Comscore Tracker

Yuk, Introspeksi! 5 Sikap Buruk yang Sering Dipertahankan Tanpa Sadar

Jangan dibiasakan, saatnya berubah...

Tanpa sadar, ada banyak sikap buruk yang sering dipertahankan dalam hidup. Menjadi kebiasaan, sikap ini nantinya bisa berdampak buruk bagi diri sendiri dan juga orang sekitar. Kamu yang sudah paham dampaknya, sebaiknya segera mengubah kebiasaan buruk tersebut sebelum lebih banyak orang terluka karena hal itu.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa sikap buruk yang sering dipertahankan tanpa sadar. Walau sulit mengubahnya, kamu tetap harus berusaha, ya.

1. Doyan mengomel

Yuk, Introspeksi! 5 Sikap Buruk yang Sering Dipertahankan Tanpa Sadarthewrap.com

Apa-apa komplain, mengomel, marah, bergosip, julid, dan berbagai kegiatan lain yang membuatmu tampak jadi orang yang gak bisa dipercaya. Begini, kalau mulut saja gak bisa kamu kuasai, bagaimana sikapmu yang lain? Kalau kamu saja gak bisa pegang omongan, bagaimana orang lain mau percaya denganmu? Biasakan jaga mulut. Jangan sembrono!

2. Hobi menghakimi

Yuk, Introspeksi! 5 Sikap Buruk yang Sering Dipertahankan Tanpa Sadarsonomanews.com/

Menghakimi diri sendiri atau orang lain gak akan bikin kamu lebih baik dan bahagia. Sebaliknya, kamu gak akan pernah lepas dari "lubang" mengasihani diri sendiri yang nantinya berujung pada minder dan gak mau menggali bakatmu.

Kalau terbiasa menghakimi diri sendiri tanpa introspeksi, jangan salahkan diri kalau hanya kegagalan yang kamu rasakan dalam hidup.

Baca Juga: Gak Banget, 5 Sikap Buruk Ini Harus Kamu Hindari Saat Traveling

3. Control freak

Yuk, Introspeksi! 5 Sikap Buruk yang Sering Dipertahankan Tanpa Sadarcinemablend.com

Kamu gak akan bisa mengontrol semuanya. Itu karena kamu manusia biasa yang sarat akan kekurangan. Akan ada hal yang keliru dan kurang yang akan kamu lakukan. Itu sangat wajar, kok.

Kalau sekarang salah, nanti juga benar. Kalau sekarang benar, jangan sombong, nanti juga salah. Terlalu pusing mengontrol semuanya bakal bikin kamu darah tinggi sendiri.

4. Meragukan diri sendiri

Yuk, Introspeksi! 5 Sikap Buruk yang Sering Dipertahankan Tanpa Sadartheatlantic.com

“Nanti kalau gagal gimana?”, “Aku gak bisa melakukan itu”, “Pasti bukan aku yang diterima”, dan kalimat-kalimat lain yang intinya kamu sedang meragukan diri sendiri. Jangan ragu kalau memang kamu sudah melakukan yang terbaik. Kamu sudah cukup berusaha, sisanya ada sendiri yang mengatur. Jangan meragukan nilai yang kamu miliki.

5. Iri hati

Yuk, Introspeksi! 5 Sikap Buruk yang Sering Dipertahankan Tanpa Sadarimdb.com

Kamu gak suka temanmu lebih sukses dari kamu? Atau kamu merasa pencapaiannya itu gak murni karena usahanya? Kalau ada pikiran seperti itu muncul di pikiranmu, tandanya kamu sudah iri hati. Jangan lagi mempertahankan sikap toksik ini atau kamu yang bakal terluka. Kalau mau membandingkan terus, kamu gak akan pernah merasa cukup.

Mempertahankan semua sikap di atas hanya akan membuatmu berada dalam situasi sulit. Selain bikin orang lain terluka, kamu jadi kelihatan tidak menarik kalau punya semua sikap-sikap itu. Biasakanlah untuk menjadi versi dirimu yang lebih baik supaya kamu lebih bahagia, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Buruk yang Membuat Kita Dijauhi Orang Lain

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You