Comscore Tracker

Biar Gak Salah Langkah, Pahami 5 Hal Ini Hadapi Teman yang Stres

Daripada berantem malah gak kelar-kelar urusannya

Selayaknya seorang teman ataupun sahabat, tentu lah kamu tidak ingin melihat mereka yang tadinya periang tiba-tiba berubah menjadi pemurung dan terlihat seperti kehilangan semangat dikarenakan permasalahan yang sedang menimpa mereka. Sebagai orang yang dekat dengan mereka, kamu berusaha untuk mencari tahu apa penyebab yang membuat mereka seperti itu.

Dan tak jarang juga kamu meminta mereka untuk bercerita apa yang sedang menimpa mereka. Tapi sebelum kamu salah langkah, sebaiknya kamu memahami 5 hal ini terlebih dahulu ketika menghadapi teman atau sahabatmu yang sedang dilanda stress akibat permasalahan yang mereka alami.

1. Pahamilah bahwa tak semua orang ketika ada masalah langsung ingin bercerita kepada orang lain

Biar Gak Salah Langkah, Pahami 5 Hal Ini Hadapi Teman yang Strespexels/Pixabay

Hal yang paling sering kita lakukan disaat teman atau sahabat sedang dilanda permasalahan pastinya kita meminta mereka untuk bercerita agar mereka bisa merasa tenang dan plong setelah menceritakan semua permasalahan yang tengah mereka alami. Namun kenyataannya tidak semua orang memiliki sifat seperti itu.

Sebagian merasa ketika mereka diliputi dengan rasa stress yang teramat dan diminta untuk bercerita, malah akan membuat mereka merasa semakin stress karena diminta untuk mengingat kembali apa yang tengah mereka alami dengan bercerita. Jadi sebagai teman lebih baik kamu membiarkan mereka untuk bisa menenangkan dirinya terlebih dahulu dibanding harus meminta mereka bercerita saat itu juga.

2. Jangan pernah menyalahkan mereka yang tengah diliputi masalah. Karena itu hanya akan membuat mereka semakin merasa terpuruk

Biar Gak Salah Langkah, Pahami 5 Hal Ini Hadapi Teman yang Strespexels/Duong Nhan

Sebagai teman dekat, jangan sampai kamu membuat temanmu yang tengah dilanda masalah jadi semakin down dikarenakan kamu menyalahkan mereka atas permasalahan yang tengah menimpa mereka. Terlepas dari salah atau tidaknya mereka, akan lebih bijak lagi ketika kamu bisa menasehati dengan kalimat-kalimat atau perkataan yang baik yang tidak terkesan memojokkan atau menyalahkan mereka.

Baca Juga: Jarang Stres, Ini 10 Tanda Kamu Orang yang Suka Berpikir Positif

3. Jadilah pendengar yang baik disaat mereka mencoba untuk menceritakan permasalahan mereka kepadamu

Biar Gak Salah Langkah, Pahami 5 Hal Ini Hadapi Teman yang Strespexels/mentatdgt

Disaat teman atau sahabatmu memutuskan untuk siap menceritakan permasalahan yang tengah mereka alami, kamu harus bisa untuk menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Luangkan waktumu untuk benar-benar mendengarkan apapun yang ingin mereka ceritakan kepadamu. Karena dengan begitu mungkin bisa membuat mereka sedikit plong dan lega setelah menceritakan permasalahan yang mereka alami kepadamu.

4. Cari tahu apakah mereka ingin kamu untuk memberikan solusi atau hanya sekedar sebagai pendengar saja

Biar Gak Salah Langkah, Pahami 5 Hal Ini Hadapi Teman yang Strespexels/Pixabay

Memberikan solusi atas permasalahan yang sedang mereka alami mungkin memang lah hal yang baik. Namun terkadang tidak semua mereka yang tengah dilanda masalah ingin mendengarkan solusi dari orang lain saat itu juga.

Terkadang mereka hanya butuh pendengar saat mereka merasa permasalahan tersebut sudah benar-benar menumpuk di otak mereka dan tidak mampu menahan sendiri. Jadi sebelum sibuk memberikan solusi, pahami dulu karakter mereka dan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

5. Selalu support dan jangan pernah meninggalkan mereka seburuk apapun kondisinya

Biar Gak Salah Langkah, Pahami 5 Hal Ini Hadapi Teman yang Strespexels/Tatiana Vavrikova

Support dari orang-orang terdekat bagi mereka yang merasa terpuruk memang lah sangat penting. Karena dengan begitu mereka akan merasa bahwa masih ada orang-orang yang memang menyayangi mereka. Jadi seburuk apapun kondisi dan permasalahan yang menimpa sahabat ataupun temanmu, tetap lah berikan support dan jangan pernah meninggalkan mereka disaat permasalahan tengah menimpanya.

Nah itu dia hal-hal yang mungkin harus kamu pahami ketika menghadapi mereka yang tengah stress. Dan semoga kamu bisa lebih tau lagi dan bisa memahami karakter mereka agar nantinya kamu pun gak salah langkah.

Baca Juga: Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya 

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya