Comscore Tracker

Obrolanmu Mulai Garing? Coba 5 Trik Ini Biar Makin Asyik

Temuin hal baru di setiap obrolannya 

Udah mulai bosen ngobrol sama temen, pasangan, atau keluarga tapi cuma muter-muter di situ aja? Pasti pengen banget kan, tiap kali ngobrol dapetin insight baru? Biar waktu yang dipake buat ngobrol ga sekadar haha hihi aja, tapi bisa buat brainstorming bareng.

Nah, kalian bisa coba terapkan 5 hal ini saat ngobrol dengan mereka. Yuk check this out!

1. Memperluas ilmu dan sudut pandang 

Obrolanmu Mulai Garing? Coba 5 Trik Ini Biar Makin Asyikunsplash.com/Ben White

Hal pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan diri dengan menyerap ilmu seluas-luasnya. Siapkan amunisi bahan obrolan sebanyak-banyaknya. Karena terkadang pembicaraan menjadi stuck karena sudah tidak ada yang diobrolkan lagi. Akhirnya malah berujung julid atau sibuk dengan handphone masing-masing.

Dengan memperluas ilmu, baca berita terkini, perluas sudut pandang, akhirnya topik yang bisa diangkat dalam suatu obrolan menjadi semakin kaya dan hidup. Apalagi di zaman serba digital ini, ilmu bisa dipelajari dari mana saja dan gratis pula. Jadi jangan terlalu banyak alasan untuk memulai belajar dan memperlebar kapasitas diri kita ya.

2. Cepat untuk mendengar dan lambat untuk berkata-kata 

Obrolanmu Mulai Garing? Coba 5 Trik Ini Biar Makin Asyikpexels.com/mentatdgt

Menjadi pendengar yang baik adalah kemampuan yang harus dikembangkan saat ingin menciptakan obrolan yang hidup. Kesel banget kan kalau lagi ditengah-tengah bicara terus pembicaraan kita dipotong sama lawan bicara.

Memang terkadang ego kita ini bergejolak untuk ingin cepat-cepat bicara, tetapi tahan dulu. Tunggu sampai lawan bicaramu selesai bicara baru tanggapi. Tenang, akan ada waktunya kamu angkat bicara. Tunjukkan sikap menghargai dengan menjadi pendengar yang baik.

3. Eye contact dan taruh gadgetmu 

Obrolanmu Mulai Garing? Coba 5 Trik Ini Biar Makin Asyikpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Selain belajar untuk jadi pendengar yang baik, eye contact juga salah satu faktor menciptakan obrolan yang seru. Dengan melihat mata lawan bicara, kita sedang menunjukkan kalau kita menghargai mereka. Oleh karena itu, selama mengobrol simpan gadget-mu dan berikan perhatian penuh ke lawan bicara kita. Bukalah gadget hanya ketika ada hal yang benar-benar mendesak.

Nah, kalau kalian ngobrol sambil makan, bagi dengan adil perhatianmu pada makanan dan pembicaraan yang ada. Pastikan juga kamu tidak terlalu fokus pada makananmu tapi ke lawan bicaramu.  

Baca Juga: 5 Respons yang Menandakan Orang Tak Tertarik Mengobrol denganmu 

4. Jangan berlagak sok tahu 

Obrolanmu Mulai Garing? Coba 5 Trik Ini Biar Makin Asyikunsplash.com/Austin Distel

Kalau kita sudah paham dan menguasai topik yang sedang dibicarakan, jangan merasa sok tahu ya. Posisikan diri kita tetap rendah hati dan mau belajar. Meskipun di poin pertama dikatakan untuk terus perluas ilmu kita, tapi bukan berarti saat sudah menguasainya lalu menjadi sok tahu dan menggurui.

Sikap sok tahu ini akan membuat lawan bicara tidak nyaman bersamamu. Hargai lawan bicaramu dan apa yang dia bicarakan. 

5. Tunjukkan gestur yang baik dan jangan lupa tersenyum 

Obrolanmu Mulai Garing? Coba 5 Trik Ini Biar Makin Asyikunsplash,com/Anna Vander Stel

Jika sepanjang mengobrol kita terus cemberut, menundukkan kepala, memperlihatkan gesture yang tidak nyaman, pasti akan membuat obrolan semakin suram dan rasanya ingin buru-buru menyelesaikan obrolan. Jadi, berikanlah senyuman yang terbaik pada lawan bicaramu. Karena senyuman itu menular, maka lakukan ini pula sebagai kunci meningkatkan kualitas obrolanmu.

Nah itu dia lima langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan kembali obrolanmu dan kuncinya adalah saling menghargai. Sudah siap untuk mempraktekannya?

Baca Juga: Ini Lho 5 Zodiak Cowok yang Paling Seru Buat Diajak Mengobrol

Stephanie Priyanka Photo Writer Stephanie Priyanka

Mencoba terus bergerak dengan terus menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya