Comscore Tracker

Aditira Hanim, Selebgram yang Ingin Ubah Pandangan Tentang Berat Badan

#AkuPerempuan Kata siapa cewek plus size gak bisa ngikutin tren?

Kamu yang update banget soal Instagram, pasti sudah gak asing lagi dengan akun @tiraemon. Cewek bernama lengkap Aditira Hanim ini bukan hanya memberikan dampak positif perihal busana untuk cewek plus size, tapi juga pengubahan mindset soal pandangan orang tentang berat badan.

Tidak sedikit orang masih saja menjadikan berat badan sebagai standar kecantikan seorang cewek. Kalau gemuk, gak bisa cantik. Atau kalau kurus, itu pasti cantik. Padahal, tidak bisa diukur segampang itu juga. Sama halnya dengan cowok yang tidak bisa dinilai buruk hanya karena tidak punya uang, kan? Dari kisah hidup Aditira Hanim, kamu yang masih mematokkan segala sesuatu dengan apa yang terlihat, perlu melebarkan cara berpikirmu.

1. Hidup dengan bully-an brutal, membuat Tira mencari cara untuk bertahan

Aditira Hanim, Selebgram yang Ingin Ubah Pandangan Tentang Berat BadanInstagram.com/tiraemon

Sejak duduk di bangku SD, Tira sudah kenyang dengan segala macam model bully-an. Tidak punya teman, termasuk disembur dengan kata-kata kasar dan menyakitkan tentang bentuk badannya pun seakan menjadi makanan cewek yang saat ini berusia 25 tahun ini.

Dirinya mengaku pernah melakukan diet ngawur saat SMP yang berujung buruk pada kesehatan lambungnya sampai sekarang. Hal tersebut membuatnya sadar, bahwa tindakan tanpa perhitungan akan mendatangkan celaka.

“Kalo kita punya sesuatu yang kita anggap sebagai kekurangan, ya kita harus pintar-pintar mengimbanginya dengan melabeli diri kita sendiri dengan hal yang baik.”

Tira berkata, kalau dirinya di bully karena bentuk badannya, maka dia harus mencari cara agar orang lain melupakan tentang label itu. Makanya sejak SD, Tira selalu menunjukkan prestasi yang memuaskan di sekolah dan dikenal sebagai anak yang pintar. Hal menakjubkan itulah yang dia jadikan acuan untuk bertahan.

Semua orang pasti punya kekurangan, tidak ada juga yang hidupnya hanya ada kekurangan saja tanpa kelebihan. Yang jadi tugas setiap orang adalah mencari apa kelebihan itu dan berusaha menempelkannya pada diri sendiri serta menjadikannya sebagai pegangan untuk merepresentasikan diri sendiri. Kalau kamu berkubang dalam mengasihani diri terus menerus, maka hidupmu akan terus sama – tersiksa. Kamu mungkin tidak bisa mengubah bagaimana kamu dilahirkan, tapi kamu selalu bisa mengubah pandanganmu terhadap dirimu sendiri.

2. “Cewek ideal itu cewek yang cerdas, yang artinya bisa memanfaatkan apa saja yang ada pada dirinya”

Aditira Hanim, Selebgram yang Ingin Ubah Pandangan Tentang Berat BadanInstagram.com/tiraemon

Menurut cewek asal Garut yang menjadikan Tess Holliday sebagai idolanya ini, cewek ideal itu cewek yang cerdas, yang bisa melihat segala peluang menguntungkan di antara banyaknya kerugian. Yang seimbang. Kalau hanya cantik, tanpa attitude dan mindset yang baik, maka tentu akan timpang.

Begitu juga dengan kamu yang mungkin sekarang punya kekurangan yang menyita seluruh emosi dan perhatianmu, maka gunakan emosi itu untuk mencari kelebihan yang bisa kamu tonjolkan, sehingga orang tidak akan fokus dengan apa yang kurang pada dirimu. Orang akan dengan mudah melupakan satu kekuranganmu, karena kamu punya segudang prestasi untuk dibanggakan.

Baca juga: Melanie Subono : Kata Mereka Saya Bukan Perempuan

3. Menjadikan media sosial sebagai alat penebar dampak positif sekaligus pengubahan cara pandang orang lain

Aditira Hanim, Selebgram yang Ingin Ubah Pandangan Tentang Berat BadanInstagram.com/tiraemon

Berawal dari bully-an teman kuliah yang mengatakan bahwa Tira hanya berani memposting foto bagian wajah saja, Tira membuktikan bahwa dia bangga dengan tubuhnya sendiri dengan memposting bagian tubuhnya dari atas sampai bawah. Tapi, kembali lagi, dia ingin membuat apa yang dia lakukan berdampak dengan memperhatikan busana yang dia kenakan. Fashion Korea atau OOTD lokal pun tak jarang dijadikannya acuan.

Sekarang, akunnya bukan hanya dijadikan acuan cewek plus size dalam memadu madankan pakaian, melainkan telah banyak yang mulai sadar bahwa cewek dengan berat badan berlebih bisa juga mengikuti tren, bisa juga melakukan apa saja yang dia mau dengan tubuhnya asal memiliki rasa percaya diri yang benar.

“Rasa percaya diri itu menyebar. Kalau kamu percaya dengan dirimu, orang lain akan percaya juga.”

4. Bagi Tira, hidup itu hanya tentang dua hal, menerima dan berubah

Aditira Hanim, Selebgram yang Ingin Ubah Pandangan Tentang Berat BadanInstagram.com/tiraemon

Kalau kamu merasa ingin mengubah bentuk tubuhmu, maka lakukan diet yang sehat. Sekarang sudah banyak sekali cara diet aman yang bisa ditiru; diet mayo, OCD, eike, dan lain sebagainya. Olahraga pun beragam dan bisa dilakukan di mana saja. Semuanya hanya soal keinginan saja, kalau mau berubah, ya usaha.

Tapi kalau kamu berada di sisi yang menerima, maka syukuri apa yang kamu punya dengan menjadikannya sesuatu yang membuatmu bangga. Yang tidak malah membuatmu jatuh tapi justru jadi alasanmu percaya dengan diri sendiri. Menerima diri sendiri itu juga berarti tidak malu, apalagi minder.

5. Berdamai dengan diri sendiri akan memberi dampak mencengangkan yang tidak bisa kamu bayangkan

Aditira Hanim, Selebgram yang Ingin Ubah Pandangan Tentang Berat BadanInstagram.com/tiraemon

Selain percaya pada diri sendiri dan menjadi positif, bagi Tira hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah berdamai dengan diri sendiri. Menyalahkan diri sendiri tidak akan membawa perubahan yang baik, sebaliknya, bisa jadi semakin terpuruk. Semua kekurangan malah akan jadi beban yang menyulitkanmu untuk maju. Mau bergerak seperti apapun juga, hasilnya tetap akan sama karena tidak bisa menerima keadaan.

Cewek yang mengambil jurusan Komunikasi ini juga mengatakan bahwa sebagai cewek, kamu harus kuat dengan caramu sendiri. Harus bisa punya mindset kalau kamu bisa menghancurkan semua pandangan buruk tentang dirimu dengan melakukan hal yang benar. Tidak gampang lemah, apalagi menyalahkan keadaan.

Dari semua struggle yang telah Tira hadapi perihal berat badannya, dia kini menjadi salah satu cewek paling diminati soal berpakaian. Caranya memadukan baju, celana, tas dan semua aksesoris cewek lainnya bahkan banyak ditiru oleh millennials. Aditira Hanim, adalah contoh nyata bahwa ukuran kecantikan seseorang tidak dilihat dari berapa banyak angka yang terpampang ditimbangan, melainkan dari cara pandang terhadap diri sendiri.

Life is so much more beautiful and complex than a number on a scale.” – Tess Holliday.

Baca juga: Peka Lingkungan, 7 Perempuan Ini Bergelut Sebagai Model & Aktivis

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You