Comscore Tracker

5 Manfaat Ini akan Kamu Dapat Saat Memutuskan untuk Memaafkan

Jangan dipendam terlalu lama!

Apa kamu mampu untuk memaafkan orang yang sudah membuatmu kecewa? Tentu tidak semua orang mampu menjawab mereka dapat memaafkan, mengingat setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Memang tidak semua kesalahan dapat dimaafkan dengan mudah, terlebih lagi kesalahan tersebut sangat merugikanmu dan orang lain.

Namun, perlu kamu juga jika memutuskan untuk memaafkan akan memberimu banyak manfaat. Yuk, simak 5 manfaat yang bisa kamu dapat ketika memutuskan untuk memaafkan seseorang.

1. Mengurangi pikiran negatif 

5 Manfaat Ini akan Kamu Dapat Saat Memutuskan untuk Memaafkanunsplash.com/Anthonytran

Saat kamu merasa kesal dan sakit hati pada seseorang, pikiran negatif pun akan terus ada dibenakmu. Merasa marah itu wajar, namun kamu juga harus ingat menyimpan dendam pada seseorang terlalu lama juga tidak akan baik.

Dengan kamu memutuskan untuk memaafkan orang yang telah membuatmu kecewa, kamu otomatis akan mengurangi berbagi anggapan negatif yang ada dalam pikiranmu.

2. Kamu akan dihargai 

5 Manfaat Ini akan Kamu Dapat Saat Memutuskan untuk Memaafkanunsplash.com/Rpnickson

Ketika kamu memutuskan untuk memaafkan seseorang, tak jarang orang yang kamu maafkan akan menghargaimu. Begitu juga saat kamu berbuat kesalahan dan dimaafkan dengan tulus kamu juga akan merasakan hal sama sebab, karena dimaafkaan kamu tidak akan terbelenggu dengan penyesalan.

Baca Juga: Sadarilah, Ini 5 Tanda kalau Kamu Belum Bisa Memaafkan Musuh

3. Sadar jika semua orang dapat melakukan kesalahan

5 Manfaat Ini akan Kamu Dapat Saat Memutuskan untuk Memaafkanunsplash.com/rojekilian

Yang ketiga adalah dengan memafkan kamu akan sadar, jika setiap orang pernah melakukan kesalahan. Kamu juga harus ingat, ada kalanya seseorang memiliki situasi yang membuat mereka tidak sadar dengan kesalahan yang mereka perbuat, sehingga kamu juga tidak boleh mengambil kesimpulan dengan langsung beranggapan negatif.

Walau memang tidak bisa dipungkiri ada juga yang sadar jika mereka melakukan kesalahan, tapi tetap saja menyimpan dendam terlalu lama tidak akan baik.

4. Menjadi pribadi yang lebih iklas 

5 Manfaat Ini akan Kamu Dapat Saat Memutuskan untuk Memaafkanunsplash.com/Yirage

Memaafkan berarti kamu juga berusaha untuk menerima apa yang sudah terjadi, kamu juga mampu menerima kesalahan, kekecewaan yang sudah menimpamu. Dengan begitu selain membuatmu pikiranmu menjadi lebih positif, kamu juga dapat menjadi pribadi yang lebih iklas dengan apa yang kamu alami.

5. Dapat menjalin hubungan yang baik 

5 Manfaat Ini akan Kamu Dapat Saat Memutuskan untuk Memaafkanunsplash.com/Heftiba

Dari pada merasakan dendam dan marah berlama-lama, memaafkan akan lebih memperbaiki situasi yang kamu hadapi. Kamu dapat menjalin hubungan yang baik walau dengan orang yang sudah melakukan kesalahan padamu, memang sulit namun jika kamu mau mencoba tidak ada yang salah.

Itu dia 5 manfaat positif yang bisa kamu dapat ketika memutuskan untuk memaafkan, kalau kamu tipe yang mudah memaafkan atau susah nih?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Memaafkan Orang Lain

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Kunjungi dan jangan lupa baca artikelnya !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya