Comscore Tracker

Say “No” Ke Orang Lain Itu Gampang Kok, Asal 5 Hal Ini Kamu Lakukan!

Yuk katakan tidak!

Sadar gak sih kalau selama ini kita itu selalu takut untuk bilang “tidak” pada hal-hal yang memang sebenarnya gak kita suka? Hanya karena takut mengatakan “tidak” dan takut memberikan penolakan akhirnya kita selalu melakukan hal yang bukan inginnya kita.

Pernah kepikiran gak ketika kita selalu meng-“iyakan” keinginan orang lain itu sama saja dengan kita lebih memilih untuk menyenangkan orang lain ketimbang diri kita sendiri?

Mulai sekarang yuk lebih berani lagi katakan “tidak” dengan melakukan 5 hal berikut ini!

1. Hilangkan rasa “gak enakan” ketika hendak melakukan penolakan kepada orang lain

Say “No” Ke Orang Lain Itu Gampang Kok, Asal 5 Hal Ini Kamu Lakukan!Pexels/rawpixel

Kebanyakan kita takut mengatakan “tidak” hanya karena kita sering merasa “gak enakan” untuk menolak keinginan orang lain. Sifat gak enakan atau segan untuk menolak ini yang sering membuat kita selalu saja melakukan atau menuruti apa yang orang lain inginkan yang padahal sebetulnya kita sendiri gak ingin untuk melakukannya.

Akhirnya dengan terpaksa, gak enak hati dan kalimat “segan untuk menolak” menjadi kalimat pamungkas yang gak bisa terpatahkan untuk mengatakan “ya” atas inginnya orang lain. So, mulai sekarang yuk belajar buat mengatakan “tidak”!

2. Mulai sekarang belajarlah untuk tidak terlalu memikirkan perasaan orang lain

Say “No” Ke Orang Lain Itu Gampang Kok, Asal 5 Hal Ini Kamu Lakukan!Pixabay/Dana Tentis

Untuk beberapa hal, terkadang kita pun perlu untuk gak terlalu memikirkan perasaan orang lain. Sebab sesekali diri sendiri pun juga patut untuk disenangkan dan gak melulu memikirkan orang lain.

Gak ada yang salah kok dengan mengatakan “tidak” kepada orang lain terhadap hal yang gak kamu suka. Yang salah itu ketika kamu selalu menuruti dan meng-“iyakan” keinginan orang lain hanya untuk menyenangkan mereka sampai-sampai kamu lupa bahwa diri sendiri pun berhak untuk disenangkan.

Baca Juga: 5 Kalimat Efektif Menolak Ajakan Teman buat Kamu yang Gak Enakan

3. Gak perlu takut dengan reaksi orang lain ketika kamu mengatakan “tidak” dan gak perlu takut hubunganmu gak baik hanya karena hal itu

Say “No” Ke Orang Lain Itu Gampang Kok, Asal 5 Hal Ini Kamu Lakukan!Pixabay/karosieben

Mau sampai kapan sih kamu selalu takut memikirkan reaksi orang lain atas kata “tidak” yang kamu lontarkan? Kamu pun gak perlu takut hubunganmu dan orang lain gak baik hanya karena kamu melakukan penolakan. Sebab setiap orang punya hak untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Bukan melulu tentang memenuhi apa yang diinginkan orang lain!  

4. Stop merasa bersalah hanya karena kamu melakukan penolakan dan mengatakan “tidak” kepada orang lain

Say “No” Ke Orang Lain Itu Gampang Kok, Asal 5 Hal Ini Kamu Lakukan!Unsplash/ Isaiah Rustad

Kamu gak perlu kok merasa bersalah setelah melakukan penolakan kepada orang lain. Karena menolak juga gak selamanya buruk kok. Jadi berhenti untuk berpendapat kalau menolak itu salah. Karena semakin kamu berpikiran kalau menolak dan takut mengatakan “tidak” itu salah, maka kamu pun akan sulit untuk menolak setiap inginnya orang lain yang bertentangan dengan inginmu sebenarnya.

5. Belajar untuk lebih menyayangi dirimu dengan tidak selalu mementingkan kesenangan orang lain

Say “No” Ke Orang Lain Itu Gampang Kok, Asal 5 Hal Ini Kamu Lakukan!Unsplash/ Anthony Ginsbrook

Menyayangi diri sendiri itu bisa kamu mulai dengan hal sederhana kok. Seperti memberanikan diri untuk mengatakan “tidak” pada hal yang memang gak kamu suka. Karena secara gak langsung kamu sudah menyelamatkan dirimu dari rasa gak enakan kepada orang lain dan lebih bisa mencintai dirimu sendiri. So, hentikan deh tu yang namanya mementingkan kesenangan orang lain!

Jadi gimana nii, udah tahu kan sebenarnya apa yang menyebabkan kita takut untuk menolak dan mengatakan "tidak"? Yuk, mulai sekarang belajar untuk lebih berani lagi dengan melakukan 5 hal di atas!

Baca Juga: Stop Jadi Yes Man! Ini 7 Cara Efektif untuk Mengatakan 'Tidak'

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya