Comscore Tracker

Tak Hanya Cinta Lingkungan, Inilah 6 Pesan Penting Film Aquaman

Menarik buat ditonton ulang

Film Aquaman tengah tayang di bioskop. Film garapan sutradara James Wan ini berkisah tentang sang Aquaman, Arthur Curry (Jason Momoa), yang berhasil merebut tahta Raja Atlantis bernama Orm (Patrick Wilson) demi terciptanya perdamaian dua dunia.

Secara eksplisit, film ini punya segudang pesan penting yang berkaitan dengan lingkungan. Inilah enam pesan pentingnya. Yuk, disimak.

1. Gunakanlah kekuasaan dengan bijak

Tak Hanya Cinta Lingkungan, Inilah 6 Pesan Penting Film Aquamanindianexpress.com

Kekuasaan semestinya dipergunakan secara bijak oleh Raja Orm, tapi ia memilih untuk menghimpun kekuatan enam kerajaan lainnya untuk menyerang daratan. Meski tak berhasil, Raja Orm telah membuat kerusakan pesisir pantai dengan menghempaskan gelombang pasang dan mengembalikan sekian ton sampah laut.

Hmm, bila suatu saat kamu punya otoritas, jangan contoh Raja Orm, ya.

2. Balas dendam itu gak perlu

Tak Hanya Cinta Lingkungan, Inilah 6 Pesan Penting Film Aquamancomicbook.com

Ada dua tokoh yang punya watak pendendam dalam Aquaman. Yakni, Raja Orm dan Black Manta (Yahya Abdul-Mateen II). Raja Orm menyimpan dendam terhadap penduduk daratan, sementara Black Manta dendam terhadap Aquaman yang tak menolong ayah angkatnya saat lambung kapal terendam air laut.

Kisah akhir kedua tokoh itu menunjukkan, balas dendam itu sebenarnya gak perlu dilakukan karena saling merugikan.

Baca Juga: 6 Film Disney yang Rilis 2019, Aladdin dan Frozen 2 Usung Lagu Baru!

3. Pantang menyerah sebelum mencapai tujuan

Tak Hanya Cinta Lingkungan, Inilah 6 Pesan Penting Film Aquamannews.abs-cbn.com

Mencari trisula emas milik Raja Atlantis I butuh effort maksimal. Segala upaya dikerahkan oleh Arthur Curry, Princess Mera (Amber Heard), dengan dibantu oleh Atlanna (Nicole Kidman), dan Nuidis Vulko (Willem Dafen).

Arthur dan Mera harus mengarungi gurun pasir Sahara, bertarung dengan pasukan Black Manta di Sisilia, hingga menumpas pasukan bar-bar Kerajaan Trench demi mendapatkan trisula.

Akhirnya, usaha keras itu berbuah manis.

4. Kemurnian hati adalah segalanya

Tak Hanya Cinta Lingkungan, Inilah 6 Pesan Penting Film Aquamanexpress.co.uk

Ketulusan hati Aquaman membuatnya berhasil melewati Karathen, makhluk laut yang bertugas menjaga trisula emas Raja Atlantis I. Sejak awal, Arthur memang yak menginginkan tahta. Ia hanya bertekad mencegah Orm menyerang daratan.

Ketulusannya itulah yang mentasbihkannya sebagai The True King atau raja sejati.

5. Berani mengambil risiko

Tak Hanya Cinta Lingkungan, Inilah 6 Pesan Penting Film Aquamanthewrap.com

Di antara seluruh karakter dalam film Aquaman, Princess Mera adalah tokoh yang paling berani mengambil risiko. Ia berpihak pada Vulko yang berniat mengantarkan Arthur sebagai orang nomor satu Kerajaan Atlantis. Demikian pula di tengah-tengah pertarungan antara Orm dan Arthur di Cincin Api, Mera justru nekat mengajak Arthur mencari trisula emas.

6. Jangan buang sampah sembarangan khususnya di laut

Tak Hanya Cinta Lingkungan, Inilah 6 Pesan Penting Film Aquamanncl.ac.uk

Wacana pengurangan penggunaan plastik kini sudah mengemuka. Di media, tersebar video viral tentang ikan paus yang mati dengan timbunan enam kilogram sampah plastik di perutnya. Termasuk, hidung penyu yang tersumbat sedotan plastik sepanjang belasan sentimeter.

Hasil laporan World Economic Forum tahun 2016 menyatakan, ada lebih dari 150 juta ton sampah plastik di lautan. Estimasinya, setiap tahun ada 8 juta ton sampah plastik mengalir ke laut.

Kalau sudah ada laporan seperti ini, mulai sekarang, yuk kurangi penggunaan plastik atau setidaknya jangan buang sampah sembarangan apalagi ke laut. Duh, jangan sampai deh bikin Orm marah lagi!

Kamu sudah nonton film Aquaman? Pesan apa yang kamu dapat dari film ini? Yuk, diskusi di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Aquaman Adalah Salah Satu Superhero Terbaik DC

Defrina Sukma Photo Verified Writer Defrina Sukma

masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You