Comscore Tracker

5 Manfaat Ini Bakal Kamu Rasakan saat Mulai Membiasakan Journaling

Membantu mengurangi beban pikiran 

Setiap orang memiliki kegitan tersendiri yang dilakukan sepanjang hari. Tentunya, perasaan yang dirasakan juga bisa berbeda seiring bergantinya hari. Journaling jadi salah satu cara yang tepat, untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, kegiatan yang sudah kita lakukan sepanjang hari. 

Berikut di bawah ini adalah lima manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mulai membiasakan diri journaling, yuk simak! 

1. Fokus pada tujuan 

5 Manfaat Ini Bakal Kamu Rasakan saat Mulai Membiasakan JournalingIlustrasi sedang menulis (unsplash.com/Lilartsy)

Bukan hanya sekedar untuk menyampaikan apa yang dirasakan dan pikirkan, journaling juga bisa membuat kamu fokus pada tujuan. Kamu bisa menuliskan tujuan atau impian yang ingin kamu capai dalam waktu dekat. 

Ini akan membantu kamu menjadi lebih fokus, serta menjadi pengingat jika ada suatu tujuan yang harus kamu gapai. Kamu juga bisa lebih termotivasi, lho! 

2. Membantu lebih produktif 

5 Manfaat Ini Bakal Kamu Rasakan saat Mulai Membiasakan JournalingIlustrasi sedang bekerja (unsplash.com/Josephgruenthal)

Journaling akan membuat kita terbiasa untuk menulis apa kegiatan yang sudah dilakukan sepanjang hari. Tidak jarang juga mereka yang sudah terbiasa journaling, menambahkan kegiatan baru untuk dicoba. 

Secara tidak langsung kita akan menjadi lebih produktif, sebab nantinya kegiatan tersebut akan ditinjau kembali. Dengan ini kita jadi tahu, nih, sedikit perkembangan pada diri sendiri. 

3. Mengekspresikan pemikiran dan ide 

5 Manfaat Ini Bakal Kamu Rasakan saat Mulai Membiasakan JournalingIlustrasi sedang menulis (unsplash.com/Thoughtcatalog)

Tidak sedikit orang yang sulit menceritakan pemikiran, keluh kesah, atau beban yang dirasakan. Jika itu hanya disimpan sendiri, tekanan juga akan terasa semakin bertambah. 

Buat kamu yang kurang terbiasa bercerita dengan orang lain, kamu bisa menggunakan journaling untuk mengekpresikan perasaan yang sedang dirasakan. Kamu bisa melepaskan pemikiran, dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan. 

4. Mengurangi stres 

5 Manfaat Ini Bakal Kamu Rasakan saat Mulai Membiasakan JournalingIlustrasi sedang menulis (unsplash.com/Ashlynciara)

Karena beban pikiran dituangkan dalam journaling, perasaan juga menjadi lebih ringan. Dengan journaling, kamu akan dibantu membuang rasa cemas dan frustasi yang telah menumpuk dalam waktu yang lama. 

Kamu bisa menulisnya sesuai dengan gaya bahasa, dan suasana hati yang sedang kamu rasakan saat menulis. Mood langsung balik lagi, nih! 

5. Lebih bersyukur 

5 Manfaat Ini Bakal Kamu Rasakan saat Mulai Membiasakan JournalingIlustrasi sedang tersenyum (unsplash.com/Connerching)

Saat journaling kita mencatat setiap hal mulai dari kegiatan, tujuan, perasaan yang dirasakan, dan masih banyak lagi. Kita juga jadi mengetahui apa yang berhasil kita raih dan mengetahui kegagalan yang di alami.

Meski mengali kegagalan, lewat journaling setidaknya kita tahu ada beberapa tujuan yang ditulis berhasil terjadi. Dengan itu menjadikan kita merasa lebih merasa bersyukur akan banyak hal yang terjadi. 

Rutin journaling memang memberi banyak manfaat, salah satunya mengurangi beban pikiran. Kalau kamu sudah sering journaling, belum? 

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya