Comscore Tracker

Gak Banyak Disadari, 5 Kebiasaan Bikin Kebahagiaanmu Hilang Seketika

Pernah begini, gak?

Kurangnya uang atau hiburan gak bisa menghentikan kebahagiaan yang memang sangat sederhana. Tanpa banyak disadari, justru kebiasaan sepele itulah yang bisa membuat kebahagiaan hilang seketika.

Kalau kamu tidak ingin terjebak di dalam rasa muram yang nantinya gak baik untuk dirimu sendiri, segera telaah bagaimana kamu memperlakukan dirimu selama ini. Ada lima kebiasaan yang kalau terus dilakukan bisa membunuh kebahagiaanmu sendiri. Jangan sampai lakukan lagi, segeralah berubah demi kehidupan yang lebih baik nantinya.

1. Tidak membiarkan diri melakukan kesalahan

Gak Banyak Disadari, 5 Kebiasaan Bikin Kebahagiaanmu Hilang Seketikathemoviewaffler.com/

Kamu bisa berkembang hanya jika kamu melakukan kesalahan. Hidupmu yang hanya sekali sangatlah singkat jika hanya harus dihabiskan dengan merasa selalu benar. Kamu butuh melakukan kesalahan supaya kamu bisa belajar; supaya kamu tahu bahwa manusia memang gak sempurna dan gampang melakukan salah.

2. Mematikan perasaan atau emosi yang muncul

Gak Banyak Disadari, 5 Kebiasaan Bikin Kebahagiaanmu Hilang Seketikanydailynews.com

Hanya karena perasaan yang muncul bukan perasaan yang positif, bukan berarti kamu harus mematikannya. Kamu harus merasakan semua pahit manis kehidupan ini supaya kamu tetap bisa merasa hidup dan bermakna.

Jangan sampai kebiasaan ini menghilangkan kebahagiaanmu, apalagi sampai tidak mengutarakan apa yang kamu rasakan hanya karena takut pada orang lain.

Baca Juga: Hidupmu Membosankan? Ini 5 Cara untuk Menggantinya dengan Kebahagiaan

3. Menyimpan dendam

Gak Banyak Disadari, 5 Kebiasaan Bikin Kebahagiaanmu Hilang Seketikamedium.com

Melupakan orang yang pernah bersalah memang bukan perkara mudah. Ya, memang butuh waktu, tapi bukan berarti kamu tidak bisa. Kebiasaan ini hanya akan membuatmu jatuh dalam kebencian yang tidak berujung.

Bukannya bahagia, kamu malah panas dan sibuk memikirkan bagaimana caranya bisa membalas dendam dengan cara yang lebih menyakitkan.

4. Menempatkan diri sebagai pembaca pikiran

Gak Banyak Disadari, 5 Kebiasaan Bikin Kebahagiaanmu Hilang Seketikabustle.com

“Aku kelihatan bodoh di mata mereka,” atau, “Pasti mereka sekarang lagi ngetawain aku,” atau, “Mereka pasti berpikir aku payah,” merupakan beberapa hal yang mungkin tebersit di pikiranmu.

Tanpa sadar, kamu sering menempatkan diri pada posisi pembaca pikiran. Seolah-olah, kamu bisa tahu semua yang orang lain pikirkan tentangmu, padahal apakah mereka benar-benar memikirkan itu? Belum tentu juga!

5. Fokus pada kesuksesan orang lain

Gak Banyak Disadari, 5 Kebiasaan Bikin Kebahagiaanmu Hilang Seketikaindiewire.com/

“Coba aku punya orangtua yang kaya seperti dia,” atau, “Dia bisa sukses karena bantuan orangtua,” merupakan kalimat-kalimat toksik yang mungkin sering terlintas di pikiranmu. Sudah cukup menyiksa diri sendiri dengan fokus pada kesuksesan orang lain.

Dia bukan dirimu, sehingga bukan urusanmu dan bukan kepentinganmu untuk memikirkannya. Dengan tidak bisa melepaskan kebiasaan ini, kamu akan terus berkubang pada kesedihan karena mengasihani diri sendiri. Gak capek?

Kalau kamu merasa sudah memiliki pekerjaan yang nyaman; keluarga yang bahagia; atau kehidupan yang stabil, tapi tetap tidak merasa bahagia, bisa jadi karena kamu sudah melakukan kebiasaan di atas yang membuat kebahagiaanmu hilang seketika.

Baca Juga: 6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You