Comscore Tracker

Demi Mental Lebih Sehat, 5 Sinyal Kamu Butuh Istirahat Sejenak

Jangan paksakan diri 

Berada di dalam tekanan dan kehidupan yang berjalan sangat cepat tentu menguras energi. Beban tanggung jawab yang dipikul bikin hidup terasa lebih berat dijalani terutama ketika stres melanda. Fisik maupun mental jadi mudah terganggu.

Oleh karena itu mulai peka dengan diri kita yuk. Siapa tahu kamu perlu beristirahat dulu dari kesibukan. Lima sinyal yang diberikan tubuhmu ini akan jadi tanda awal kamu perlu segera rehat sejenak.

1. Mudah berpikiran negatif

Demi Mental Lebih Sehat, 5 Sinyal Kamu Butuh Istirahat Sejenakilustrasi berpikiran negatif (pexels.com/Burst)

Siapa nih yang tiba-tiba suka overthinking? Sebenarnya pikiran itu bukan muncul tanpa sebab, tentu ada pemicunya. Pemicu bisa dari luar maupun dari dalam diri sendiri.

Ketika kamu mulai lelah, stres, kecenderungan yang dilakukan adalah berpikiran negatif. Segala hal dengan mudah dipandang dari sisi negatifnya. Padahal dari semua hal itu kita masih bisa memandang dari sisi positifnya. 

2. Gak fokus dengan apa yang dikerjakan di depan mata

Demi Mental Lebih Sehat, 5 Sinyal Kamu Butuh Istirahat Sejenakilustrasi tidak fokus (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sinyal yang kedua adalah sering gagal fokus. Karena dituntut untuk bisa mengerjakan banyak hal dalam jangka waktu yang cepat bakal bikin pikiran kita ga cukup istirahat. Alhasil konsentrasi jadi berkurang. Di saat seperti ini, yang kamu perlu lakukan adalah menenangkan pikiran sejenak. Cobalah untuk mengatur ulang prioritas dan pikiranmu supaya bisa lebih fokus.

3. Fisik tidak baik-baik saja 

Demi Mental Lebih Sehat, 5 Sinyal Kamu Butuh Istirahat Sejenakilustrasi fisik tidak sehat (pexels.com/MART PRODUCTION)

Apa yang kita pikirkan bisa berdampak ke fisik kita. Ketika sedang stres atau cemas, tubuh kita bisa bereaksi dengan pusing kepala, maag, terengah-engah, sesak napas, dan lain sebagainya. Bisa saja yang kita lakukan adalah hal yang rutin dikerjakan, namun ketika kondisi sedang stres tubuh kita jadi mudah lelah dan imun melemah. Jadi hati-hatilah dalam bersikap ketika sedang berada dalam tekanan.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental

4. Merasa kurang berenergi

Demi Mental Lebih Sehat, 5 Sinyal Kamu Butuh Istirahat Sejenakilustrasi jalan-jalan (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Sekalipun kamu merasa cukup tidur, tapi rasanya pikiran dan badan masih terasa capek. Ketika sedang menyelesaikan pekerjaan, seolah-olah dibutuhkan waktu dua hari untuk menyelesaikan pekerjaan yang biasanya bisa diselesaikan dalam waktu setengah. Perasaan tidak bersemangat menjalani hari adalah tanda-tanda kamu perlu istirahat sejenak.

5. Ada perubahan pola makan maupun pola tidur

Demi Mental Lebih Sehat, 5 Sinyal Kamu Butuh Istirahat Sejenakilusrasi binge eating (pexels.com/Katerina Holmes)

Entah kamu jadi susah tidur atau pola makan jadi tidak teratur, waspadai itu semua. Sadari kalau perubahan yang terlalu drastis itu disebabkan karena kamu sedang stres. Biasanya perubahan pola itu akan diiringi dengan bertambahnya stres dan tubuh jadi gampang drop. Yuk tetap jaga pola makan dan tidurmu!

Jangan terlalu memaksakan diri jika dirimu sudah memberikan alarm-alarm di atas. Kita membutuhkan istirahat untuk menjaga hidup tetap seimbang. Yuk mulai aware dengan diri masing-masing! 

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental Sama Pentingnya dengan Kesehatan Jasmani 

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

Mengurai pikiran lewat tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya