Comscore Tracker

5 Kebiasaan “Baik” yang Justru Jadi Tanda Kamu Gak Cinta Diri Sendiri

Kamu gini juga gak?

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang kamu anggap baik selama ini justru merupakan tanda kamu kurang mencintai diri sendiri. Kalau dibiarkan, lama-lama kamu akan menderita sendiri dan makin menjauh dari kebahagiaan yang seharusnya sudah bisa didapatkan sebelumnya.

Makanya, jangan sampai lima kebiasaan baik ini keterusan kamu lakukan sampai memotong kesejahteraanmu sendiri. Jadi orang baik memang harus, tapi jangan terjebak pada toxic positivity yang bikin kamu sakit sendiri.

1. Kamu ingin menjadi segalanya untuk orang lain

5 Kebiasaan “Baik” yang Justru Jadi Tanda Kamu Gak Cinta Diri Sendiristylecaster.com

Padahal kamu gak akan pernah bisa menjadi segalanya untuk siapapun. Faktanya kamu tidak memiliki tanggung jawab apapun untuk membahagiakan orang lain begitu juga sebaliknya. Pada akhirnya kalau kamu salah menempatkan prioritas, kamu sendiri yang akan terluka. Jika kamu termasuk sering melakukan ini tandanya kamu tidak cukup mencintai dirimu sendiri.

2. Kamu tidak pernah merasa cukup

5 Kebiasaan “Baik” yang Justru Jadi Tanda Kamu Gak Cinta Diri Sendiricollider.com

Tidak pernah puas memang baik untuk menumbuhkan semangat meraih yang lebih lagi. Tapi kalau kamu terlalu terobsesi untuk meraih semuanya, kamu akan jadi serakah dan kehilangan nilai dirimu. Kalau kamu tidak melakukan cukup hal untuk menjadi lebih baik, sama saja kamu tidak begitu mencintai dirimu sendiri.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyaman

3. Kamu terlalu rajin bekerja sampai melupakan waktu untuk diri sendiri

5 Kebiasaan “Baik” yang Justru Jadi Tanda Kamu Gak Cinta Diri Sendiritimesunion.com

Rajin bekerja memang baik, tapi bukan berarti kamu sampai melupakan waktu untuk diri sendiri. Integritas dalam bekerja memang sangat dibutuhkan, namun percuma saja kalau jiwamu tidak bahagia. Tanpa kamu sadari, kamu hanya akan kehilangan banyak waktumu untuk hal yang tidak membuatmu senang dan itu akan kamu sesali nanti.

4. Kamu membiarkan rasa sungkan menguasaimu

5 Kebiasaan “Baik” yang Justru Jadi Tanda Kamu Gak Cinta Diri Sendirithemarysue.com

Tidak sembarangan bicara dan menjaga perasaan orang lain juga merupakan hal baik. Namun kalau terlalu sering dilakukan kamu sendiri yang jadi tidak jujur tentang apa yang membuatmu bahagia dan tidak. Bagaimanapun kamu butuh menyuarakan pemikiranmu, apa yang kamu mau, apa yang tidak, dan orang lain suka atau tidak harus bisa menerima hal itu.

5. Kamu mencintai seseorang tapi tidak berani mengatakannya

5 Kebiasaan “Baik” yang Justru Jadi Tanda Kamu Gak Cinta Diri Sendirilatimesblogs.latimes.com

Mencintai dan merasakan cinta jelas merupakan sebuah hal baik. Tapi kalau kamu tidak berjuang sama saja kamu menyiksa diri sendiri. Sebenarnya ini bukan tentang apakah perasaanmu terbalas atau tidak tapi apakah itu bisa tersampaikan atau tidak. Setidaknya buat jiwamu merasa lega dengan membiarkan orang yang kamu cintai tahu adanya perasaan yang menginginkannya datang.

Kamu butuh jujur tentang apa yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup. Karena hidupmu adalah tanggung jawabmu, maka sudah seharusnya kamu berjuang untuk kebahagiaanmu sendiri. Jangan lagi terjebak dalam kebiasaan ‘baik’ di atas, ya!

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk Saat Berbuka Puasa ini Wajib Dihindari

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You