Comscore Tracker

5 Keuntungan Ini Hanya Bisa Dirasakan oleh Kamu yang Hidup Sendiri

Kata siapa melajang itu menyedihkan?

Berbeda dengan kebanyakan orang yang memilih untuk segera berkeluarga atau masih hidup dengan orangtua meski sudah dewasa, kamu memilih untuk hidup sendiri.

Ada banyak faktor yang jadi penyebabnya. Mulai dari kamu ingin jadi pribadi yang mandiri, malas ribet dengan urusan yang melibatkannya banyak orang, hingga sesederhana bahwa kamu nyaman dengan kesendirianmu.

Well, hal ini tidak berlebihan kok. Malahan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh kamu yang memilih untuk hidup sendiri. Apa saja?

1. Bebas tidur berapa lama dan bangun jam berapa

5 Keuntungan Ini Hanya Bisa Dirasakan oleh Kamu yang Hidup Sendiripexels.com/John-Mark Smith

Bukan rahasia umum jika kamu masih hidup dengan orangtua, maka mereka akan menyuruhmu untuk bangun pagi seakan tidak peduli bahwa kamu baru saja begadang menyelesaikan pekerjaan. Hal ini tentu saja menyebalkan ya.

Namun gangguan tersebut tidak perlu lagi kamu rasakan saat hidup sendiri. Kamu bebas mau tidur berapa lama dan bangun jam berapa. Atau kamu sendiri tidak punya pola tidur yang tetap? Jangan khawatir. Sebab saat kamu hidup sendiri, tidak ada yang terganggu dengan pola tidurmu yang berantakan itu.

2. Bebas mau makan apa saja

5 Keuntungan Ini Hanya Bisa Dirasakan oleh Kamu yang Hidup Sendiripexels.com/Andrea Piacquadio

Hidup dengan orangtua juga kadang membuatmu tidak bebas untuk makan apa saja yang kamu mau. Orangtuamu pasti kepo dengan makanan yang kamu konsumsi. Mereka pasti akan selalu menyuruhmu untuk mengonsumsi makanan sehat saja.

Tapi jika kamu hidup sendiri, makan mi instan tengah malam pun ayo saja!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Perlu Menghargai Diri Sendiri, Sudah Melakukannya?

3. Kamu tidak perlu menjaga kebersihan setiap waktu

5 Keuntungan Ini Hanya Bisa Dirasakan oleh Kamu yang Hidup Sendiripexels.com/Daria Shevtsova

Ibu selalu menjadi orang yang cerewet saat kamarmu kotor. Padahal kadang bukannya kamu malas menjaga kebersihan. Namun kamu punya waktu sendiri kapan akan membersihkan kamarmu. Dan ketika kamu hidup sendiri, tidak ada tuh orang yang cerewet jika kamu melempar bajumu sembarangan.

4. Kamu punya otoritas sendiri

5 Keuntungan Ini Hanya Bisa Dirasakan oleh Kamu yang Hidup Sendiripixabay.com/Shad0wfall

Kebebasan dan otoritas penuh akan diri sendiri adalah hal utama yang akan kamu dapatkan kala hidup sendiri. Kamu tidak lagi terikat dengan aturan tidak tertulis yang dibuat oleh orangtuamu seperti saat kamu hidup bersama mereka.

Kamu punya kebebasan untuk pulang jam berapa, bermalas-malasan seharian penuh, hingga mengatur tempat tinggal sesukamu.

5. Privasimu tidak terganggu apa pun

5 Keuntungan Ini Hanya Bisa Dirasakan oleh Kamu yang Hidup Sendiripexels.com/Ivan Oboleninov

Saat kamu hidup sendiri, privasimu pun bisa terjaga dan tidak terganggu oleh apapun dan siapa pun. Selain itu kamu juga tidak perlu berkompromi. Kamu bebas melakukan dan menggunakan apa pun tanpa harus membaginya dengan siapa saja.

Tidak akan ada yang mengganggumu, termasuk saat kamu ingin binge watching serial drama favorit. Apalagi jika di akhir pekan dan kamu malas ke mana pun. Kamu hanya perlu layanan streaming menonton online yang saat ini banyak tersedia.

Jadi, siapa bilang bahwa hidup sendiri itu tidak menyenangkan? Buktinya adalah jawaban di atas.

Baca Juga: Tak Selalu Menyedihkan, Inilah 5 Manfaat Kesehatan dari Melajang

Bu Nanik Photo Verified Writer Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya