Comscore Tracker

Yuk, Jadi Lebih Ringkas dan Praktis dengan Hidup ala Minimalis

Hidup minimalis akan membuatmu bernapas lebih lega 

Di tengah kompleksnya dunia saat ini, muncul sebuah gaya hidup bernama minimalis yang berinti menyederhanakan hidup seseorang. Misalnya adalah dengan tidak menyimpan barang terlalu banyak, memilih pola hunian yang lebih sederhana, hingga menyederhanakan pola pikir dengan hanya berfokus pada esensinya saja.

Para pelaku minimalis sendiri berpendapat bahwa gaya hidup ini akan membuat orang jadi lebih bahagia, lebih praktis, dan lebih nyaman.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba pola hidup minimalis? Berikut beberapa contoh kecil hidup minimalis yang bisa kamu lakukan.

1. Tidak konsumtif

Yuk, Jadi Lebih Ringkas dan Praktis dengan Hidup ala Minimalispexels.com/Ella Olson

Konsumtif menjadi musuh utama para pelaku minimalis. Sebabnya perilaku ini membuat seseorang cenderung suka mengonsumsi, termasuk membeli segala sesuatu secara berlebihan entah apakah memang diperlukan atau tidak. Akhirnya yang terjadi adalah pemborosan dan manusia pun dikuasai oleh materi.

2. Beralih menjadi cashless society

Yuk, Jadi Lebih Ringkas dan Praktis dengan Hidup ala Minimalispexels.com/Lukas

Di zaman serba digital saat ini, kegiatan jual beli pun ikut terdampak. Salah satu yang paling terlihat adalah cashless society dimana penggunaan bentuk mata uang fisik makin berkurang.

Selain lebih sederhana, dengan menjadi cashless society kamu juga bisa mengontrol keuanganmu secara bijak.

Baca Juga: 5 Film Ini Wajib Kamu Tonton Kalau Tertarik Gaya Hidup Minimalis

3. Tidak menumpuk barang

Yuk, Jadi Lebih Ringkas dan Praktis dengan Hidup ala Minimalispexels.com/Huy Phan

Salah satu perilaku yang paling terlihat dari pelaku hidup minimalis adalah ketidaksukaan mereka akan menumpuk barang. Sebabnya kepemilikan banyak benda seringkali menimbulkan kerepotan seperti rumah jadi berantakan, barang jadi mudah rusah karena jarang digunakan, hingga menimbulkan penyakit.

4. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi

Yuk, Jadi Lebih Ringkas dan Praktis dengan Hidup ala Minimalispexels.com/Tobi

Bagi pelaku hidup minimalis, kepemilikan kendaraan pribadi juga kurang sejalan dengan gaya hidup mereka. Sebabnya kepemilikan kendaraan pribadi berarti membuat mereka terbebani akan biaya bahan bakar, biaya parkir, biaya pajak, hingga biaya pemeliharaan.

Mereka pun berpendapat bahwa kepemilikan kendaraan pribadi lebih dari 1 di dalam sebuah hunian turut menyumbang polusi udara yang mengancam kesehatan lingkungan hidup dan manusia di sekitarnya.

5. Memiliki cara pandang hidup yang sederhana

Yuk, Jadi Lebih Ringkas dan Praktis dengan Hidup ala Minimalispixabay.com/ChrisBeePixel

Menjadi pelaku hidup minimalis juga berarti dengan menyederhanakan pola pikir. Fokus pada inti sebuah permasalahan dan tidak memperpanjang drama yang ada akan membuat para minimalists jadi lebih jarang stres. Pola pikir pun akan jadi lebih positif sehingga energi yang ada bisa digunakan untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

Menjalani sebuah gaya hidup memang pilihan pribadi masing-masing. Namun sebagai manusia yang dihadapkan pada banyak problema kehidupan, tentu saja pilihan menjalani kehidupan yang lebih sederhana, lebih damai, dan lebih ringkas adalah hal yang lebih menyenangkan.

Baca Juga: 7 Tips Menata Rumah Minimalis Dua Lantai, Dijamin Rumah Bikin Betah!

Bu Nanik Photo Verified Writer Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya