Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Mengurangi Mendahulukan Gengsi Mulai Sekarang

Gengsi terkadang bikin kita susah sendiri

Sikap tidak pernah puas serta menganggap diri sendiri tidak butuh bantuan memang sulit untuk dihilangkan. Terlalu terpaku mengenai harga diri juga tidak terlalu baik karena secara tidak langsung ada banyak hal yang bisa kamu tutupi.

Berikut ini adalah lima asalan kamu harus mengurangi mendahulukan gengsi mulai sekarang, yuk simak!

1. Membuatmu mengurangi berbohong 

5 Alasan Kamu Harus Mengurangi Mendahulukan Gengsi Mulai SekarangIlustrasi sedang mengobrol (Unsplash.com/Solarfri)

Gengsi menjadi salah satu cara menutupi kekurangan dalam diri. Tidak jarang kita menyangkal kekurangan tersebut dengan kebohongan serta sikap tidak peduli. 

Meski begitu, tidak baik untuk terus menyangkal dan bersikap tidak terima dengan keadaan. Itu akan membuat kamu terus memaksakan diri sehingga semakin merasa lelah.

2. Berani meminta bantuan 

5 Alasan Kamu Harus Mengurangi Mendahulukan Gengsi Mulai SekarangIlustrasi membantu orang lain (Unsplash.com/Jmuniz)

Banyak hal yang bisa dikaitkan dengan gengsi, salah satunya adalah gengsi meminta bantuan pada orang lain. Sering kali kita merasa lebih baik melakukan suatu hal daripada orang lain, bahkan merasa lebih mampu dan tidak memerlukan bantuan.

Namun, itu tidak selalu benar. Ada kalanya kita harus meminta bantuan untuk beberapa hal. Gengsi meminta bantuan akan membuat kamu kesulitan sendiri.

Baca Juga: Pria Jangan Suka Gengsi, Lakukan 5 Hal Ini saat Meminta Maaf! 

3. Mengurangi terpaku pada pengakuan 

5 Alasan Kamu Harus Mengurangi Mendahulukan Gengsi Mulai SekarangIlustrasi melihat orang lain (Unsplash.com/Mehdizadeh)

Mulai mengurangi mendahulukan gengsi akan membuat kamu menjadi lebih apa adanya sebab kamu bisa mengakui kekurangan yang dimiliki. Tidak menutup kemungkinan kamu menyadari kelebihan yang sebenarnya ada dalam diri.

Selain itu, kita juga bisa mengurangi untuk terpaku pada pengakuan dari orang lain. Mungkin hidup orang yang kamu anggap menyenangkan tidak selalu seperti apa yang kamu bayangkan.

4. Tidak memandang orang lain sebelah mata 

5 Alasan Kamu Harus Mengurangi Mendahulukan Gengsi Mulai SekarangIlustrasi membantu orang lain (Unsplash.com/Jontyson)

Keadaan sosial sering sekali menjadi penyebab orang dipandang sebelah mata. Merasa kedudukan lebih tinggi terkadang membuat beberapa orang menjadi merasa lebih hebat, bahkan merasa tidak membutuhkan bantuan.

Sangat penting untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain, terlebih lagi dengan pencapaian mereka. Meski memiliki kedudukan di atas, jangan biarkan gengsimu lebih besar daripada sikap baikmu.

5. Tidak memaksakan diri 

5 Alasan Kamu Harus Mengurangi Mendahulukan Gengsi Mulai SekarangIlustrasi sedang sedih (Unsplash.com/Anthonytran)

Menutupi kebohongan dengan kebohongan dan memaksakan terlihat sempurna untuk mendapat pengakuan dari orang lain membuat gengsi kamu semakin tinggi. Mengeluarkan dan memaksakan diri dari apa yang sebenarnya tidak dimiliki belum tentu akan membuatmu benar-benar nyaman.

Mengurangi mendahulukan gengsi demi membuat diri sendiri nyaman bukan hal yang buruk. Jangan sampai banyak hal yang kamu usahakan hanya berdasar dari pengakuan orang lain semata.

 

Terlihat baik di hadapan orang lain memang tidak salah, tapi jangan sampai membuat kamu menjadi terbebani. Gimana, nih, menurut kamu?

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Tak Gengsi Menunjukkan Rasa Sayang

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya