para ahli untuk segera menolong mereka. Lebih baik dia marah padamu tapi tetap hidup daripada kamu menepati janji tapi dia akhirnya tidak mendapat bantuan dan jadi semakin parah.

Dengan lebih peduli terhadap sekitar, kamu bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Yang terpenting adalah kesadaranmu untuk tidak bersikap bodo amat pada kesulitan yang sedang dialami orang lain. Kalau memang kamu merasa tidak sanggup untuk menolong, arahkan dia untuk menemui ahli dan mendapatkan konsultasi yang dibutuhkan. Setidaknya kalau tidak bisa membantu, jangan sampai perkataan atau sikapmu menjadi penyebab seseorang malah ingin bunuh diri.

Jika kamu menemukan orang di sekitarmu memiliki kecenderungan untuk bunuh diri, kamu bisa langsung mengarahkannya untuk menelepon 119, layanan konsultasi medis dari Kementrian Kesehatan yang juga melayani konsultasi bunuh diri 24 jam.

Baca Juga: 8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!

Stella Azasya Photo Community Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You