Comscore Tracker

Tak Melulu Buruk, 6 ‘Keegoisan’ Ini Justru Berdampak Baik, Lho!

Sudah egois kah hari ini?

Kata egois selalu identik dengan konotasi negatif atau tidak baik. Orang egois itu pasti semena-mena, semaunya sendiri dan tidak bisa diberitahu. Tapi, sebenarnya tidak semua keegoisan itu buruk, ada juga beberapa sikap egois yang justru itu baik untuk dilakukan.

Gak melulu buruk, berikut adalah enam kelakuan egois yang punya dampak positif. Kamu boleh kok melakukan semua hal ini dan tidak akan menyakiti siapa-siapa.

1. Menuntut kompensasi pada diri sendiri

Tak Melulu Buruk, 6 ‘Keegoisan’ Ini Justru Berdampak Baik, Lho!nytimes.com

Kamu telah bekerja keras dan tidak ada yang salah dari meminta kompensasi yang pantas pada diri sendiri. Kamu bisa pergi ke tempat yang sudah lama ingin kamu kunjungi, makan ice cream kesukaan atau beli benda-benda yang kamu mau.

Semua itu merupakan hadiah dari kamu untuk dirimu sendiri yang sudah berjerih lelah. Dengan begini kamu bisa lebih menghargai dirimu bahwa kamu bukan kuda yang harus bekerja tanpa kenal waktu.

2. Tidak melakukan apa-apa sama sekali

Tak Melulu Buruk, 6 ‘Keegoisan’ Ini Justru Berdampak Baik, Lho!imdb.com

Bukan egois, tapi reward seperti ini sebenarnya perlu dilakukan. Tidak produktif ketika sudah begitu keras bekerja merupakan hal yang pantas dilakukan. Tidak perlu merasa bersalah atau menyalahkan diri sendiri kalau kamu menghabiskan satu hari dengan tidak mengerjakan apa-apa. Asal kamu tahu batasan dan tidak jadi manja, maka hal egois satu ini butuh dilakukan.

3. Menolak untuk mendengar gosip

Tak Melulu Buruk, 6 ‘Keegoisan’ Ini Justru Berdampak Baik, Lho!behindthecurtain.com

Bukan berarti kamu sok suci atau merasa paling benar dengan tidak mau terlibat dalam percakapan gosip. Tapi dengan melakukan hal egois seperti menolak mendengar akan membersihkan dirimu dari pikiran yang buruk. Kebencian itu sangat menular, kalau kamu tidak bisa menjaga telingamu, maka kamu sendiri yang akan termakan keburukan tersebut.

Baca Juga: Biar Gak Dimanfaatkan, Ini 5 Alasan Logis Kamu Perlu Egois Sesekali

4. Berhenti menjadi ‘pundak’ untuk orang lain

Tak Melulu Buruk, 6 ‘Keegoisan’ Ini Justru Berdampak Baik, Lho!kpopmap.com

Bukan berarti kamu jadi tidak pedulian, tapi ada batasan ketika kamu membiarkan dirimu menolong orang lain. Terus-menerus menjadi pundak orang lain akan membuatnya manja dan tidak mau memikirkan jalan keluar untuk dirinya sendiri. Jadi baik tentu harus, tapi tidak dengan diam saja ketika dimanfaatkan. Sebagai teman, mendidik satu sama lain itu juga perlu.

5. Tidak mau menggabungkan kehidupan profesional dan pribadi

Tak Melulu Buruk, 6 ‘Keegoisan’ Ini Justru Berdampak Baik, Lho!en.koreaportal.com

Mungkin akan banyak yang mengatakan kamu tidak asik, tapi dengan melakukan hal egois satu ini kamu bisa jadi lebih bahagia. Bayangkan saja jika kamu tidak punya batasan yang jelas, kamu sendiri yang akan bingung untuk memisahkannya. Harus kamu sendiri yang tegas kalau tidak ingin ribet sendiri nantinya.

6. Cuek dengan pendapat orang lain

Tak Melulu Buruk, 6 ‘Keegoisan’ Ini Justru Berdampak Baik, Lho!koreandramaland.com

Bukan berarti kamu orang yang keras kepala atau tidak bisa diberitahu, tapi menjadi egois untuk tidak menyalahkan diri sendiri adalah hal yang penting. Jangan sampai karena kamu terlalu fokus pada pendapat orang, kamu jadi lupa untuk menganggap perasaanmu penting. Tidak apa-apa untuk cuek pada pendapat orang yang menjatuhkan kepercayaan dirimu.

Penting untukmu memerhatikan diri sendiri juga. Beda dengan memegahkan diri, semua kelakuan di atas harus dilakukan untuk kebaikanmu sendiri. Kalau kamu tidak bisa menyayangi diri sendiri, bagaimana kamu mengharapkan orang lain untuk menyayangimu juga, kan? Makanya, tidak ada salahnya kok lakukan enam hal egois di atas!

Baca Juga: Gak Egois Kok, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya