Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Cara Sederhana yang Bisa Mengurangi Pencemaran Plastik

Milenial wajib coba!

Sampah plastik merupakan salah satu masalah serius yang harus segera ditangani. Pencemaran plastik bukan hanya menjadi masalah bagi Indonesia, tapi juga dunia. Kita tidak bisa menutup mata begitu saja, dengan melihat bagaimana banyak makhluk hidup yang terancam dengan makin buruknya lingkungan karena sampah plastik. 

Tidak harus langsung mengubah kebiasaan, kamu bisa mulai dari hal sederhana untuk bisa mengurangi pencemaran plastik. Kamu bisa #OneGreenStep dengan melakukan 5 cara sederhana seperti di bawah ini, yuk simak! 

1. Kurangi membeli air kemasan

#GreenBeauty 5 Cara Sederhana yang Bisa Mengurangi Pencemaran PlastikMembawa botol minum (unsplash.com/Bluewaterglobe)

Membeli air kemasan menjadi salah satu pilihan tepat bagi kamu, yang malas untuk membawa air minum dari rumah. Tapi kamu tahu tidak jika kamu mau mengurangi membeli air kemasan, kamu juga bisa #OneGreenStep. 

Dengan kamu bersedia membawa air minum dengan botol di dalam tas, kamu bisa mengurangi sampah botol minum yang akan bertumpuk di dalam tempat sampah. 

2. Membawa kantong belanja sendiri

#GreenBeauty 5 Cara Sederhana yang Bisa Mengurangi Pencemaran PlastikTas belanja (unsplash.com/Tamanna_rumee)

Kamu tipe yang selalu membawa kantong belanja di tas, tidak nih? Kalau tidak, coba dibiasakan mulai sekarang. Bahkan saat ini banyak tempat yang sudah tidak menyediakan kantong belanja, dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan plastik. 

Kalaupun mereka menyediakan kantong belanja, kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membelinya. Jadi lebih baik membawa sendiri, dan uangnya bisa kamu simpan. 

Baca Juga: Jangan Dilakukan! Ini 5 Bahaya Nyata Membakar Sampah Plastik

3. Mulai berkreasi dengan sampah plastik

#GreenBeauty 5 Cara Sederhana yang Bisa Mengurangi Pencemaran PlastikCup gantung (unsplash.com/Nicod5300)

Tidak bisa dimungkiri setiap hari kamu pasti memiliki sampah plastik. Dari bungkus makanan, botol minum, dan paket belanjaan lainnya. Daripada dibiarkan menumpuk dan menambah pencemaran, kamu bisa pilah dan mulai berkreasi dengan sampah plastik yang kamu punya. 

Kamu bisa mendaur ulang sampah plastikmu menjadi barang yang lebih berguna, dan mempercantiknya. Kamu bisa membuat pot bunga dari botol bekas, tempat pulpen, bunga hias, dan masih banyak lagi. Menyenangkan bukan? 

4. Menggunakan produk yang ramah lingkungan

#GreenBeauty 5 Cara Sederhana yang Bisa Mengurangi Pencemaran PlastikProduk ramah lingkungan (unsplash.com/Thehumbleco)

Kemasan produk jadi salah satu hal penting yang kini harus diperhatikan, melihat bagaimana kemasan tersebut dapat terurai dengan cepat atau tidak. Dengan memilih menggunakan produk yang ramah lingkungan, kamu bisa mengurangi pencemaran plastik walau hanya sedikit. Sebagai brand kecantikan Garnier mengambil langkah nyata melalui program #GarnierGreenBeauty, dengan mengurangi virgin plastic pada kemasannya.

Bukan hanya dengan menggunakan bahan alami sebagai formulanya, Garnier juga membuat kemasan produk yang bisa didaur ulang dan berasal dari plastik yang didaur ulang. Pada tahun 2019 Garnier telah menghemat hingga 32 ton virgin plastic. Keren! Kamu bisa cek https://www.garnier.co.id/green-beauty untuk informasi selengkapnya. 

5. Aktif mengajak keluarga pilah sampah

#GreenBeauty 5 Cara Sederhana yang Bisa Mengurangi Pencemaran PlastikTempat sampah (unsplash.com/Splashabout)

Gak seru dong kalau kita hanya sendiri dalam mengurangi pencemaran plastik, kita bisa #OneGreenStep bersama keluarga dengan memilah sampah yang ada di rumah. Buat kamu yang ada di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kamu dan keluarga bisa memanfaatkan aplikasi eRecycle, di mana aplikasi ini akan membantu kamu mengetahui jenis sampah yang didaur ulang.

Dengan berkolaborasi bersama eRecycle, ini juga salah satu upaya Garnier guna meningkatkan peran masyarakat dalam pengolahan sampah. 

Ayo jangan ragu untuk ikut menjaga lingkungan bersama #GarnierxIDNTimes. Walau dengan cara sederhana, kamu bisa membuat perubahan besar, lho!

Baca Juga: Tunjukkan Aksi Peduli Lingkungan dan Menangkan Hadiah dari Garnier

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Kunjungi dan jangan lupa baca artikelnya !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya