Comscore Tracker

5 Pertanyaan yang Bakal Membantumu Terhindar dari Belanja Impulsif

Siapa yang sering checkout di tanggal kembar?

Menjelang akhir tahun, promo, diskon, flash sale membanjir di berbagai e-commerce dan online shop. Apalagi kemudahan yang ditawarkan saat berbelanja online bikin kita semakin tergoda untuk belanja di momen-momen khusus itu. Siapa, nih yang sudah ga tahan?

Tunggu dulu, jika tidak dikendalikan pengeluaran bisa membengkak, lho. Biar gak terlanjur, yuk filter diri dengan menanyakan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk melakukan belanja yang impulsif. 

1. Apakah kamu beneran butuh atau cuma pengin?

5 Pertanyaan yang Bakal Membantumu Terhindar dari Belanja Impulsifilustrasi belanja (pexels.com/Tim Douglas)

Kebutuhan dan keinginan perbedaannya sangat tipis. Biasanya promo atau flash sale dijadikan alasan ketika kita akan checkout barang di e-commerce. Padahal sebenarnya barang itu belum urgent kita butuhkan. Apakah kamu masih sering salah saat membedakannya? Yuk, mulai tegas dalam menentukan skala prioritas.

2. Apakah keuangan mencukupi?

5 Pertanyaan yang Bakal Membantumu Terhindar dari Belanja Impulsifilustrasi belanja online (pexels.com/Liza Summer)

Selalu perhatikan keuanganmu. Apakah kamu sudah menyisihkan uang khusus untuk membeli barang tersebut? Jangan sampai kamu mengambil cicilan hanya untuk memenuhi keimpulsifan itu. Rencana keuangan bisa buyar dalam sekejap! Jadi, pastikan kamu sudah menyisihkan uang sebelum berbelanja. 

Baca Juga: 5 Kesulitan yang Disebabkan oleh Sifat Impulsif, Kamu Mengalaminya?

3. Apakah dalam jangka waktu satu minggu masih bisa hidup tanpa barang itu?

5 Pertanyaan yang Bakal Membantumu Terhindar dari Belanja Impulsifilustrasi belanja sepatu (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Salah satu cara menilai barang yang benar-benar kita butuhkan dan yang tidak adalah dengan mempertimbangkan hal ini. Jika dalam satu minggu kamu merasa hidupmu masih bisa berjalan baik tanpa barang tersebut, tandanya kamu belum terlalu membutuhkannya. Namun, jika kamu menilai selama satu minggu bakal tidak nyaman tanpa barang tersebut berarti kamu memang benar-benar membutuhkannya.

4. Sudahkah cek dan re-check barang yang akan dibeli?

5 Pertanyaan yang Bakal Membantumu Terhindar dari Belanja Impulsifilustrasi riset sebelum belanja (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebab tindakan belanja impulsif biasanya dilakukan secara tiba-tiba, maka kadang kamu jarang berpikir panjang. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya selalu cek dan re-check terlebih dahulu barang yang akan kamu beli. Apakah spesifikasinya sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan? Apakah ada opsi yang lebih terjangkau dengan spesifikasi senada? Dengan melakukan double check, kamu bisa terhindar dari kantong kering, lho.

5. Sudah punya checklist khusus belanjaan belum?

5 Pertanyaan yang Bakal Membantumu Terhindar dari Belanja Impulsifilustrasi membuat checklist (pexels.com/Amina Filkins)

Checklist ini bakal sangat membantu kamu yang suka tiba-tiba ingin belanja ini itu. Saat kamu mulai tergiur untuk memborong berbagai barang di flash sale, checklist ini akan berguna sebagai pengingat.

Berbelanja di saat diskon, tanggal cantik, dan flash sale memang sangat menguntungkan. Namun, kalau kebablasan bisa membahayakan keuangan. Yuk, selalu buat pertimbangan dua kali dengan menanyakan kelima hal di atas.

Baca Juga: 8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Aja

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Menulis untuk mengurai pikiran rumit di kepala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya