Comscore Tracker

5 Cara Ini Bantu Kamu Melawan Ketakutan yang Muncul di Dirimu

Rasa takut itu ada untuk dilawan, bukan untuk dipertahankan!

Setiap kita pasti pernah merasakan yang namanya rasa takut. Terkadang rasa takut itu muncul begitu saja dalam diri kita. Entah itu takut akan kegagalan, takut akan tidak bisa menyelesaikan suatu hal, takut tidak bisa membahagiakan orang-orang sekitar, dan rasa takut lainnya yang terkadang sering muncul dan menghinggapi diri kita. Dan tidak jarang terkadang rasa takut itu membuat kita menjadi berpikir dua kali untuk berbuat sesuatu.

Nah buat kamu ni yang masih saja tidak bisa melawan rasa takut dalam dirimu, mungkin beberapa hal ini bisa membantumu melawan rasa takutmu itu. Yuk simak!

1. Teruslah hadapi rasa takutmu itu dan jangan menghindarinya

5 Cara Ini Bantu Kamu Melawan Ketakutan yang Muncul di DirimuunsplashJennifer Bedoya

Rasa takut itu harus dihadapi. Rasa takut itu harus ditantang. Jangan mencoba untuk menghindari rasa takut yang muncul dalam dirimu. Karena jika semakin kamu takut untuk melawan rasa takutmu itu, maka akan semakin sulit juga kamu akan terbebas dari rasa takutmu itu. Semakin sering kamu menghadapi rasa takutmu, maka akan semakin mudah juga bagimu untuk membuat rasa takutmu itu perlahan pergi dari dirimu.

2. Percayalah bahwa dibalik kegagalanmu berkali-kali akan ada kesuksesan yang tengah menanti

5 Cara Ini Bantu Kamu Melawan Ketakutan yang Muncul di Dirimuunsplash/Anthony Ginsbrook

Biasanya rasa takut juga muncul karena kegagalan yang sering sekali dialami seseorang. Sehingga muncul ketakutan dalam diri yang membuatnya menjadi tidak berani untuk mencoba lagi dan lagi. Untuk kamu yang sedang merasakan hal ini, atau sedang berada diposisi ini, kamu tak perlu risau. Percayalah bahwa dibalik kegagalanmu berkali-kali, akan ada kesuksesan yang tengah menanti. Setiap hal itu aka nada masanya. Jadi jika bukan sekarang, mungkin nanti.

3. Isi pikiranmu dengan pikiran-pikiran positif

5 Cara Ini Bantu Kamu Melawan Ketakutan yang Muncul di Dirimuunsplash/Benjamin Davies

Buang semua pikiran negatif yang ada dan muncul dalam dirimu. Serta isi pikiranmu dengan pikiran-pikiran positif. Karena dengan bigitu bisa membantumu dalam melawan dan membuang jauh-jauh rasa ketakutan yang ada dalam dirimu. Dan secara tidak langsung pikiran positif juga akan membuat dirimu menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Ketakutan Ini Harus Berani Kamu Lakukan Dalam Hidup

4. Percaya pada kemampuan yang ada dalam dirimu

5 Cara Ini Bantu Kamu Melawan Ketakutan yang Muncul di Dirimuunsplash/Warren Wong

Ketakutan biasanya juga muncul dikarenakan ketidakpercayaan pada kemampuan yang ada dalam diri. Menganggap bahwa kamu tidak bisa melakukan sesuatu. Dan menganggap bahwa kamu tidak bisa memulai suatu hal. Jadi mulai sekarang berhenti untuk beranggapan bahwa kamu tidak mampu untuk berbuat. Jika dirimu sendiri saja menganggap kamu tidak mampu, lalu bagaimana dengan orang lain? So, percayalah pada kemampuan yang ada pada dirimu!

5. Jangan biarkan orang lain yang mengontrol dirimu

5 Cara Ini Bantu Kamu Melawan Ketakutan yang Muncul di Dirimuunsplash/Toa Heftiba

Saat orang-orang menganggap kamu payah, saat orang-orang menganggap kamu tidak mampu, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk kamu tidak bergerak. Jangan jadikan itu sebagai alasan untuk kamu takut mencoba. Dan jangan sampai perkataan mereka malah membuatmu menjadi takut-takut untuk mencoba dan berpikiran kalau-kalau perkataan mereka itu benar nantinya. Hidupmu kamu yang menentukan. Jangan sampai orang lain yang mengontrol dirimu itu!

Nah itu dia beberapa hal yang mungkin bisa membantumu dalam melawan rasa takutmu. Jangan sampai rasa takutmu itu jadi membuatmu takut untuk bertindak lebih yaa!

Baca Juga: Gengsi Diakui, 5 Ketakutan Millenials Jelang 30an yang Sering Ditutupi

Sucy Fujiazma Photo Community Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You