Comscore Tracker

Kendalikan Diri, 5 Hal yang Gak Boleh Berubah Meski Sudah Sukses

Jangan sampai lupa daratan!

Manusia adalah pribadi yang dinamis. Jadi jangan heran kalau kesuksesan bisa mengubah seseorang. Yang dulunya baik bisa menjadi lebih baik atau sebaliknya. Apa pun bisa terjadi kalau tidak bisa mengendalikan diri. 

Oleh karena itu, sifat, tindakan, dan perkataan perlu dijaga agar tidak kebablasan. Ini dia 5 hal yang harus selalu kita ingat dan tanamkan terus di dalam diri biar gak lupa daratan alias tetap rendah hati apalagi saat sudah sukses.

1. Jangan jadi seperti kacang lupa kulitnya

Kendalikan Diri, 5 Hal yang Gak Boleh Berubah Meski Sudah Suksesilustrasi family time (pexels.com/Vlada Karpovich)

Ibarat kacang lupa kulitnya, dia lupa dari mana dia berasal. Begitu juga saat kita sudah sukses, jangan sampai segala kenikmatan yang kamu terima ini bikin kamu lupa diri. Ada orang-orang di balik layar yang terus memberi dukungan, dorongan, dan motivasi. Mereka yang tetap bertahan ketika kamu susah adalah orang-orang yang tidak perlu diragukan lagi kesetiaannya. 

2. Rasa ingin tahu yang tinggi untuk terus belajar

Kendalikan Diri, 5 Hal yang Gak Boleh Berubah Meski Sudah Suksesilustrasi wanita sedang belajar (pexels.com/Ivan Samkov)

Belajar itu tidak kenal batasan waktu, tempat, bahkan usia. Sukses bukan berarti lantas berhenti belajar. Justru inilah kesempatan untuk belajar hal baru lagi. Jangan sampai ketinggalan informasi karena pengetahuan akan terus berkembang. Siapa tahu kan, ada peluang-peluang yang bisa terbuka ketika kita terus mengasah diri dengan belajar. 

3. Rasa syukur setiap hari

Kendalikan Diri, 5 Hal yang Gak Boleh Berubah Meski Sudah Suksesilustrasi bersyukur (pexels.com/Tranmautritam)

Rasa syukur itulah yang menjaga kita untuk terus rendah hati. Semua yang kita miliki bukan hasil dari usaha kita sendiri, tapi ada restu dari semesta yang membuat itu semua terjadi. Jadi, tidak ada alasan untuk kita menyombongkan diri atas semua kesuksesan kita. Tanpa rasa syukur, hidup tidak akan pernah merasa puas. Sudahkah kamu bersyukur hari ini?

Baca Juga: 5 Alasan Kuat Tidak Perlu Mengikuti Standar Kesuksesan Orang Lain

4. Pertahankan integritas dalam kondisi apa pun

Kendalikan Diri, 5 Hal yang Gak Boleh Berubah Meski Sudah Suksesilustrasi orang sedang rapat di kantor (pexels.com/Thirdman)

Integritas bisa juga dikatakan kejujuran. Nilai kejujuran ini harus jadi prioritas di segala situasi. Dengan integritas orang-orang bisa menilai ketulusan dan keseriusan kita. Jangan sampai tawaran-tawaran menggiurkan dengan cara yang salah itu menggoda kita untuk meraih kesuksesan yang lebih tinggi lagi.

Dengan integritas tinggi, kita juga tidak dengan mudah memanfaatkan posisi untuk medapat sesuatu yang kita mau. Jaga terus integritas!

5. Meluangkan waktu dengan orang tersayang

Kendalikan Diri, 5 Hal yang Gak Boleh Berubah Meski Sudah Suksesilustrasi kumpul keluarga (pexels.com/August de Richelieu)

Kamu mungkin akan merasa kalau dirimu semakin sibuk seiring dengan tanggung jawab yang dipikul. Kadang kita harus membayar sebuah kesuksesan dengan berkurangnya waktu bersama orang-orang yang penting dalam hidup. Maka dari itu, ketika waktu berkumpul itu tiba rasanya akan jadi saat yang paling berharga. 

Sesibuk apa pun tetap luangkan waktu bersama mereka, entah bertemu langsung atau secara virtual. Karena kebersamaan itulah yang me-recharge energimu untuk menghadapi kerasnya kehidupan.

Saat sukses bukan berarti hidup langsung happily ever after, tapi ada juga tantangan yang harus dihadapi. Teruslah berjuang untuk menghadapi tantangan itu, baik tantangan dari dalam diri maupun tantangan dari luar. Tidak lupa juga untuk terus menjaga kelima hal di atas agar kita bisa mengalami keberhasilan-keberhasilan lain.

Baca Juga: 5 Hal yang Terlupakan ketika Melihat Kesuksesan Orang Lain

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Menulis untuk mengurai pikiran rumit di kepala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya