Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu 

Kesempatan kedua jangan kamu sia-siakan

Dipercaya seseorang lalu kepercayaan itu kemudian kamu rusak, tentunya tidak mudah untuk mengembalikan kepercayaan itu kembali. Saat seseorang merasa dikhianati, akan membuatnya sulit untuk kembali menaruh percaya. Itulah kenapa saat seseorang menaruh percaya terhadapmu, maka kepercayaan itu jangan sampai kamu sia-siakan.

Namun meskipun begitu, saat seseorang kehilangan kepercayaan terhadapmu, bukan berarti tak ada kesempatan kembali bagimu untuk berubah.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kepercayaan seseorang yang hilang terhadapmu. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

1. Meminta maaf dan menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyesal atas apa yang kamu lakukan sebelumnya

5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu ilustrasi meminta maaf dan menyesal (pexels.com/Liza Summer)

Meminta maaf adalah hal yang benar-benar harus kamu lakukan saat kamu sudah mengecewakan orang lain. Permintaan maaf pun harus kamu tunjukkan dengan sungguh-sungguh bahwa kamu memang menyesali apa yang sudah kamu lakukan itu, bahwa kamu menyesal sudah merusak kepercayaan seseorang yang diberikan kepadamu.

Jangan meminta maaf hanya sekadarnya saja saat kamu melakukan kesalahan itu. Tapi, minta maaflah yang sebenarnya dari hatimu agar ia yang kamu rusak kepercayaannya benar-benar yakin bahwa kamu benar tulus untuk meminta maaf.

2. Buktikan bahwa kamu benar-benar ingin berubah menjadi sosok yang lebih baik lagi

5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu ilustrasi menjadi yang lebih baik (pexels.com/Roberto Nickson)

Jika kamu ingin membuat kepercayaan seseorang bisa kembali tumbuh terhadapmu, maka yang juga harus kamu lakukan yaitu benar-benar berniat berubah untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi.

Setiap orang tentunya pernah melakukan kesalahan. Entah itu disengaja atau pun tidak. Namun, bukan berarti seseorang tersebut tidak bisa berubah menjadi sosok yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jadi, jika kamu memang benar sungguh menyesali apa yang kamu lakukan, buktikanlah bahwa kamu bisa berubah menjadi lebih baik lagi. Buktikan bahwa kamu dapat memegang kepercayaan yang seseorang berikan kepadamu nantinya.

Baca Juga: Jadi Orang Kepercayaan, 5 Kualitas Inilah yang Dilihat Atasan Darimu

3. Cobalah untuk jujur menjelaskan kepadanya apa yang terjadi sebelumnya

5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu ilustrasi menjelaskan yang terjadi (pexels.com/mentatdgt)

Saat kamu merusak kepercayaan seseorang itu dengan sengaja atau tidak, cobalah untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dan kenapa kamu sampai melakukan hal itu.

Mungkin memang tidak semua orang bisa mudah menerima alasan dari seseorang yang sudah merusak kepercayaannya. Namun apapun hasilnya, kamu tetap harus menjelaskan kepadanya. Perihal ia bisa menerima apa yang kamu katakan itu urusan nanti. Yang paling penting kamu harus bisa jujur dan menyampaikan kenapa kamu bisa sampai merusak kepercayaannya itu.

Orang yang memiliki hati yang baik akan menghargai kejujuran yang kamu katakan.

4. Berjanjilah untuk tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama

5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu ilustrasi berjanji (unsplash.com/Ryan Franco)

Memang tidak mudah untuk mendapatkan kesempatan kedua. Namun, saat kamu benar bersungguh menyesali apa yang sudah kamu lakukan serta menunjukkan bahwa kamu bisa berubah ke arah yang lebih baik lagi, kesempatan kedua itu pun akan lebih mudah untuk kamu dapatkan.

Selain itu, ketika kesempatan diberikan kepadamu, maka kamu juga perlu berjanji dan membuktikan kepada orang yang kamu kecewakan itu bahwa kamu tak akan lagi mengulangi kesalahan yang sama. Buktikan bahwa kamu yang sekarang adalah sosok yang tidak seperti sebelumnya.

5. Saat kamu diberikan kesempatan kedua, kesempatan itu jangan kamu sia-siakan

5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu ilustrasi bahagia diberi kesempatan kedua (unsplash.com/Omar Lopez)

Ketika seseorang yang kamu kecewakan memberikanmu kesempatan kembali, kamu harus bisa menggunakan kesempatan itu sebaik-baiknya. Jangan sampai kesempatan itu kamu sia-siakan dan kamu kembali mengulangi kesalahan sebelumnya.

Percayalah, saat kamu diberikan kesempatan namun kesempatan itu tak kamu pergunakan sebaik-baiknya dengan menyia-nyiakannya kesempatan itu, akan sulit bagimu untuk mendapatkan kesempatan berikutnya. Itulah kenapa kamu perlu benar-benar memanfaatkan kesempatan yang belum tentu datang dua kali itu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kepercayaan seseorang yang sudah kamu rusak. Semoga cara di atas dapat membantumu yang kesulitan dan bingung harus berbuat apa saat terlanjur merusak kepercayaan orang lain. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca Juga: Trust Issue, 5 Hal Inilah Pemicu Krisis Kepercayaan dalam Hubungan

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

Content writer of IDN Times.com, Hipwee.com | Website : menjadipendengar.com | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya