Comscore Tracker

Kalau Kamu Punya 5 Kualitas Ini, Tandanya Kamu Jahat Sama Diri Sendiri

Kamu bukan, sih?

“Aduh aku gendutan, nih,”; “Nanti diomongin lagi sama dia,”; “Kayaknya aku gak akan bisa deh begitu.” Pernah gak, sih, kamu memiliki kata hati seperti itu? Rasa minder memang kadang muncul tanpa bisa dicegah. Hal itu termasuk kejahatan pada diri sendiri yang gak kelihatan.

Nah, kalau kamu gak punya lima kualitas di bawah ini, tandanya kamu sudah terlalu jahat dengan diri sendiri!

1. Kamu malu dengan kekuranganmu

Kalau Kamu Punya 5 Kualitas Ini, Tandanya Kamu Jahat Sama Diri Sendirirebloggy.com

Kamu cenderung menutupinya dan malu dengan kurangnya dirimu. Dibanding dengan menerima diri sendiri, kamu menghabiskan waktu untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu merasa kamu jauh lebih kurang dibanding orang lain dan kamu benci dirimu sendiri.

2. Kamu mengalami kesulitan saat harus menolak sesuatu

Kalau Kamu Punya 5 Kualitas Ini, Tandanya Kamu Jahat Sama Diri Sendiritenor.com

Kamu takut pendapatmu gak cukup penting dan gak cukup berarti. Itu sebabnya kamu lebih baik mengyakan semua hal yang datang padamu, walaupun kamu sudah sangat kewalahan. Kalau kamu tidak segera menyadari bahwa itu salah, kamu sendiri yang akan terus terluka.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini 5 Alasan Nyata Minder Bikin Hubunganmu Rusak!

3. Kamu selalu meminta maaf untuk apa yang kamu rasakan

Kalau Kamu Punya 5 Kualitas Ini, Tandanya Kamu Jahat Sama Diri Sendiriflovalleynews.com

Kamu bahkan gak cukup berani mengakui perasaanmu karena tidak adanya rasa percaya diri. Kamu dengan gampang menganggap bahwa perasaanmu itu tidak penting hanya karena orang lain mengatakannya demikian. Kamu bersalah karena memperlakukan dirimu demikian jahatnya dan kamu seharusnya minta maaf dengan dirimu sendiri.

4. Kamu takut untuk minta tolong

Kalau Kamu Punya 5 Kualitas Ini, Tandanya Kamu Jahat Sama Diri Sendiriimdb.com

Kamu tidak berani dan merasa orang lain akan membicarakanmu jika kamu minta tolong. Padahal, tidak bisa atau tidak tahu tentang sesuatu adalah hal lumrah yang semua orang pasti merasakannya. Namun, kamu tetap fokus pada apa yang akan orang katakan sehingga kamu takut bertindak.

5. Kamu kesulitan mendukung orang lain

Kalau Kamu Punya 5 Kualitas Ini, Tandanya Kamu Jahat Sama Diri Sendiriweheartit.com

Karena cukup minder untuk bisa mendukung atau menolong orang lain, kamu lebih memilih diam saja. Padahal, kamu gak pernah sadar bahwa bisa jadi ada kemampuanmu yang dikagumi oleh orang lain dan dibutuhkan oleh mereka. Jika terus berkubang dalam rasa mindermu ini, selamanya kamu gak akan tahu nilai dirimu.

Kamu sudah jahat pada diri sendiri saat gak punya rasa percaya diri yang cukup. Rasa percaya diri gak bisa sekonyong-konyong muncul hanya karena kamu menginginkannya. Butuh pembiasaan yang konsisten untuk menjadikannya pola pikir yang kuat.

Kamu perlu mengakui dulu kalau kamu orang yang minderan dan bersedia mengubahnya jadi lebih baik. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Bagi Kamu yang Pemalu Agar Mudah Bergaul, Gak Perlu Minder!

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You