Comscore Tracker

Untuk Memahami Passion Dalam Diri, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan 

Coba hal baru dan lebih pahami diri sendiri 

Berbicara tentang passion, banyak orang yang tidak memahami passion yang ada dalam diri mereka. Apakah mereka melakukan sesuatu tersebut karena ingin ataukah melakukan sesuatu tersebut karena keharusan.

Passion dapat diartikan sebagai minat atau sesuatu yang ketika mereka mengerjakan hal itu, mereka merasa senang dan tidak terbebani. Dan ketika mereka tidak melakukannya, seakan ada yang kurang dalam diri mereka.

Nah, untuk kamu yang masih belum bisa memahami passion yang ada dalam dirimu, cara berikut ini bisa kamu coba!

1. Jangan takut untuk mencoba hal yang baru

Untuk Memahami Passion Dalam Diri, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan ilustrasi merekam diri (unsplash.com/AQVIEWS)

Untuk menemukan passion dalam diri, maka kamu harus berani mencoba hal baru. Kamu tidak boleh takut untuk mencoba hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Karena jika kamu takut untuk mencoba hal baru, maka kamu tidak akan pernah tahu passion-mu itu apa.

Berani mencoba banyak hal akan membuat kamu menemukan sesuatu yang kamu rasa itu adalah kamu banget. Makanya jangan pernah menutup dirimu untuk segala sesuatu yang baru jika kamu ingin tahu apa passion kamu yang sebenarnya.

2. Saat menemukan kesulitan, coba cari tahu apakah kamu ingin menyerah atau malah penasaran untuk kembali mencoba

Untuk Memahami Passion Dalam Diri, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan ilustrasi menemui kesulitan (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Ketika melakukan sesuatu hal yang baru dan kamu menemukan kesulitan, coba deh lihat lagi pada dirimu itu apakah kamu memilih untuk menyerah dan membiarkan hal itu begitu saja atau sebaliknya, kamu menjadi penasaran dan semakin ingin mencoba hal itu.

Jika yang terjadi pada dirimu yaitu kamu merasa penasaran dan ingin melihat hasilnya seperti apa, mungkin memang benar bahwa itu adalah passion yang kamu miliki selama ini.

Kalau kamu merasa tertarik pada hal itu, maka kamu perlu semakin terjun pada hal yang kamu sukai itu.

Baca Juga: Sadari 5 Hal Ini ketika Merasa Gak Punya Passion, Jangan Abai

3. Coba berhenti melakukan hal itu untuk sesaat

Untuk Memahami Passion Dalam Diri, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan ilustrasi berpikir (unsplash.com/Jason Strull)

Jika kamu sudah rutin melakukan hal itu terus-terusan, coba biarkan dirimu untuk berhenti melakukan hal itu untuk sesaat. Apakah ketika kamu berhenti kamu merasa biasa saja ataukah kamu merasa malah ada yang kurang jika tidak melakukannya.

Jika kamu merasakan ada sesuatu yang kurang saat hal itu tidak kamu kerjakan, artinya kamu memang memiliki passion pada hal tersebut. Maka dari itu kamu perlu semakin mengasah passion yang kamu miliki itu agar kamu bisa semakin lebih baik lagi.

4. Coba tanyakan pada dirimu apakah kamu merasa enjoy untuk melakukannya

Untuk Memahami Passion Dalam Diri, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan ilustrasi berpikir (unsplash.com/Magnet.me)

Memahami bahwa sesuatu itu memang passion-mu juga bisa dilihat dari seberapa nikmat kamu melakukan hal itu. Kamu melakukannya memang karena kamu suka. Saat melakukan hal itu, kamu sama sekali tidak merasa terbebani.

Saat sesuatu itu dilakukan tanpa ada rasa beban dan kamu menarik minat akan hal itu, bisa jadi itu memang passion yang kamu miliki. Oleh karena itu, kamu juga perlu mengenal akan dirimu dan hal apa pun yang kamu lakukan, apakah kamu menaruh minat pada hal itu, atau hanya sekadarnya saja untuk melakukannya.

5. Kamu merasa ada yang kurang saat sesuatu itu tidak kamu kerjakan

Untuk Memahami Passion Dalam Diri, 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan ilustrasi berpikir (unsplash.com/Roman Bilik)

Dari banyaknya hal yang kamu coba lakukan, pasti ada satu hal yang kamu merasa tertarik. Kamu selalu melakukan hal itu terus-terusan. Kamu selalu penasaran untuk terjun pada dunia yang kamu pilih itu. Dan ketika kamu mencoba untuk berhenti, kamu merasa ada sesuatu yang kurang dalam hidupmu.

Saat kamu merasa ada yang kurang ketika kamu melakukannya, bisa jadi passion yang ada dalam dirimu selama ini ada pada bidang itu.

So, sudah tahukah kamu passion-mu itu apa? Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk memahami passion yang ada dalam dirimu. Semoga ke depannya kamu tidak merasa bingung lagi ya untuk mengetahui passion yang kamu miliki. Semangat!

Baca Juga: 7 Lagu Ini Bikin Kamu Mencintai Diri Sendiri, Stop Merasa Minder!

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

Content writer of IDN Times.com, Hipwee.com | Website : menjadipendengar.com | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya