Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Terjebak di Zona Nyaman, Enak tapi Berbahaya

Jangan-jangan selama ini kamu tidak sadar kalau sedang terjebak?

Zona nyaman adalah kondisi dimana hidup minim risiko, jarang stres karena kurang tantangan, dan berada pada kondisi yang sangat menenangkan. Kondisi yang nyaman memang menyenangkan pada awalnya, tapi pada akhirnya hidup kita akan semakin tumpul karena jarang diasah.

Kondisi ini bisa dialami di berbagai area kehidupan. Faktor karakter, karier, percintaan, keuangan, hubungan pertemanan, dan lain sebagainya sangat mungkin menciptakan fase terlalu nyaman. Meski terlihat nikmat dan baik-baik saja, hal ini bisa jadi berbahaya kalau kita gak buru-buru sadar sedang terjebak di zona nyaman.

Biar gak keterusan, kamu perlu memperhatikan dirimu sendiri lebih dalam. Kelima rambu-rambu ini mungkin bisa membantumu menemukannya. Langsung saja simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Mulai tidak ada tantangan

5 Tanda Kamu Terjebak di Zona Nyaman, Enak tapi Berbahayailustrasi petualangan (pexels.com/Nina Uhlíková)

Banyak pepatah yang mengatakan bahwa, "live is an adventure". Hal itu tak terlepas karena kita selalu dihadapkan dengan hal baru setiap harinya yang harus kita taklukkan.

Tetapi, jika kamu merasa hidupmu gitu-gitu aja dan cenderung monoton, mungkin itu tanda bahwa kamu mulai terjebak di zona nyaman. Coba perhatikan lebih dalam, apakah hal itu sudah kamu rasakan?

2. Sudah hafal semua yang dikerjakan di luar kepala

5 Tanda Kamu Terjebak di Zona Nyaman, Enak tapi Berbahayailustrasi bekerja (pexels.com/Anna Shvets)

Karena yang dilakukan sudah berulang-ulang, maka kamu sudah hafal semuanya di luar kepala. Tidak perlu bantuan orang lain, dengan waktu yang cepat kamu bisa selesaikan semua hal yang perlu jadi aktivitas sehari-harimu.

Oleh sebab itu hidupmu terkesan tidak ada tantangan baru yang bisa meningkatkan kemampuan diri. Meskipun hal tersebut merupakan hal yang bagus, di sisi lain hidupmu jadi terlalu monoton karena jarang mendapatkan tantangan.

Baca Juga: 5 Sinyal bahwa Kamu Sedang Berada di Zona Nyaman, Berani Keluar?

3. Tidak ada cerita baru dalam hidup 

5 Tanda Kamu Terjebak di Zona Nyaman, Enak tapi Berbahayailustrasi dapat pengalaman baru (pexels.com/Amina Filkins)

Salah satu indikasi kamu telah terjebak di zona nyaman ketika akhir-akhir ini kamu tidak menjumpai pengalaman baru, tantangan baru, pelajaran baru, ataupun koneksi baru. Tidak ada cerita baru yang bisa diceritakan kepada orang lain karena semua cerita yang kamu miliki sudah out of date atau kadaluarsa.

Hari-harimu pun jadi terasa hambar. Padahal, pepatah mengatakan bahwa "life is never flat". Hal ini merupakan warning kalau kamu sudah terjebak di zona nyaman.

4. Takut dengan perubahan

5 Tanda Kamu Terjebak di Zona Nyaman, Enak tapi Berbahayailustrasi kenyamanan (pexels.com/Michael Burrows)

Karena terlalu nyaman, maka kondisi yang kamu menganggap kondisi saat ini adalah situasi yang terbaik. Padahal, bakal banyak kesempatan-kesempatan berharga yang sebenarnya bisa kamu raih ketika kamu berani keluar dari zona nyamanmu itu.

Ketakutan dengan perubahan justru akan menghambat perkembangan. Jadi, sebelum ketakutan terus menghantuimu, segera ambil langkah untuk keluar dari zona nyaman itu, yuk!

5. Hidup terasa membosankan

5 Tanda Kamu Terjebak di Zona Nyaman, Enak tapi Berbahayailustrasi bosan (pexels.com/cottonbro)

Seolah tidak ada gairah lagi dalam menjalani hidup, kehidupan yang kamu jalani terasa terlalu monoton dan membosankan. Bangun pagi jadi gak bersemangat dan hidup rasanya seperti robot.

Yuk, coba temukan kembali alasan di setiap hal yang kamu kerjakan itu. Kemudian, jadikan alasan itu bahan bakar bagi kamu menjalani kehidupan sehari-hari. 

Tidak ada yang tidak kebal dengan zona nyaman karena kondisi ini bisa menyerang siapa saja. Semakin dini kita keluar dari zona itu, semakin cepat kita menyadari bahwa ada banyak kesempatan dan pelajaran berharga yang terbuka di depan mata. Jangan sampai kesempatan itu terlewat ya, guys!

Baca Juga: 5 Langkah Realistis Keluar dari Zona Nyaman, Gak Seram Kok 

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

Mengurai pikiran lewat tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya