Comscore Tracker

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifat

Jangan sampai besar badannya doang, tapi...

Setuju gak sih kalau usia yang banyak belum tentu jadi penentu seseorang itu dewasa? Setuju dong ya? Yang usianya banyak juga belum tentu punya kedewasaan yang lebih matang dari yang masih muda. Semuanya tergantung dari masing-masing pribadi. Tidak bisa diukur hanya dari satu sisi saja.

Ada 8 tanda nyata bahwa kamu berhasil jadi orang dewasa bukan cuma usia atau badanmu saja. Cek sendiri ya, kamu yang tahu apakah kamu ini dewasa atau tidak.

1. Lingkup pertemananmu semakin mengecil

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifatcollider.com

Kamu tidak lagi fokus dengan pertemanan yang banyak dan menyenangkan tapi tidak bertahan lama. Kamu hanya fokus dengan orang-orang tertentu yang memang akan selalu ada dalam hidupmu dalam waktu yang lama. Sadar untuk menghindari drama, lebih tepatnya.

2. Kamu tidak nyaman dengan tempatmu sekarang

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifatimdb.com

Kamu tahu bahwa hidup butuh perubahan, di situlah tanda bahwa kamu sudah dewasa. Kamu memulai perlahan bagaimana seharusnya kamu hidup, apa yang harus kamu lakukan, apa yang tidak, mana yang baik, mana yang tidak boleh dilakukan. Kamu mulai paham untuk menata diri, menata keuangan dan menata pikiranmu

3. Kamu tidak takut gagal

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifatcollider.com

Kamu tidak lagi memikirkan bagaimana kalau kamu gagal, bagaimana kalau kamu tidak bisa, bagaimana kalau hasilnya tidak baik, tapi kamu sudah mulai berani bertindak dan menghadapi semuanya sesuai seharusnya. Kamu tidak lagi peduli apakah kamu akan gagal atau berhasil yang penting kamu telah melakukan yang terbaik.

4. Kamu menghabiskan lebih banyak waktu sendiri

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifatimdb.com

Untuk memikirkan apa yang harus kamu lakukan dalam hidupmu, untuk merenungkan kesalahan, untuk memperbaiki diri. Kamu tidak lagi suka dengan perkumpulan yang tidak penting. Kamu mulai menjalin hubungan baik dengan kesendirian, dan paham bahwa kesendirian bukan sebuah kesalahan.

Baca juga: 8 Tanda Tak Terduga Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Cuek

5. Kamu tidak memikirkan apa yang orang lain katakan tentangmu

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifatimdb.com

Kamu jadi orang yang percaya pada dirimu sendiri, jadi orang yang lebih mengutamakan kebahagiaanmu dan jadi orang yang paham bahwa tidak semua perkataan orang harus dimasukkan ke hati atau dipikirkan sampai berhari-hari.

6. Kamu selektif dalam mencari pasangan

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifatimdb.com

Tidak sekadar asal gak jomblo, tidal asal punya pacar, tidak sembarang yang penting gak sendiri. melainkan kamu jadi lebih selektif, karena kamu tahu tidak ada gunanya menjalin hubungan dengan main-main.

7. Kamu menghabiskan sedikit waktu di media sosial

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifatfanpop.com

Kamu yang sudah dewasa akan sadar, bahwa hal-hal yang kamu lihat dengan nyata itu lebih berharga dari apa yang kamu lihat pada layar ponsel. Kamu tidak lagi peduli dengan gosip, kamu bahkan menjauhinya. Kamu tahu prioritas, orang dewasa itu tahu prioritas.

8. Kamu bertanya tentang dirimu sendiri setiap saat

8 Tanda Jujur Kamu Berhasil Bertambah Dewasa dalam Sikap dan Sifatfanaru.com

Kamu menanyakan apakah jalan yang kamu ambil sudah benar, apakah caramu bersikap itu sudah seharusnya, apakah kamu sudah melakukan yang terbaik, kamu menanyakan dirimu setiap waktu. Hal ini sama dengan refleksi diri, agar kamu paham bahwa ketidak sempurnaan itu bukan alasan untuk tidak berkembang.

Ketidak dewasaan akan membuat hidupmu jadi lebih rumit dari seharusnya. Entah itu dalam hubunganmu dengan orang lain atau hubunganmu dengan dirimu sendiri. Jadi cuma kamu sendiri nih yang bisa jawab, kamu itu sebenarnya sudah dewasa, atau cuma banyak usiamu saja?

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Musik Bisa Bikin Perasaanmu Jadi Lebih Baik

Topic:

Berita Terkini Lainnya