Comscore Tracker

5 Tindakan Kecil yang Bisa Berdampak Besar untuk Masa Depan

Milenial harus ikut berperan aktif mulai sekarang 

Menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab setiap orang. Dengan begitu setiap orang, khususnya milenial wajib ikut berperan aktif peduli terhadap isu-isu lingkungan dan sosial. Ikut ambil bagian seperti ini juga tidak mengharuskan kamu untuk melakukan hal besar langsung, lho!

Kamu bisa mengawali dengan tindakan kecil terlebih dahulu, mungkin saja kamu tidak sadar sudah melakukannya. Penasaran apa saja? Yuk, simak lima tindakan kecil yang bisa berdampak besar di masa depan, di bawah ini! 

1. Melirik produk ramah lingkungan

5 Tindakan Kecil yang Bisa Berdampak Besar untuk Masa Depanilustrasi produk ramah lingkungan (unsplash.com/Thehumbleco)

Sebagai konsumen, kebiasaan belanja seperti apa nih yang sering kamu terapkan? Selain mencari produk yang berkualitas, memilih produk ramah lingkungan jadi salah satu tindakan kecil yang wajib kamu pertahankan mulai sekarang. Kita tahu jika produk ramah lingkungan memberikan dampak yang baik, untuk mencegah kerusakan lingkungan. 

Menurut riset WhoCares? WhoDoes? 2020 yang dirilis oleh Kantar, menunjukan bahwa jumlah konsumen yang peduli terhadap produk ramah lingkungan di Indonesia telah meningkat 112% dari 2019 ke 2020. Ayo pertahankan tindakan kecil kamu, supaya bisa jadi Eco-Actives untuk Indonesia. 

2. Setia pada suatu brand

5 Tindakan Kecil yang Bisa Berdampak Besar untuk Masa Depanilustrasi menggunakan produk (unsplash.com/Diana_pole)

Ketika merasa nyaman dengan sebuah produk kita dilanda rasa penasaran, pada brand dari produk tersebut. Terlebih lagi ketika kamu ingin keluarga atau orang terdekat juga merasakan, rasa nyaman dari produk yang kamu gunakan. Memilih brand yang tepat untuk kamu gunakan bersama keluarga dalam keseharian, jadi salah satu hal baik karena akan mendapat banyak manfaat. 

Sama nih seperti Unilever yang melalui kampanyenya #EveryUDoesGood atau Setiap U Beri Kebaikan, mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi heroes dengan cara berbuat baik dan menyebarkan kebaikan, dengan cara-cara yang sederhana. Salah satu caranya dengan memilih brand yang baik dan memberikan manfaat positif bagi kita, keluarga dan Indonesia, terutama di masa sulit seperti ini. 

Baca Juga: Kekuatan Mimpi Buat Nicky Clara Sukses Jadi Womenpreneur 

3. Tidak memandang orang lain dalam perspektif yang negatif

5 Tindakan Kecil yang Bisa Berdampak Besar untuk Masa Depanilustrasi bersama teman (unsplash.com/Miinyuii)

Tidak menaruh perspektif negatif pada orang lain, khususnya pada mereka yang memiliki keterbatasan jadi tindakan yang baik yang sangat berdampak dimasa depan. Ini menunjukan jika kamu sadar, kalau setiap orang memiliki mimpi dan berhak mendapat kesempatan yang sama. Bersikap positif pada orang lain tanpa memandang perbedaan dan latar belakang, jadi hal yang penting untuk ditingkatkan setiap orang. 

Hal ini juga masuk dalam tiga fokus pilar kebaikan dalam strategi global The Unilever Compass, yang dijalankan oleh Perusahaan beserta seluruh Unilever yang telah menjadi bagian bagian dari keseharian masyarakat Indonesia, di antaranya: Membangun planet yang lebih lestari, Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan Berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif. 

4. Peduli terhadap lingkungan

5 Tindakan Kecil yang Bisa Berdampak Besar untuk Masa Depanilustrasi merawat lingkungan (unsplash.com/Cdc)

Sebagai generasi muda sudah seharusnya kita tidak masa bodo, terhadap isu-isu lingkungan. Anak muda wajib memiliki purpose agar lingkungan tetap terjaga, bersih, dan selalu nyaman hingga nanti. Melalui kampanye #EveryUDoesGood, Unilever Indonesia percaya akan The Power of Brand with Purpose and People with Purpose. Dimana brand yang memiliki tujuan mulia, jika bersinergi dengan orang-orang atau masyarakat yang memiliki tujuan yang mulia akan bisa membawa perubahan yang baik bagi lingkungan dan masyarakat. 

Contohnya saja purpose dari salah satu brand Unilever yaitu tiap Bango kembangkan pertanian berkelanjutan. Bango memiliki program Bango Pangan Lestari yang diluncurkan sebagai payung besar bagi berbagi inisiatif terkait pertanian dan pola konsumsi yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan melalui berbagai inisiatif seperti mengembangkan sistem pertanian yang berkelanjutan, melindungi kesejahteraan petani dan keluarganya, dan menggalakkan regenerasi petani. 

5. Mulai mewujudkan purpose

5 Tindakan Kecil yang Bisa Berdampak Besar untuk Masa Depanilustrasi memiliki mimpi (unsplash.com/Bendavisual)

Setiap orang memiliki alasan terhadap mimpi mereka. Begitu juga ketika kita punya purpose, kita tahu apa yang ingin dilakukan. Jika kamu memiliki purpose untuk melakukan perubahan tapi bingung caranya bagaimana, kamu bisa bergabung dalam perogram pencarian #EveryUDoesGood Heroes yang diselenggarakan oleh Unilever Indonesia selama bulan Agustus hingga November 2021. Program ini bertujuan untuk menemukan sosok-sosok inspirasional yang mampu menunjukan kiprah mereka dalam menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif. 

Nantinya akan ada rangkaian mentoring yang bermanfaat dari sosok-sosok inspiratif yang berhasil membuktikan bahwa purpose yang kuat akan membawa dampak yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat. Nantinya pada bulan Desember akan diumumkan enam #EveryUDoesGood Hero terpilih yang akan mendapat micro grant serta pendampingan dari para mentor dan Unilever. Untuk pendaftaran dan info lebih lanjut kamu bisa mengunjungi situs, www.unilever.co.id

Ayo jadi milenial yang lebih peduli terhadap lingkungan dengan berkontribusi berbuat kebaikan, salah satunya ikut berpartisipasi dalam program #EveryUDoesGood. Kamu tertarik gak nih?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco Hero

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Semoga ada hal baik yang bisa diambil!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya