Comscore Tracker

5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kehilangan Tujuan Hidup, Yuk Bangkit!

Luangkan waktu untuk lebih mengenal diri sendiri

Melihat kesuksesan orang lain di luar sana dan melihat kondisi diri yang belum jadi apa-apa membuat diri sendiri bertanya-tanya akan jadi apa diri ini nantinya. Tidak jarang juga kondisi ini membuatmu kehilangan arah akan tujuan hidup yang kamu jalankan.

Salah satu faktor yang sering menjadi penyebab kehilangan tujuan hidup itu dikarenakan tidak tahu apa yang kamu inginkan dalam hidup ini. Nah, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan saat kehilangan tujuan hidup. Yuk, simak!

1. Tenangkan dirimu terlebih dahulu

5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kehilangan Tujuan Hidup, Yuk Bangkit!ilustrasi sedang menenangkan diri (unsplash.com/Ashley Light)

Saat tidak tahu akan arah hidupmu ke mana, kamu jangan panik dan jangan merasa stres. Jangan menganggap bahwa dirimu itu tidak berguna. Jangan selalu menyalahkan dirimu sendiri. Coba tenangkan dirimu terlebih dahulu.

Merasa panik dan stres saat kehilangan tujuan hidup itu sama sekali tak akan membantumu. Tak usah fokus pada masalah. Lebih baik fokuslah untuk mencari solusi. Jika kamu merasa kehilangan arah, coba tanyakan pada dirimu sendiri apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup ini. Lalu, cobalah untuk mulai mewujudkan apa yang menjadi tujuanmu itu.

2. Jangan terlalu mengkhawatirkan masa depan

5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kehilangan Tujuan Hidup, Yuk Bangkit!ilustrasi khawatir akan masa depan (unsplash.com/whoislimos)

Terlalu mengkhawatirkan akan masa depan juga tidak baik. Hal ini malah akan membuatmu menjadi takut-takut dalam melangkah. Masa depan memang miliki semua orang. Namun, mengkhawatirkan masa depan juga tidak akan menjadikan masa depanmu akan baik-baik saja nantinya.

Lebih baik fokus untuk mengejar masa depan dari pada mengkhawatirkannya. Saat kamu terlalu khawatir akan masa depanmu, ketakutanlah yang akan menyelimuti dirimu itu. Jalanilah apa yang ada saat ini, dan fokuslah untuk mencapai masa depanmu itu.  

Baca Juga: Merasa Kehilangan Tujuan Hidup, 5 Hal Ini Perlu Kamu Renungkan Kembali

3. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kehilangan Tujuan Hidup, Yuk Bangkit!ilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (unsplash.com/Ethan Sykes)

Kehilangan tujuan hidup juga bisa dikarenakan kamu yang selalu saja membandingkan dirimu dengan orang lain. Melihat keberhasilan dan kesuksesan orang lain kamu merasa bahwa kamu tidak mampu. Kamu merasa dirimu tidak berguna. Dan kamu juga merasa bahwa kamu tidak akan bisa seperti mereka.

Hey! Setiap kita punya kesempatan yang sama untuk sukses. Bukan berarti saat kamu melihat seseorang sukses, kamu tidak mungkin bisa sukses. Jika kamu berpikiran seperti itu kamu salah. Setiap orang bisa sukses jika dia mau berusaha dan bekerja keras. Begitu pula dengan dirimu yang juga bisa sukses jika kamu memang mau berusaha untuk mewujudkannya.

4. Tanyakan pada dirimu apa yang kamu inginkan

5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kehilangan Tujuan Hidup, Yuk Bangkit!ilustrasi butuh waktu dengan diri sendiri (unsplash.com/Anthony Tran)

Saat kamu tidak tahu akan ke mana arah tujuan hidupmu ini kamu bawa, coba deh luangkan waktu untuk dirimu sendiri. Coba tanyakan pada hatimu, apa yang kamu inginkan. Kata hati itu jarang sekali salah dalam memilih. Maka dari itu, coba tanyakan pada diri dan hatimu apa yang kamu inginkan.

Mungkin selama ini kamu tidak pernah meluangkan waktumu dengan dirimu sendiri. Sehingga, kamu jadi tidak mengenal dirimu itu. Kamu tidak tahu apa yang kamu sukai, tidak tahu apa yang kamu inginkan, dan tidak tahu apa tujuan hidupmu ke depannya. Jadi, tidak ada salahnya juga sesekali meluangkan waktu untuk diri sendiri agar kamu bisa lebih mengenal dirimu itu.

5. Cari tahu apa yang kamu sukai

5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kehilangan Tujuan Hidup, Yuk Bangkit!ilustrasi melakukan sesuatu yang disukai (unsplash.com/Bram Naus)

Saat kehilangan tujuan hidup, coba cari tahu apa yang kamu sukai. Sesuatu yang ketika kamu mengerjakannya tidak ada beban dalam dirimu. Terlebih lagi sesuatu itu bisa bermanfaat bagi orang lain. Terkadang, ketika kamu melakukan sesuatu yang mempunyai dampak baik untuk orang lain, akan timbul perasaan bahagia dalam dirimu itu.

Selain itu, siapa tahu dari hal yang kamu sukai dan dapat memberi manfaat bagi orang lain itu kamu bisa lebih mudah dalam menentukan tujuan hidupmu. Terkadang, kita memang harus lebih banyak melihat dan berbaur dengan sekitar kita agar kita bisa tahu dan menilai apa makna hidup yang sebenarnya.

Semoga beberapa cara di atas dapat membantumu saat kehilangan tujuanmu hidupmu, ya. Yang penting selalu semangat dan jangan menyerah. Ingat, kamu juga punya kesempatan untuk bisa sukses asal kamu mau berusaha.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Kehilangan Tujuan Hidup

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

Content writer of IDN Times.com, Hipwee.com | Website : menjadipendengar.com | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya