Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Kamu Pelajari di Balik Kerasnya Hidup di Jakarta

Hidup di Jakarta harus kuat-kuat!

Padatnya populasi di kota Jakarta dan banyaknya orang yang memilih mengadu nasib ke ibu kota, membuat hidup di Jakarta memang terasa berbeda jika dibandingkan hidup di kota lainnya yang tidak sepadat Jakarta. Macet sudah menjadi aktivitas sehari-hari yang dirasakan oleh mereka yang tinggal di Jakarta. Bahkan seorang pekerja kantoran pun yang seharusnya bisa pulang sore hari, nyatanya harus rela sampai di rumah malam hari disebabkan waktu yang habis di jalan karena macet. Mereka pun harus rela berangkat subuh agar bisa sampai di kantor tepat waktu.

Belum lagi ketika menggunakan transportasi umum yang harus siap berdesak-desakan karena padatnya orang yang naik. Hidup di Jakarta memang harus kuat dan siap dengan segala kondisi. Tidak boleh lemah dan mengeluh dengan kerasnya hidup. Namun, dibalik kerasnya ibu kota, ada hal yang bisa kamu petik dan pelajari. 

1. Hidup di kota yang identik dengan kemacetan ini, bisa membuat kamu belajar untuk selalu menjadi sabar

5 Hal Ini Bisa Kamu Pelajari di Balik Kerasnya Hidup di Jakartamedium.com

Hidup di Jakarta mengajarkan kamu untuk bisa menjadi orang yang lebih sabar lagi dalam menghadapi semrautnya kota. Semua orang ingin bisa cepat sampai ditujuan, bahkan tidak sedikit yang menentang dan melawan lalu lintas di jalanan. Semua orang tergesa-gesa. Sampai-sampai lupa memikirkan keselamatan diri sendiri. Untuk bisa survive di Jakarta, kamu memang harus mempunyai kesabaran ekstra. Jika tidak maka kamu harus siap tertekan dan stress dengan keadaan yang kamu rasakan.

2. Hidup di Jakarta itu serba cepat, jika tidak ingin tertinggal maka harus bisa membiasakan diri dan mengatur waktu

5 Hal Ini Bisa Kamu Pelajari di Balik Kerasnya Hidup di Jakartaunsplash/Jacek Dylag

Kerasnya hidup di Jakarta membuat kamu memang harus bergerak lebih cepat. Hingga pada akhirnya harus bisa membiasakan mendisiplinkan diri dan mengatur waktu. Karena kemacetan di Jakarta tidak bisa di prediksi. Apa lagi di saat jam-jam sibuk. Jarak satu tempat ke tempat lain yang harus nya dekat, bisa saja menjadi terasa jauh karena kemacetan jalanan. Sehingga mereka yang berkegiatan di luar pun harus rela berangkat jauh lebih awal jika tidak ingin terjebak macet dan sampai tepat waktu.  

Baca Juga: 10 Momen Tak Terlupakan Konser BLACKPINK di Jakarta, Panas!

3. Ditengah padatnya Jakarta, membuat kamu belajar untuk bisa lebih peka lagi dengan orang-orang sekitar

5 Hal Ini Bisa Kamu Pelajari di Balik Kerasnya Hidup di Jakartaunsplash/Adelin Preda

Buat kamu yang sering menggunakan transportasi umum di Jakarta, tentunya pernah merasakan yang namanya berdesak-desakan entah itu di kereta, trans jakarta, maupun transportasi umum lainnya. Menaiki transportasi umum, tentunya membuat orang-orang berburu agar bisa mendapatkan tempat duduk setelah seharian sibuk dengan aktivitasnya.

Tentunya pemandangan ini akan terasa berbeda jika menaiki transportasi umum di daerah yang tidak padat penduduknya. Bahkan kamu tidak perlu untuk berdesakan dan bisa duduk dimanapun kamu inginkan. Hidup di Jakarta mengajarkan kita untuk bisa lebih peka lagi dengan sekitar, terutama di tempat-tempat publik. Bahwa mereka yang membutuhkan harus lebih di prioritaskan, tidak peduli seberapa letih dan lelahnya kamu dengan aktivitasmu.   

4. Kerasnya hidup di Jakarta mengajarkan kita untuk lebih sering lagi berbagi

5 Hal Ini Bisa Kamu Pelajari di Balik Kerasnya Hidup di Jakartaunsplash/Johanna Buguet

Banyaknya anak jalanan dan pengamen di Jakarta yang selalu saja berganti turun naik bus, yang mulai dari benar-benar niat bernyanyi dengan peralatan lengkapnya sampai yang hanya dengan peralatan dan suara seadanya, yang berjualan dan menjajakan dagangannya. Itu semua mereka lakukan hanya untuk bisa bertahan hidup di tengah kerasnya ibu kota. Dan dari keadaan tersebut mengajarkan kita untuk lebih sering lagi berbagi kepada sesama. Ya, setidaknya dengan bernyanyi atau berjualan, ada usaha yang mereka lakukan. Daripada mereka harus menjadi pencopet dan melakukan aksi-aksi kriminal lainnya di jalanan.  

5. Kehidupan Jakarta mengajarkan kita untuk bisa mensyukuri hidup yang dimiliki saat ini

5 Hal Ini Bisa Kamu Pelajari di Balik Kerasnya Hidup di Jakartapexels/Pixabay

Ada yang berhasil mengadu nasib ke ibukota, tapi tidak sedikit juga yang gagal. Hingga pada akhirnya membuat mereka memilih bertahan hidup di jalanan. Mungki kita yang selama ini sering mengeluhkan hidup bisa melihat kesekitar bahwa ternyata banyak orang-orang yang tidak seberuntung kita. Sehingga kita bisa lebih bersyukur lagi dengan kondisi dan hidup yang kita miliki saat ini.  

Nah, buat kamu yang sedang mengadu nasib atau yang berencana untuk tinggal atau sekedar mengunjungi Jakarta, percayalah dibalik semrautnya kota Jakarta dan segala hiruk pikuk kondisinya, ada hikmah dan pelajaran yang bisa kamu ambil yang pada akhirnya bisa membentuk karakter dan mengubah dirimu menjadi lebi baik lagi.

Baca Juga: Keren Banget, 7 Taman Kota di Jakarta Ini Paling Cocok Buat Hangout

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya