Comscore Tracker

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak Bahagia

Bahagia itu butuh tindakan...

Banyak orang menghabiskan waktunya untuk mencari kebahagiaan. Padahal kebahagiaan itu bukan untuk dicari tapi diciptakan. Jika kamu merasa kamu tidak bahagia, itu tandanya kamu belum tahu bagaimana cara menciptakannya. Tidak harus dapat lotre untuk bahagia, tidak punya apa-apa juga kamu bisa merasakan bahagia.

Cuma orang yang tidak bahagia yang tidak paham 8 hal di bawah ini. Mereka biasanya menganggap kebahagiaan itu datang dari sebuah keberuntungan atau suatu benda. Saat keduanya tidak ada, maka hilanglah kebahagiaan mereka juga.

1. Tindakan itu tidak selalu membawa kebahagiaan, tapi kebahagiaan butuh tindakan.

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak BahagiaPhoto by Andrew Avdeev on Unsplash

Semua tindakanmu boleh jadi tidak membawa kebahagiaan, tapi kebahagiaan tetap butuh tindakan. Kamu tidak bisa bahagia tanpa bertindak apa-apa. Contohnya saja optimis, optimispun adalah sebuah tindakan dan kamu akan terus terkungkung dalam kekhawatiran kalau kamu tidak bisa.

2. Ingat bahwa orang yang paling bahagia itu bukan mereka yang banyak menerima, tapi mereka yang banyak memberi.

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak BahagiaPhoto by Annie Theby on Unsplash

Jika kamu masih merasa bahwa menerima banyak hal akan membuatmu bahagia, maka kamu salah. Justru saat kamu memberi banyak hal, di situlah kamu merasakan kebahagiaan yang sebenarnya. Kamu akan merasakan bahwa dengan memberi kamu bukan hanya menciptakan kebahagiaan untuk dirimu, tapi untuk orang lain juga.

3. Tidak mudah menemukan kebahagiaan dalam dirimu, tapi tidak juga mustahil menemukan kebahagiaan di tempat lain.

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak BahagiaPhoto by Austin Neill on Unsplash

Jika kamu memang belum bisa menemukan kebahagiaan dalam dirimu, maka tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkannya di tempat lain. Dengan orang-orang yang kamu sayangi, atau di tempat seperti itu. Faktanya, kebahagiaan itu bukan sesuatu yang hebat terjadi dengan cepat, tapi sesuatu yang sederhana terjadi dengan lama.

4. Kebahagiaan bisa terjadi hanya dengan penerimaan.

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak BahagiaPhoto by Paul Green on Unsplash

Kamu tidak akan bisa bahagia jika kamu tidak menerima. Menerima keadaan, menerima kegagalan, menerima kesedihan dan menerima semua hal buruk yang kamu pikir itu tidak adil. Sebaliknya, jika kamu bisa menerimanya, di situlah kamu akan merasa bahagia.

Baca Juga: 7 Tanda Nyata Kamu Memang Terlahir Jadi Pemimpin Hebat

5. Kebahagiaan sering menyelinap di pintu yang tanpa sadar kamu biarkan terbuka.

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak BahagiaPhoto by Nadine Shaabana on Unsplash

Kamu mungkin tidak sadar, bahwa kamulah orang yang berperan dalam kebahagiaanmu sendiri. Kamu menganggap bahwa kamu bahagia karena hal lain, karena orang lain, tapi kamu tidak sadar kalau kamu bahagia adalah karena kamu mengizinkan dirimu merasakannya.

6. Musuh terbesar kebahagiaan manusia adalah penderitaan dan kebosanan.

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak BahagiaPhoto by Mihai Surdu on Unsplash

Dua hal itu tidak akan bisa kamu hindari. Tapi, bukan berarti tidak bisa kamu lewati. Kamu boleh saja merasa bosan atau sakit, tapi tidak sampai mengambil kebahagiaan yang kamu punya.

7. Kunci pertama untuk bahagia adalah tidak terlalu lama berkubang dalam masa lalu.

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak BahagiaPhoto by Alex Ivashenko on Unsplash

Kamu tidak akan bisa bahagia jika kamu tinggal tetap dalam lubang masa lalu yang tidak akan pernah membiarkanmu hidup di masa kini. Yang terjadi biarlah terjadi. Walau sakit, kamu tidak akan bisa mengembalikan masa lalu dan mengubahnya menjadi baik. Yang berlalu, biarlah berlalu. Relakan hatimu.

8. Kebahagiaan adalah tidak adanya usaha untuk mencapai kebahagiaan.

8 Hal Tentang Hidup yang Susah Dipahami Orang Gak BahagiaPhoto by Eye for Ebony on Unsplash

Ingat ini, saat kamu berusaha keras untuk mencapai kebahagiaan, justru di situlah kamu tidak bahagia. Kamu bahagia justru saat kamu tidak mengusahakan apapun untuk mencapainya. Kamu hanya merasakannya langsung. Secara instan.

Kalau kamu merasa kamu belum memahami hal di atas, itu tandanya kamu harus terima kenyataan kalau kamu belum bahagia. Jangan susah-susah cari kebahagiaan sampai kamu lelah, tapi cipatakan kebahagiaan dengan caramu sendiri. Kamu bisa bahagia sekalipun tidak ada hal yang membahagiakan terjadi.

Baca Juga: 8 Hal Penting yang Orang Takut Katakan Padahal Harus Disampaikan

Topic:

Berita Terkini Lainnya